Apakah Kucing Mengerti Jika Kita Sedang Menangis ? Ternyata Ini Jawabannya !

Saat kamu sedang menangis pernah tidak kucing mendatangi kamu dan berada di dekat kamu seolah si kucing tahu bahwa kamu sedang bersedih dan tampak seperti sedang mencoba menghibur kamu. Pastinya para pecinta kucing pernah mengalami hal ini.

 

Apakah Kucing Mengerti Jika Kita Menangis

 

Di saat kita bersedih seringkali kucing kesayangan datang mendekati kita, mereka mendatangi kita dan melakukan berbagai hal yang unik dan menggemaskan. Kita merasa bahwa kucing melakukan hal ini dengan tujuan berusaha menghilangkan atau sekedar mengurangi rasa sedih kita.

Tapi apakah benar kucing tahu atau mengerti kita sedang bersedih, apakah kucing benar-benar berusaha menghibur kita di kala kita sedang menangis dan bagaimanakah kucing mengetahui bahwa pemiliknya sedang menangis ?

Bagi kamu yang memiliki pertanyaan serupa dengan yang ada di atas dan penasaran ingin tahu jawabannya maka kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya. Baca hingga akhir ya Good Owners.


Apakah Kucing Mengerti Jika Kita Menangis ?

Sewaktu kucing melihat kita menangis sebenarnya kucing tak mengerti apa yang sedang kita lakukan. Ini di dasarkan sebuah penelitian yang meyatakan bahwa kucing kesulitan dalam mengenali wajah manusia.

Karena itulah di saat kita mengkerutkan wajah, kucing tak akan mengerti apa yang kita lakukan, karena ia tak tahu seperti apa wajah kita di saat kita sedang mengkerutkannya. Meskipun begitu ini bukan berarti kucing tak tahu atau mengerti apakah kita sedang menangis atau bukan.

Kucing tahu kondisi kita, hanya saja kucing tak langsung mampu mengetahui apakah kita sedang bersedih dan menangis cuma dengan melihat sekilas wajah kita tetapi kucing juga membutuhkan informasi lainnya sebelum ia menetapkan bahwa pemiliknya sedang bersedih atau tidak.

Jadi dari tulisan Anggora di atas dapat di simpulkan bahwa ketika kita pemiliknya sedang sedih dan menangis maka kucing peliharaan kita dalam beberapa saat akan mengerti bahwa kita sedang menangis.

 

Lalu Apakah Ketika Kita Sedang Menangis Kucing Benar-Benar Akan Berusaha Menghibur Kita ?

Menurut penglihatan kita memang iya, kucing seperti sedang berusaha menghibur kita tapi sebenarnya berdasarkan pengamatan Anggora, kucing bukannya sedang berusaha menghibur pemiliknya yang sedang bersedih dan menangis namun kucing hanya ingin membuat pemiliknya merasa sehat.

Ketika seseorang sedang menangis, dalam sudut pandang kucing bahwa orang tersebut sedang tidak baik-baik saja. Ini karena manusia yang sedang menangis mengeluarkan suara yang terkesan aneh bagi kucing.

Suara aneh tersebut adalah suara tangisan lalu saat orang tersebut menangis maka terkadang nafasnya cenderung lebih cepat. Selain itu banyak faktor lainnya yang membuat orang yang sedang menangis dalam pandangan kucing adalah mereka tidak dalam keadaan baik atau sakit.

Karena itulah di saat kucing melihat pemiliknya sedang menangis maka kucing akan mendekatinya dan melakukan berbagai hal untuk membuat pemiliknya berhenti menangis. Kucing akan melakukan berbagai hal seperti :

  • Tidur di pangkuan kita

  • Terkadang kucing akan berdiri mencium kita

  • Kucing akan tidur bersama kita

  • Kucing akan terus menatap kita

  • Mengajak kita bermain

  • Menggosok-gosok tubuhnya ke kaki, badan atau tangan kita

  • Jikalau kita enggan mengajaknya bermain maka ia akan bermain sendirian di sekitar kita

  • Melakukan tindakan konyol di hadapan kita

  • Menjilati anggota tubuh kita, ini ia lakukan karena ia mengira kita yang menangis adalah karena kita sedang terluka dan kesakitan

  • Kucing akan memegang tubuh kita dengan tangannya seolah ia berkata jangan bersedih

  • Dan masih banyak hal lainnya yang mungkin kucing lakukan untuk membuat kita berhenti menangis


Oh iya kucing melakukan hal ini bukan cuma terhadap pemiliknya saja, ia pun akan berusaha mnghibur orang-orang yeng merupakan anggota keluarga kita, orang lain yang ia kenal dan baik terhadapnya.


Bagaimana Cara Kucing Menentukan Bahwa Pemiliknya Sedang Menangis Dan Bersedih ?

Seperti telah Anggora katakan di atas bahwa kucing tak bisa mengetahui apakah kita sedang menangis hanya dengan melihat wajah kita aja, kucing juga akan melihat hal lain untuk membantunya menentukan apakah kita sedang bersedih.

Beberapa hal yang kucing lihat untuk membantunya menentukan apakah kita sedang bersedih, yaitu :

1. Suara Tangisan

Hal Pertama yang membantu kucing untuk mengetahui apakah kita sedang sedih atau tidak adalah suara tangisan kita. Kucing merupakan hewan dengan pendengaran yang tajam karena itulah di saat kita menangis hal inilah yang pertama kali kucing gunakan untuk menentukan kondisi kita.

Kucing yang mendengarkan tangisan kita akan merasa bahwa kita sedang tidak baik-baik saja. Karena apa ? Karena ia tak biasa mendengarkan kita pemiliknya mengeluarkan suara yang aneh seperti suara tangisan.

Mendengar kita menangis maka kucing akan berpikir bahwa kita sedang tidak baik-baik saja

 

2. Suara Napas Kita

Suara napas juga merupakan salah satu faktor yang membantu kucing untuk menentukan apakah kita sedang menangis atau tidak. Bukan hanya merasa aneh ketika kita mengeluarkan tangisan, kucing pun akan merasa aneh di saat ada perubahan pada ritme napas kita.

Napas yang menjadi tak teratur dan terkadang cepat akan membuat kucing yang melihatnya akan berpikir bahwa orang yang menangis tersebut sedang dalam keadaan sakit  ataupun terluka. Inilah salah satu alasan kucing mendekati kita, menjilati kita dan terkadang seringkali seolah menghibur kita saat kita sedang menangis.

 

3. Perilaku Kita

Yang ketiga adalah perilaku kita. Sewaktu kita tak berprilaku aktif seperti biasanya dan lebih banyak diam di bandingkan bergerak maka hal ini pastinya akan membuat kucing merasa bahwa ada hal aneh yang terjadi pada pemiliknya.

Ia akan menganggap bahwa pemiliknya sedang tidak baik-baik saja dan akan menghampiri pemiliknya serta melakukan berbagai hal untuk membuat pemiliknya kembali bersikap atau berperilaku normal seperti biasanya.

Ini mirip seperti ketika di saat kucing tak berperilaku seperti biasanya maka kita pemiliknya akan merasa bahwa kucing sedang sakit dan akan mengobati kucing agar ia bisa sembuh dan kembali ceria seperti sebelumnya.

 

4. Ikatan Antara Pemilik Dan Kucingnya

Sebuah penelitian menemukan bahwa pemilik kucing dan kucingnya dapat mencerminkan perilaku dan kesejahteraan satu sama lain. Contohnya di saat pemilik merasa stress maka mereka akan merasa bahwa kucingnya juga mengalami stress.

Hal ini juga berlaku pada kucing, hanya saja di saat pemiliknya menangis maka kucing akan merasa bahwa pemiliknya sedang tak sehat. Percaya atau tidak, mungkin hal ini terjadi akibat hubungan ikatan dan emosi yang mempengaruhi satu sama lain.


Itulah pembahasan mengenai apakah kucing dapat mengerti jikalau kita sedang menangis, apakah kucing akan menghibur kita di saat kita sedang menangis dan bagaimana cara kucing tahu bahwa kita sedang bersedih menangis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url