Yang Manakah Kucing Suka, Udara Dingin Atau Panas ? Ini Jawabannya !

Sebagai pemilik kucing tentunya kita ingin selalu memberikan yang terbaik bagi kucing kesayangan serta memberikan apa yang ia senangi agar kucing bahagia, tidak stress dan menjadi sangat menyayangi kita pemiliknya.

 

Kucing Suka Udara Dingin Atau Panas

 

Salah satu hal yang terkadang menjadi perhatian kita adalah apakah kucing menyukai udara dingin atau panas. Dengan mengetahui suhu udara apa yang kucing sukai nantinya kita bisa memberikan tempat dengan suhu yang sesuai dengan keinginan si  kucing.

Di samping itu mengetahui hal ini serta menempatkan kucing di tempat yang sesuai juga dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan mental dan fisik kucing. Tentunya kita ingin agar si kucing kesayangan mendapatkan kedua manfaat ini bukan ?

Lalu kembali ke pembahasan utama, sebenarnya yang manakah di antara suhu dingin ataupun suhu panas yang kucing senangi ? Untuk menjawab pertanyaan ini,  Anggora pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai hal ini pada tulisan di bawah ini.

Bagu kamu yang ingin mengetahuu jawabannya silahkan baca hingga akhir.

 

Kucing Adalah Hewan Berdarah Panas

Sebelum masuk ke pembahasan utama tak ada salahnya kita membahas sedikit mengenai kucing yang merupakan hewan berdarah panas sebab hal ini akan berhubungan dengan jawaban suhu udara mana yang di sukai kucing.

Kucing adalah hewan berdarah panas. Hewan berdarah panas ataupun Homoiterm adalah hewan yang suhu tubuhnya cenderung stabil. Suhu tubuh mereka cenderung stabil adalah karena mereka memiliki reseptor dalam otak mereka yang mana bisa mengatur suhu tubuh mereka dalam kondisi tertentu.

Karakteristik Kucing Sebagai Hewan Berdarah Panas

Sebagai hewan berdarah panas, kucing juga memiliki karakteristik hewan-hewan berdarah panas tersebut. Baik itu kucing liar ataupun kucing rumahan, mereka memiliki karakteristik ini. Berikut ini beberapa karakteristik yang di miliki kucing sebagai hewan yang berdarah panas :

1. Bisa Menjaga Suhu Tubuhnya

Bisa dengan mudah menjaga suhu tubuhnya merupakan salah satu karakteristik yang di miliki kucing sebagai hewan berdarah panas. Contohnya di saat suhu udara panas mereka akan mampu menjaga tubuh mereka tetap dingin.

Bila suhu udara dingin maka mereka bisa mengatur suhu tubuh mereka tetap hangat. Lalu bagaimana jika suhu udara normal ? Ya jikalau suhu udara normal maka suhu tubuh mereka pun akan seperti biasanya atau dalam keadaan normal.


2. Tak Akan Bisa Hidup Lama Tanpa Makanan

Karakteristik yang kedua adalah kucing tak akan bisa bertahan hidup lebih lama jikalau mereka tak mendapatkan makanan sama sekali. Ini karena makanan adalah sumber energi sekaligus hal yang di butuhkan kucing agar mereka dapat mengatur suhu tubuhnya.

Hal ini sungguh jauh berbeda dengan hewan bersuhu tubuh dingin. Hewan berdarah dingin akan mampu hidup lebih lama di bandingkan hewan berdarah panas di saat hewan ini sama sekali tak mendapatkan makanan.

 

3. Berkeringat Pada Saat Kepanasan Dan Menggigil Saat Kedinginan

Meskipun bisa menjaga suhu tubuhnya tetap saja kucing akan berkeringat saat merasakan kepanasan dan menggigil saat kedinginan. Meskipun begitu di saat ia kepanasan ia akan mampu mendinginkan tubuhnya dan juga keringat akan membantu ia mendinginkan tubuhnya.

Sementara saat ia kedinginan, tubuhnya perlahan akan menaikkan suhu tubuh agar tubuhnya tetap hangat. Meskipun kucing bisa mendinginkan atau memanaskan tubuhnya sesuai kondisi suhu udara di sekitarnya namun kucing tak sepenuhnya aman terhadap suhu udara di sekitarnya.

Bila suhu udara tergolong ekstrim dan membuat suhu tubuh kucing berubah dengan drastis maka ini tetap akan membahayakan nyawa kucing. Salah satu contoh perubahan suhu yang bisa membuat kucing meregang nyawa apabila tak segera di atasi adalah kasus Hipotermia.

Hipotermia adalah kondisi di mana tubuh manusia ataupun kucing mengalami penurunan suhu tubuh secara drastis yang mana membuat si penderitanya mengalami kedinginan yang terbilang cukup ekstrim.

Umumnya hal ini di karenakan berada di tempat dingin dalam jangka waktu yang cukup lama atau berada dalam kondisi tubuh yang basah di tempat yang cukup dingin.

 

4. Memiliki Sistem Panas Tubuh

Yang terakhir adalah hewan ini memiliki sistem panas dalam tubuhnya. Yang satu ini sama sekali tak di miliki oleh hewan berdarah dingin. Dengan adanya sistem panas ini maka hewan berdarah panas bisa berkeringat, terengah-engah ketika bernapas dan dapat bermigrasi.


Berapakah Suhu Yang Normal Bagi Kucing ?

Suhu yang baik bagi kucing sendiri adalah sekitar antara 30 hingga 38 derajat celcius. Suhu ini ideal bagi kucing dan tak akan membuat kucing mengalami gangguan kesehatan seperti flu, demam dan sejenisnya.

 

Lalu Yang Manakah Kucing Suka, Udara Dingin Atau Panas ?

Setelah membaca penjelasan di atas kita kini menjadi tahu bahwa kucing adalah hewan berdarah panas dan kucing memiliki karakteristik tertentu yang di miliki oleh hewan berdarah panas yakni kucing mampu menjaga suhu tubuhnya.

Kucing mampu menjaga tubuhnya tetap dingin di kala suhu udara sangat panas dan sebaliknya kucing pun mampu menjaga tubuhnya tetap hangat di kala suhu udara dingin. Dari sini kita bisa tahu bahwa kucing akan cenderung bersikap biasa bila berada di tempat bersuhu udara dingin atau panas

Ia akan bersikap biasa karena ia memiliki kemampuan menyeuaikan suhu tubuhnya dengan suhu udara di lingkungan sekitarnya. Walaupun kucing akan bersikap biasa terhadap dua suhu ini tetapi berdasarkan pengamatan Anggora sendiri kucing tampaknya sedikit lebih menyukai udara dingin.

Karena di saat suhu udara sangat panas, kucing tampak sangat gelisah, mulut tebuka dan napas terengah engah serta selalu berusaha mencari tempat yang dingin dan lebih banyak minum di bandingkan biasanya.

Sementara di saat suhu udara dingin, kucing tak begitu tampak gelisah, tak terengah-engah dan lebih banyak tidur di tempat yang menurutnya hangat. Jadi menurut Anggora sendiri kucing sedikit menyukai tempat yang bersuhu udara dingin di bandingkan tempat yang bersuhu udara yang panas.

Oh iya hal ini hanya berlaku di suhu udara yang dingin atau panasnya dalam batas yang wajar bukan keadaan yang terlalu ekstrim. Karena bila suhu udara terlalu ekstrim maka kucing tak akan menyukai kedua suhu yang berbeda ini, jangankan kucing bahkan kita sebagai manusia pun tak akan menyukainya.

 

Bolehkah Kucing Berada Di Ruangan Ber-AC ?

Boleh saja selama suhu ruangan yang memiliki AC tersebut tidak di atur terlalu dingin. Aturlah suhu udara di 20–24 derajat celcius, dan kelembaban di 40%. Oh iya  suhu udara dapat kamu sesuaikan dengan kucing kamu ya.

Bila kamu melihat kucing tampak kedinginan dan gemetaran maka sebaiknya kamu mengatur suhu AC tersebut agar tak terlalu dingin bagi kucing. Usahakan untuk segera mengatur ulang suhu output AC tersebut ketika kamu merasa kucing kedinginan untuk menghindari kucing jatuh sakit dan hal yang tak di inginkan lainnya.

 

Itulah pembahasan mengenai kucing suka udara dingin atau panas,  dan hal yang berkaitan dengannya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang  cukup memuaskan.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url