7 Penyebab Kenapa Kucing Suka Mendengkur Saat Dekat Kita

Kucing mendengkur merupakan hal yang umum terjadi pada kucing. Semua kucing tentunya tak lepas dari hal yang satu ini. Baik itu kucing ras ataupun kucing kampung, mereka semua akan mendengkur di saat mereka ingin mendengkur.


Kenapa Kucing Suka Mendengkur Saat Dekat Kita

 

Sebagai pemilik tentunya kita seringkali melihat dan mendengar kucing kita mendengkur namun pernahkah kita berpikir apa sih yang menyebabkan kucing kita mendengkur terutama di saat kucing kita berada di dekat kita.

Bagi kamu yang penasaran tentang apa yang menyebabkan kucing suka mendengkur terutama di saat dekat dengan kita maka Good Owner wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya. 


7 Penyebab Kenapa Kucing Suka Mendengkur Saat Dekat Kita

Ada berbagai hal yang menjadi penyebab mengapa kucing suka mendengkur terutama pada saat mereka ada di dekat kita. Berdasarkan pengetahuan Anggora penyebab ini umumnya adalah hal yang normal dan tak ada kaitannya sama sekali dengan gangguan kesehatan pada kucing. 

Lalu apa saja sebab kucing suka mendengkur di saat dekat dengan kita? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Kucing Ingin Di Manja

Penyebab yang pertama adalah kucing ingin di manja. Sewaktu kucing mendekati kamu lalu ia mendengkur, besar kemungkinan si kucing ingin di manja. Ia ingin sekali di manjakan oleh pemiliknya dengan cara mengelus-elus tubuhnya.

Semua kucing akan melakukan hal ini di kala mereka ingin di manjakan oleh pemiliknya. Namun kebanyakan kucing yang sering melakukan hal ini adalah kucing berjenis kelamin betina, apalagi jikalau kucing betina tersebut dalam keadaan birahi maka si kucing akan lebih sering mendengkur dan bertingkah sangat manja.

Sementara untuk kucing jenis kelamin jantan sendiri mereka juga terkadang mendengkur dan meminta untuk di manjakan, hanya saja kucing jantan terkesan lebih jarang melakukan hal ini serta mereka terlihat lebih cuek bila di bandingkan dengan kucing betina.


2. Kucing Merasa Nyaman

Mungkin kucing merasa nyaman di saat bersama dengan kamu atau berada di sekitar kamu karena itulah ia hanya suka mendengkur saat di dekat kamu. Cobalah perhatikan di saat kucing berada di dekat orang lain, lihatlah apakah ia melakukan hal serupa. 

Jikalau kucing tidak mendengkur pada saat bersama dengan orang lain maka ini bisa di pastikan bahwa si kucing tidak nyaman bersama mereka dan hanya merasa nyaman sewaktu bersama dengan kamu yang merupakan pemiliknya .

Dari sini bisa kita pastikan bahwa kucing suka mendengkur di dekat kamu karena ia merasa nyaman bersama kamu. 


3. Merayu Kamu Agar Ia Di Beri Makanan

Kalau yang satu ini pastinya kita semua para pecinta kucing tahu akan hal ini. Kucing yang merasa lapar biasanya sering melakukan ini. Mereka akan datang pada kita kemudian merayu kita dengan cara menggosok-gosokkan tubuhnya sembari mengeong. 

Kucing akan terus mendengkur dan menggosok-gosokkan tubuhnya sampai kita memberikan si sobat bulu ini makanan. Bila kita mengabaikan si kucing maka si kucing akan terus merayu dan mengganggu kita atau si kucing akan pergi lalu memilih untuk tidur. 

Jadi, bila si kucing mendengkur di dekat kamu sembari mengeong dan menggosok-gosokkan tubuhnya maka ini di sebabkan kucing merasa lapar dan ingin di berikan makanan.


4. Kucing Ingin Terus Di Elus-elus

Apakah kucing suka mendengkur di dekat kamu di saat kamu tengah mengelus-elus kucing kamu ? Jika iya maka ini karena kucing senang kamu elus dan kucing mengeluarkan suara dengkuran sebagai kode ataupun pertanda bahwa si kucing ingin agar kamu terus mengelus-elusnya.

Selain mendengkur, pertanda lain bahwa kucing ingin terus di elus adalah kucing akan memegang tangan kamu di saat kamu berhenti mengelus-elus kucing atau kucing akan menatap kamu seolah ia memohon agar kamu terus melanjutkan mengelus-elus bagian tubuhnya yang kamu elus tadi.


5. Kucing Menyukai Elusan Kamu

Mungkin hal ini dikarenakan kamu mengelus-elus kepala atau tubuh kucing, akibatnya kucing seolah mendengkur hanya ketika bersama dengan kamu padahal sebenarnya ia mendengkur karena kamu mengelus-elus tubuh atau kepalanya.

Alasannya mungkin karena ketika kita mengelus tubuh atau kepala kucing, kita tanpa sengaja mengelus bagian yang di rasa kucing sangat gatal namun ia sendiri tak mampu menjangkaunya dengan menggunakan cakarnya ataupun mulutnya.

Biasanya kucing hanya mendengkur di saat kucing menyukai elusan dari seseorang. Ia tak akan mendengkur jika ia tak menyukainya meskipun kita telah bersusah payah mengelus kucing sebaik mungkin.


6. Kucing Merasa Aman

Selain karena merasa nyaman, kucing yang merasa aman pun akan suka mendengkur di saat ia berada di dekat seseorang. Ini biasa di lakukan kucing di kala ia merasa bahwa ia benar-benar aman ketika berada di dekat kamu.

Kucing tak akan mendengkur jikalau is tak merasa aman berada di dekat seseorang. Malahan si kucing bukannya mendengkur ia malah akan lari ketakutan jika ia berada di dekat seseorang yang menakutkan ataupun ia anggap sebagai ancaman bagi dirinya. 


7. Kucing Ingin Berada Di Dekat Kamu Untuk Yang Terakhir Kalinya

Penyebab terakhir adalah kucing mendengkur karena ia ingin berada di dekat kamu untuk terakhir kalinya. Biasanya ini sering di lakukan oleh kucing yang sedang mengidap penyakit yang cukup parah ataupun sedang sekarat dan bisa juga di lakukan oleh kucing yang akan mati mendadak.

Awalnya kita tak akan menyadari bahwa kucing yang mendengkur ataupun bermanja dengan kita adalah pertanda bahwa kucing akan pergi meninggalkan kita. Pada dasarnya kita mengira bahwa kucing yang sakit lalu mendengkur dan bermanja adalah pertanda ia akan sembuh.

Padahal sebenarnya ini adalah hal yang terakhir yang ingin ia lakukan sebelum ia pergi. Ia melakukan ini sebagai cara untuk membuat kita sebagai pemilik tidak khawatir terhadap kondisinya saat ini dan sekaligus sebagai cara ia berpamitan.

Kita biasanya baru menyadari hal ini di saat ia tiada. Karena itulah jikalau kamu tak ingin nantinya menyesal sewaktu hal ini terjadi pada kamu maka saat kucing masih hidup bersikap baiklah, rawat kucing sebaik mungkin dan sayangi ia dengan tulus.


Itulah arti 7 penyebab mengapa kucing suka mendengkur hanya saat bersama dengan kita. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu menjawab pertanyaan kamu seputar penyebab kenapa kucing suka mendengkur saat dengan kita.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url