8 Cara Mudah Mengatasi Kucing Tidak Ada Suara

Beberapa dari kita mungkin ada yang senang ataupun suka mendengarkan suara meongan kucing. Karena itulah pada saat kucing kita tak pernah mengeluarkan suara meongannya sama sekali maka kita akan merasa bahwa ada yang salah dengan sobat bulu kita.

 

Cara Mengatasi Kucing Tidak Ada Suara

 

Kalau si kucing tak mengeluarkan suara meongannya hanya dalam rentang waktu beberapa saat atau beberapa jam saja maka ini bukanlah hal aneh, malahan hal ini justru adalah hal yang normal bagi kucing.

Apalagi jikalau si kucing yang tak mengeong tersebut terlihat sehat, aktif dan bahagia maka bisa kita simpukan bahwa si kucing baik-baik saja dan ini mungkin karena memang sifat si kucingnya saja yang pendiam dan tak suka mengeong.

Namun jika si kucing tak pernah mengeluarkan suaranya sama sekali dalam rentang waktu yang cukup lama seperti kucing tak mengeong seharian atau dalam beberapa hari serta kucing tampak lemas maka kucing kemungkinan memiliki masalah tertentu.

Saat ini terjadi pada kucing kesayangan kita pastinya hal ini akan membuat kita sebagai pemilik menjadi khawatir dan berusaha sesegera mungkin untuk mengatasi hal ini agar kucing kembali bisa mengeluarkan suara meongannya.

Bagi Good Owners yang ingin mengatasi kucingnya yang tak ada suara saat mengeong maka kamu dapat mencoba beberapa cara yang Anggora tuliskan di bawah ini.


8 Cara Mengatasi Kucing Tidak Bisa Bersuara

Suara meongan kucing merupakan suatu ciri chas tersendiri yang di miliki oleh kucing. Karena itulah di saat kucing tak mengeong sama sekali maka bagi kita kan terasa aneh dan seolah ada yang hilang pada kucing.

Selain itu ketika kucing suaranya hilang dalam jangka waktu yang lama, pastinya sang pemilik akan merasa bahwa kucingnya sedang mengalami masalah tertentu dan akan berusaha sebaik mungkin untuk mengatasi masalah kucing yang tak bisa mengeluarkan suaranya.

Bagi kamu yang kucingnya mengalami hal ini dan ingin mengatasinya maka kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini :

1. Berikanlah Kucing Makanan Yang Sesuai Dengan Umurnya

Kamu pastinya tak menyangka bahwa makanan juga berpengaruh terhadap suara kucing. Contoh kamu memberi anak kucing makanan kucing dewasa yang mana memiliki tekstur yang lebih keras dan lebih besar dari ukuran mulut kucing.

Akibat pemberian makanan yang tak sesuai ini, kucing menjadi memiliki masalah dengan tenggorokannya yang membuat suara kucing menjadi serak sehingga suara kucing menjadi lebih pelan dan tak terdengar jelas.

Karena itulah untuk mengatasi kucing yang tak ada suaranya ini maka cara pertama yang dapat kamu lakuakan adalah dengan mengganti makanan kucing kamu dengan makanan yang tepat yaitu makanan yang sesuai dengan umurnya.

Dengan melakukan hal  ini, kamu bisa menghindari kerusakan dan infeksi pada pita suara kucing sehingga kucing kamu tak akan kehilangan suaranya. Sementara bagi kucing yang sudah bermasalah dengan pita suaranya maka cara ini dapat menghindari kerusakan yang lebih parah dan membantu mempercepat penyembuhan.


2. Biarkan Kucing Istirahat

Cara yang kedua untuk mengatasi kucing yang tidak ada suara adalah dengan cara membiarkan kucing beristirahat. Cara yang kedua ini bisa di bilang sangat efektif untuk mengatasi masalah ringan pada tenggorokan kucing yang menjadi penyebab kucing tak bisa bersuara.

Membiarkan kucing beristirahat sebanyak yang ia mau akan membuat kucing yang tadinya tak bisa bersuara menjadi bisa mengeluarkan suara meongannya kembali.


3. Tidak Sembarang Mengobati Kucing

Jika kamu tak tahu apa penyebab utama yang membuat kucing menjadi seperti saat ini maka usahakan jangan mengobati kucing dengan cara asal memberikan obat karena ini bisa membuat kucing kamu kondisi kesehatannya malah menjadi semakin memburuk.

Jangan asal memberikan sembarangan obat pada kucing hanya karena kamu di sarankan orang lain untuk menggunakan obat tersebut. Sebab masalah kesehatan yang di alami kucing kamu mungkin saja berbeda dengan apa yang kucing mereka alami meskipun  keduanya memiliki gejala yang sama.

Bila ternyata penyakitnya berbeda maka pemberian obat akan tak memiliki kegunaan sama sekali, yang ada malah bisa membahayakan kesehatan kucing.

 

4. Periksalah Bagian Dalam Mulut Kucing

Cobalah memeriksa terlebih dahulu bagian dalam mulut kucing. mungkin di dalamnya ada suatu yang menjadi penyebab kucing menjadi malas mengeong dan kehilangan nafsu makannya. Penyebab yang biasanya membuat kucing menjadi seperti ini adalah penyakit mulut.

Penyakit mulut tersebut antara lain sariawan, radang gusi, radang mulut dan sejenisnya. Selain penyakit mulut, duri atau tulang yang menyangkut di dalam mulut ataupun di gusi kucing juga bisa membuat kucing jarang bersuara dan terlihat mengeong namun tak ada suara yang keluar.

Kucing yang mengalami penyakit mulut dan bermasalah dengan duri atau tulang biasanya menunjukkan pertanda seperti :

  • Mulut kucing sering berliur

  • Kucing terkadang batuk 

  • Kucing sering memegang atau menggaruk mulutnya

  • Kucing malas atau tidak mau mengeong seharian

  • Kucing terlihat seperti mengeong namun tak ada suara yang keluar sama sekali 

 

Jika kamu menemukan beberapa ciri di atas pada kucing peliharaan kamu maka kucing besar kemungkinan mengalami masalah di dalam mulutnya.


5. Cari Tahu Penyebab Utama Mengapa Kucing Tak Bisa Mengeong

Setelah memeriksa mulut kucing namun kamu tak menemukan sama sekali masalah di dalamnya maka langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah mencari penyebab lainnya yang mungkin menjadi penyebab utama yang membuat kucing kehilangan suaranya.

Cari tahu apakah kucing menderita kerusakan pita suara, radang tenggorokan dan masalah sejenisnya. Untuk mengetahui apakah kucing punya masalah dengan tenggorokannya maka kamu dapat melihat beberapa pertanda umum yang biasa kucing dengan masalah tenggorokan tunjukkan.

Beberapa pertanda tersebut antara lain :

  • Kucing berubah menjadi pendiam

  • Kucing tampak tak bersemangat dan lemas

  • Hilangnya nafsu makan kucing

  • Kucing hanya mau makan di saat di berikan padanya makanan lembut dan mudah di cerna seperti wet food

  • Kucing menjadi sering tidur dan menjadi malas bergerak

  • Kucing tak ada suara saat mengeong, jarang mengeong atau tak pernah lagi mengeong


6. Bawa Kucing Berobat Ke Dokter Hewan

Kalau kamu sudah tahu apa penyebab mengapa kucing kamu tidak ada suaranya dan ternyata penyebabnya adalah hal yang tak bisa kamu tangani sendiri maka solusi terbaik yang dapat kamu lakukan adalah membawa kucing berobat dokter hewan.

Penyakit seperti radang tenggorokan, kucing yang menelan benda asing dan duri atau tulang yang kemudian tersangkut di dalam tenggorokan, masalah pita suara kucing dan masalah lainnya yang tak bisa kita tangani sendiri di rumah.

Dan penyakit tersebut tak boleh kita biarkan begitu saja tanpa adanya tindakan medis karena bila di biarkan hal ini nantinya malah bisa berakibat fatal bagi kucing, seperti kucing menjadi hilang suara secara permanen dan kucing menjadi bisu atau bahkan dapat membuat kucing kehilangan nyawanya.

Ketika kita merasa bahwa kita tak mampu mengatasi hal ini sendirian maka di sarankan untuk meminta pertolongan dokter hewan.

 

7. Lakukan Operasi Bila Di Perlukan

Bila mana penyebab kucing tidak ada suara adalah karena kucing memiliki masalah berat seperti kelumpuhan area laring maka untuk mengatasi hal ini hanya bisa di lakukan dengan tindakan operasi dan tentunya ini hanya bisa di lakukan oleh dokter hewan.

Meskipun operasi sering kali membuat kita khawatir sebab operasi bisa saja mengalami kegagalan namun mau tak mau kita mesti membiarkan dokter melakukannya sebagai upaya terakhir agar kucing dapat sembuh.


8. Rutin Membersihkan Kandang Kucing

Cara yang terakhir bisa di bilang hanyalah sebagai tindakan pencegahan setelah kucing sembuh. Setelah kucing sudah bisa kembali mengeluarkan suara meongannya lagi maka kita mesti rutin membersihkan kandang ataupun ruangan tempat di mana kucing peliharaan sering berada.

Dengan rutin membersihkan kandang kucing maka hal ini akan mencegah kucing kehilangan suaranya lagi karena jatuh sakit akibat terinfeksi bakteri ataupun virus.

 

Itulah dia beberapa cara mudah mengatasi kucing tak ada suara atau kucing tak dapat mengeluarkan suara sama sekali. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu menjawab pertanyaan kamu atas hal ini. Serta menambah wawasan dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url