close

5 Penyebab Kenapa Kucing Kamu Terengah-Engah Seperti Anjing

Kamu pastinya pernah melihat kucing peliharaan kamu atau kucing lainnya dalam keadaan berbaring atau tiba-tiba datang ke arahmu dalam keadaan terengah-engah. Kucing yag sedang terengah-engah ini kondisinya sangat mirip dengan anjing.

 

Kenapa Kucing Terengah-Engah Seperti Anjing
Foto Yang Kucing Terengah-Engah Seperti Anjing

 

Kucing bernafas dengan terengah-engah dengan mulut dalam keadaan terbuka dan lidah menjulur keluar. Kebanyakan dari kita yang melihat kucing seperti ini pastinya keheranan serta bertanya-tanya ada apa sebenarnya yang terjadi pada kucing kita.

Sementara sebagian lainnya akan panik melihat kondisi kucingnya. Jika hal ini terjadi pada kucing kamu maka jangan panik dulu karena hal ini bisa saja di sebabkan oleh hal lain selain penyakit. Lalu apa saja sih yang menjadi penyebab kucing menjadi seperti ini ?

Untuk mengetahui apa saja penyebab utama mengapa kucing terengah-engah seperti anjing maka kamu dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini hingga akhir.

 

5 Penyebab Kenapa Kucing Terengah-Engah Seperti Anjing

Pemilik kucing pastinya pernah menemukan kucing dengan kondisi seperti ini, bahkan Anggora sendiri pun pernah mengalami hal serupa. Pada awalnya saya mengira hal ini adalah di sebabkan kucing mengalami gangguan kesehatan tertentu.

Tetapi setelah beberapa menit kemudian kucing kembali normal. Napasnya yang tadinya terengah-engah kini tak lagi demikian. Kucing pun tak lagi menjulurkan lidahnya keluar layaknya yang biasa di lakukan oleh anjing.

Lalu apa sih yang menjadi penyebab utama mengapa hal ini terjadi ? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Kucing Kelelahan

Penyebab pertama kenapa kucing kamu terengah-engah layaknya anjing adalah karena kucing sedang merasa kelelahan. Kucing kelelahan mungkin di sebabkan ia terlalu lama bermain dengan berlarian ke sana kemari.

Kelelahan kucing juga dapat di picu oleh rasa takutnya terhadap suatu hal yang mana menyebabkan ia berlari sekuat tenaga menjauhi hal yang ia takuti tersebut. Kucing juga bisa berlari terlalu berlebihan akibat ia di kejar oleh orang lain, hewan lain atau predatornya.

Nah hal Inilah yang membuat kucing menjadi sangat amat kelelahan. Ketika kucing sangat kelelahan maka kucing akan istirahat dalam posisi berbaring tegak sembari membuka mulutnya kemudian menjulurkan lidahnya.

Kucing melakukan ini untuk beristirahat sekaligus mempercepat ia menarik napas untuk memulihkan tubuhnya yang kelelahan.Biasanya setelah beberapa saat kucing beristirahat biasanya kucing akan kembali normal seperti biasanya.

Jadi, sewaktu kucing terengah-engah seperti anjing, pastikan dulu apakah dia sedang kelelahan atau bukan. Caranya adalah dengan membiarkan dia beristirahat terlebih dahulu. Setelah ia beristirahat dan kucing kembali normal maka dari sini kita tahu bahwa kucing terengah-engah adalah akibat kucing kelelahan.

Kucing yang kelelahan juga bisa tidur setelah grooming. Baca juga penyebab lain kucing tidur setelah grooming dengan mengklik di sini.


2. Tubuh Kucing Kepanasan

Suhu udara yang sangat panas sering kali membuat kita manusia menjadi lebih mudah berkeringat. Hal serupa juga berlaku pada kucing. Meskipun kucing adalah hewan yang mampu mengatur suhu tubuhnya tetapi tetap saja di saat cuaca sangat panas ia juga akan merasa kepanasan.

Ini wajar mengingat tubuh kucing memiliki bulu yang tebal terutama untuk kucing ras seperti persia persia, Anggors dan lainnya. Tubuh mereka akan sangat mudah kepanasan bila suhu udara terlalu tinggi sementara sebaliknya tubuh mereka akan tetap hangat bila mana suhu udara agak rendah.

 

3. Kucing Sangat Kehausan

Penyebab selanjutnya adalah kucing sangat amat kehausan. Sama seperti manusia, kucing pun dapat merasa sangat kehausan. Sewaktu kucing sangat kehausan kucing akan menjulurkan lidahnya dan terengah-engah mirip seperti apa yang anjing lakukan. 

Kucing menjadi sangat kehausan biasanya di picu oleh cuaca yang sangat panas sehingga mempengaruhi suhu tubuh kucing, kucing berlari terlalu berlebihan dan kucing haus tetapi sama sekali tak menemukan air untuk diminum sehingga kucing menjadi sangat amat kehausan.

Bila kucing minum air putih maka beberapa saat kemudian kucing akan normal kembali.

Kucing kamu tidak mau minum air ? Baca penyebabnya di sini.


4. Penyakit

Penyebab yang kelima adalah penyakit. Penyakit seperti gangguan saluran pernapasan, paru-paru dan jantung dapat menyebabkan kucing menjadi terengah-engah seperti anjing. Dalam kondisi awal atau pada saat penyakit masih tergolong ringan biasanya pemilik sulit mengetahuinya.

Bila kamu merasa yakin bahwa kucing kamu terengah-engah seperti anjing karena di sebabkan oleh penyakit maka tiada salahnya memeriksakan kucing ke dokter hewan. Ini di lakukan sebagai langkah pencegahan juga agar pengobatan bisa di lakukan lebih awal bila benar ini adalah akibat penyakit.

 

5. Kucing Merasa Cemas Atau Ketakutan

Sewaktu kucing merasa cemas atau ketakutan secara alami denyut jantung akan berdebar kencang. Dalam kondisi ini kucing tak jarang akan membuka sedikit mulutnya dan mengeluarkan lidahnya seperti apa yang di lakukan oleh anjing.

Untuk mengtasi hal ini kamu dapat memeluk tubuh kucing kamu kemudian mengusap-usap tubuhnya untuk menenangkannya serta membuat ia merasa aman. Setelah beberapa saat kucing merasa aman dan detak jantung menjadi normal.

Pada saat ini biasanya kucing akan kembali bernafas normal dan tak menjulurkan lidahnya lagu ke luar.

Kenapa sih kucing takut sama timun ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.


Lantas Bila Ini Terjadi Pada Kucing Apa Yang Mesti Kita Lakukan?

Cobalah untuk memperkirakan apa penyebab utama kucing terengah-engah, setelah yakin dengan pasti bahwa itu adalah penyebabnya maka berikanlah hal yang sesuai untuk mengatasi sumber penyebab nya. Contohnya bila kucing kehausan maka berikanlah ia air untuk diminum. 

Bila kucing kepanasan maka dinginkanlah tubuhnya dengan menggunakan kipas tangan, kipas angin, AC atau sejenisnya. Ketika kucing ketakutan maka berilah dia keamanan serta kenyamanan dan saat kucing kelelahan, biarkan ia beristirahat. 

Jika kamu merasa bahwa kucing sakit maka cara mengatasinya hanyalah dengan membawa kucing berobat ke dokter hewan. 


Mungkin itu saja pembahasan mengenai beberapa penyebab kenapa kucing terengah-engah  serta menjulurkan lidahnya layaknya anjing. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu paham akan hal ini dan membuat kamu mampu mengatasinya sendiri. 

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url