10 Cara Mengobati Kucing Yang Kurus

Memiliki kucing yang gemuk serta sehat merupakan keinginan seluruh pecinta kucing. Berbagai hal pastinya akan kita lakukan agar kucing kesayangan kita memiliki tubuh gemuk, berbadan sehat juga memiliki bulu yang lebat.

 

Cara Mengobati Kucing Yang Kurus

 

Meskipun kita telah melakukan yang terbaik untuk membuat si kucing tetap gemuk tetapi tetap saja si kucing bertubuh kurus. Tentunya hal ini membuat kita, si pemilik kucing menjadi sedih, heran sekaligus bingung akan kondisi kucing.

Bagaimana tidak bingung, apapun usaha kita tapi si kucing masih saja tetap bertubuh kurus. Bagi kamu yang mengalami hal ini kamu tak perlu khawatir lagi karena kamu kini dapat mengobati kucing kamu yang kurus dan menjadikan tubuhnya lebih gemuk.

Lalu bagaimanakah cara mengobati kucing yang bertubuh kurus ? Untuk mengetahui jawabannya Good Readers dapat menyimak penjelasan Anggora di bawah ini. Simak sampai akhir ya Good Readers.


10 Cara Mengobati Kucing Yang Kurus

Agar kucing menjadi gemuk tentu saja perlu bagi kita mencari cara agar kucing kurus bisa kembali bertubuh gemuk. Bagi kamu yang ingin mengobati kucing kamu yang kurus dan membuat ia kembali sehat serta bertubuh gemuk maka kamu dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini :

1. Mengobati Kucing

Cara yang pertama yakni mengobati kucing. kucing yang bertubuh kurus kebanyakan di sebabkan oleh kucing yang memiliki penyakit atau masalah kesehatan tertentu. Salah satu contoh penyakit yang seringkali membuat kucing kurus adalah cacingan. 

Meskipun kucing rakus makan tapi jika kucing memiliki penyakit ini maka kucing akan tetap bertubuh kurus. Selain karena cacingan, beberapa penyakit lain juga dapat membuat kucing kehilangan nafsu makannya sehingga kucing tak akan mau makan sama sekali.

Kucing hanya akan memilih minum saja dan mengabaikan makanan yang di tawarkan padanya. Karena itulah untuk mengobati kucing yang kurus dan membuatnya menjadi sehat serta gemuk perlu bagi kita untuk terlebih dahulu memastikan apakah kucing sakit atau tidak. 

Jika ternyata kucing sakit maka wajib bagi kita terlebih dahulu mengobati kucing. Sebab jika kucing yang berpenyakit tak di obati maka akan sia-sia seluruh usaha yang kita lakukan untuk membuat kucing menjadi gemuk.

 

2. Memberi Kucing Makan 3 Kali Sehari

Jika kucing tak punya penyakit maka cara selanjutnya untuk mengobari kucing kamu yang kurus adalah dengan memberikan kucing makan 3 kali sehari. Pemberian makan ini serupa dengan waktu makan manusia yang mana sama-sama 3 kali sehari.

Berikan kucing makan pada pagi, siang dan malam hari. Berikan kucing makanan dengan tepat waktu, Misalkan hari ini kamu memberi kucing makan pada jam delapan pagi maka keesokan harinya kamu mesti memberikan kucing makan pada jam yang sama, yakni pada jam delapan pagi juga.

Dengan memberikan kucing makan 3 kali sehari dan memberikan makan tepat waktu maka tak hanya mampu membuat kucing gemuk sekaligus sebagai upaya untuk menjaga organ pencernaan sobat bulu kesayangan tetap sehat.


3. Memberikan Kucing Makan Dengan Porsi 2 Kali Lipat

Setelah melakukan langkah kedua di atas namun tetap saja kucing tak bisa gemuk maka cara selanjutnya adalah memberikan kucing jatah atau porsi makan yang lebih banyak. kamu dapat memberikan kucing porsi makanan 2 kali lipat dari porsi makannya yang sebelumnya.

Porsi makan 2 kali lipat ini di berikan setiap kali kucing makan yaitu sebanyak 3 kali dalam sehari. Lakukan hal ini beberapa minggu, Biasanya setelah jangka waktu sebulan lebih kita akan dapat melihat hasilnya.

Kucing sedikit demi sedikit akan bertambah gemuk. Bukan cuma itu saja, tubuh kucing pun lama kelamaan akan semakin membesar. Setelah kucing menjadi cukup gemuk maka sebaiknya kembalikan porsi makan kucing seperti semula.

Ini agar kucing tidak menjadi terlalu gemuk ( obesitas ) juga demi menjaga agar kucing berada dalam berat badan idealnya dan juga demi menjaga kucing agar tetap sehat.

 

4. Berikan Kucing Cemilan

Cara yang ke empat yakni memberikan kucing cemilan. Berikan kucing cemilan di antara waktu makan utama kucing. Pastikan cemilan yang kamu berikan adalah makanan yang menyehatkan dan aman di konsumsi oleh kucing.

Cemilan untuk kucing banyak sekali di jual di petshop ataupun toko online. Biasanya di jual mulai dari harga sepuluh ribuan ke atas. Selain snack khusus kucing, kamu bisa memberikan makanan kucing kering ataupun basah pada kucing sebagai cemilan.

Berikan cemilan pada si kucing sampai ia berhenti meminta cemilan. Cara ini merupakan salah satu cara yang terbilang cukup efektif untuk membuat kucing kurus menjadi lebih gemuk.


5. Berikan Kucing Makan Sedikit Demi Sedikit

Beberapa kucing ada yang makannya sedikit saja meskipun kita telah memberikan kucing porsi makan yang lebih banyak. Untuk membuat kucing yang satu ini gemuk maka caranya adalah dengan memberikan kucing makan sedikit demi sedikit setiap kali kucing lapar.

Cara ini cukup ampuh untuk menggemukan kucing yang suka makan sedikit-sedikit. Selain untuk kucing yang memiliki sifat suka makan sedikit, cara ini pun dapat kamu terapkan pada kucing yang memiliki nafsu makan yang normal.

Dengan catatan setiap kali si kucing makan maka ia mesti di beri makanan sedikit demi sedikit sampai ia tak lagi meminta makan.


6. Berikan Kucing Obat Penambah Nafsu Makan

Cara yang ke enam adalah memberikan kucing obat penambah nafsu makan. Cara ini bisa kamu lakukan pada kucing yang nafsu makannya kurang. Dengan memberi kucing Obat nafsu makan maka nafsu makan kucing akan meningkat.

Kucing yang nafsu makannya meningkat maka secara otomatis kucing akan lebih rakus makan sehingga tubuhnya lama kelamaan akan menjadi gemuk.


7. Pastikan Kucing Makan Dengan Tenang

Pastikan kucing kamu makan dengan tenang dan tak di ganggu oleh kucing peliharaan di dalam rumah ataupun kucing liar. Sebab sebagian kucing akan berhenti makan jika ia di ganggu ketika makan oleh kucing lainnya.

Sehingga sebanyak apapun porsi makan yang kamu berikan padanya jika kucing tak memakannya sama sekali maka tak akan membuat kucing menjadi gemuk. Jadi, sewaktu kucing sedang makan pastikan bahwa ia makan dengan tenang dan tak di ganggu oleh kucing lainnya.

 

8. Berikan Kucing Makanan Khusus Penggemuk Kucing

Berikan pada kucing makanan khusus untuk menggemukkan kucing. Jenis makanan ini banyak di jual di petshop ataupun toko online. Makanan kucing ini di jual dengan harga yang bervariasi mulai dari harga 20 ribuan hingga di atas 50 puluh ribuan.

Makanan kucing khusus penggemuk kucing ini cara pemberiannya cukup mudah. Pemberiannya sama saja dengan cara kita dalam memberikan makanan kucing kering atau basah pada kucing. Cukup buka kemasan kemudian letakkan makanan dalam mangkuk makan lalu makanan siap di beri ke kucing. 


9. Memberikan Kucing Vitamin Penggemuk

Cara yang ke sembilan yakni memberikan kucing tambahan vitamin penggemuk kucing sebagai salah satu upaya untuk menggemukkan kucing kita yang kurus. Vitamin bisa di campurkan langsung ke dalam makanan kucing.

Untuk cara pemakaian produk dapat kamu lihat pada kemasan. Pastikan untuk mengikuti aturan dosis dan cara pemakaian yang tersedia pada kemasan agar pemberian vitamin aman serta efektif untuk kucing.


10. Memberikan Kucing Makanan Yang Bisa Menggemukkan Kucing

Cara yang terakhir yakni dengan memberikan kucing makanan yang bisa menggemukkan kucing seperti kuning telur, daging ayam, daging sapi, daging ikan dan sejenisnya. Pemberian makanan ini bisa di lakukan dengan cara mencampurkannya dengan makanan kucing.

Perbandingan pencampuran makanan dalah 50:50. Kamu dapat memberikan makan pada kucing 3 kali dalam sehari, lakukan pemberian makanan ini setiap harinya sampai kamu melihat hasilnya pada kucing kamu.

Bila kucing telah gemuk, kamu dapat menghentian pemberian makanan ini atau kamu dapat terus melanjutkannya dengan catatan bahwa kucing yang di beri makan masih dalam berat tubuh idealnya.


Itulah pembahasan seputar bagaimana cara mengobati atau mengatasi kucing yang bertubuh kurus. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu yang sedang bingung tentang hal ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url