close

5 Penyebab Kenapa Kucing Sehabis Makan Langsung Pup

Seperti yang kita tahu, kucing ialah hewan yang memiliki berbagai perillaku yang unik. Perilaku-perilaku unik kucing ini sendiri seringkali membuat pemiliknya heran, bingung ataupun tertawa terbahak-bahak.

 

Kenapa Kucing Habis Makan Langsung Pup
Foto Kucing Yang Sehabis Makan Langsung Ingin Pup

 

Bicara mengenai perilaku kucing yang membuat kita heran, salah satu perilaku tersebut ialah kucing pup setelah ia makan. Hal ini tak cuma terjadi sekali-sekali saja namun pada kebanyakan kucing hal ini sering terjadi.

Melihat kucing yang sering pup sehabis makan tentunya akan membuat kita keheranan serta menimbulkan pertanyaan dalam hati "mengapa sih kucing kalau habis makan langsung pup" ? Apakah ini penyakit dan apakah ini normal bagi kucing kesayangan ?

Nah untuk menjawab semua pertanyaan ini maka Good Readers wajib membaca tulisan Anggora berikut ini. Baca tulisan Anggora di bawah ini sampai selesai ya Good Readers.


5 Penyebab Kenapa Kucing Habis Makan Langsung Pup

Kucing kamu habis makan langsung pup ? Jangan khawatir, bukan kucing kamu saja yang mengalami hal ini. Banyak kucing peliharaan di luar sana yang juga mengalami hal serupa. Kebanyakan dari kucing ini akan pup sehabis mereka makan.

Bagi kucing hal ini adalah hal yang tidak aneh dan normal-normal saja. Kucing pup sehabis makan di karenakan adanya penyebab tertentu dan penyebabnya rata-rata bukanlah karena kucing sakit. Apa saja penyebabnya dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Isi Perut Kucing Kepenuhan

Penyebab yang pertama adalah isi perut kucing kepenuhan. Kucing yang perutnya terasa penuh maka untuk membuat isi perut kucing kembali longgar, kucing perlu membuang kotoran dari tubuhnya dengan melakukan Pup.

Kebetulan setelah kucing kamu makan, isi perutnya penuh. Ini membuat kucing mesti membuang isi perutnya. Karena itulah tak jarang kita melihat, kucing yang baru saja siap makan langsung berjalan terburu-buru menuju litter box untuk pup.

Jadi, jikalau kucing kamu terburu-buru pergi ke kotak pasir untuk pup maka bisa di pastikan perut kucing kepenuhan sehingga ia terpaksa harus pup.

Kucing kamu suka pup sembarangan ? Lihat 6 cara mengatasinya dengan mengklik di sini.

 

2. Kucing Makan Terlalu Kenyang

Meskipun perut kucing masih dalam keadaan longgar tapi kalau si kucing makannya berlebihan sampai ia merasa sangat kekenyangan maka kucing bisa menjadi ingin buang air besar sesaat setelah ia habis makan.

Ini terjadi akibat sedikit makanan yang ada di dalam perut yang mana telah di proses menjadi kotoran, di paksa keluar oleh tubuh dengan tujuan melonggarkan isi perut. Akibatnya kucing mau tak mau menjadi berkeinginan untuk pup sehabis ia makan.

 

3. Memang Waktunya Kucing Untuk Pup

Beberapa kucing memiliki keteraturan dalam buang air besar. Ada yang teratur buang air besar di pagi hari ada juga yang teratur buang air besar di siang atau malam hari. Kebiasaaan atau keteraturan kucing untuk membuang kotoran inilah salah satu alasan mengapa kucing sering pup sehabis makan.

Sewaktu kucing selesai makan, ini bertepatan dengan waktu kucing biasa pup. Kucing yang merasa bahwa ini waktunya untuk pup maka akan memutuskan untuk menuju litter box untuk buang air besar beberapa saat setelah ia selesai dengan makanannya.

Baca juga 5 cara mengatasi kucing kurus di sini.

 

4. Hanya Kebetulan Semata

Kucing pup sesudah makan mungkin cuma di sebabkan kebetulan semata dan pada saat kebetulan itu terjadi, kebetulan juga kita berada di sana menyaksikannya. Ini membuat kita merasa bahwa kucing sehabis makan selalu pup adalah suatu hal yang tergolong aneh.

Kebetulan yang seperti ini pastinya pernah di alami seluruh cat lovers termasuk Anggora sendiri. Anggora pernah melihat kucing peliharaan sendiri selalu pup sehabis makan. Awalnya Anggora merasa bahwa kucing mungkin mengalami masalah dengan pencernaannya.

Sebab kucing selalu buang kotoran sehabis pup dan hal ini terjadi ketika Anggora berada di sana. Namun keesokan harinya dan seterusnya kucing tak lagi pup sehabis makan. Dari sana Anggora tarik kesimpulan bahwa kucing hanya kebetulan pup sehabis makan.

Dan kebetulan Anggora berada di sana melihatnya sehingga Anggora menjadi salah paham lalu mengira kesehatan kucing bermasalah.

 

5. Kucing Mengalami Masalah Pencernaan

Sewaktu kucing bermasalah dengan pencernaannya, kucing akan menjadi lebih sering pup atau buang air besar di bandingkan biasanya. Frekuensi kucing pup bahkan bisa 2 atau 3 kali lebih banyak dari kucing yang sehat.

Makanya kucing yang mengalami masalah pencernaan tak jarang juga kucing akan pup beberapa saat setelah kucing selesai makan. Masalah pencernaan pada kucing sendiri bisa di sebabkan beberapa hal seperti :

  • Makanan yang tak sesuai

  • Infeksi virus

  • Infeksi bakteri

  • Serangan parasit seperti cacing pita, gelang dan lainnya pada kucing.


Bukan cuma frekuensi kucing untuk buang air besar saja yang meningkat, bentuk kotoran kucing pun akan mengalami perubahan. Kotoran kucing dapat berubah menjadi lembek, setengah lembek, sangat lembek, menjadi cair, menjadi berlendir bahkan yang terparah adalah kotoran kucing berdarah.

Bila kamu menemukan kotoran kucing kamu mengalami perubahan dan kucing sering kali buang air besar melebihi 2 atau 3 kali dalam sehari maka sebaiknya kamu segera membawa kucing untuk di periksa dan di obati ke dokter hewan terdekat di kota kamu.

Baca juga 5 alasan kucing ketakutan sampai buang air besar di sini.

 

Apakah Hal Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Kucing ?

Hal ini tak berbahaya pada kucing dan dapat kamu abaikan saja, kucing yang langsung pup setelah makan berdasarkan pengalaman Anggora tak memiliki dampak sama sekali terhadap kesehatan kucing. Buktinya kucing peliharaan milik Anggora sendiri sampai saat ini sehat-sehat saja.

Jadi kamu tak perlu khawatir akan hal ini. Dengan catatan bahwa penyebab kucing pup sehabis makan bukanlah karena kucing mengalami masalah dengan organ atau saluran pencernaannya ataupun karena kucing mengalami infeksi virus, bakteri ataupun serangan parasit.

Kamu hanya perlu khawatir di saat kucing kamu sering pup sehabis makan karena ia mengalami masalah pencernaan. Saat kamu merasa bahwa ini adalah karena masalah pencernaan maka di sarankan untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan.


Bisakah Kucing Di Cegah Untuk Tidak Pup Setelah Makan ?

Sayangnya tidak bisa kita cegah. Meskipun kita melakukan berbagai hal untuk mencegah kucing agar tak pup sehabis makan. Pada akhirnya secara alami kucing tetap akan pup ketika tubuhnya menginginkannya.

Kucing kamu selalu tidur setelah grooming ? Lihat apa saja sebabnya dengan mengklik di sini

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai 5 penyebab kenapa kucing habis makan langsung pup dan hal yang berkaitan dengannya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url