close

6 Penyebab Mengapa Kucing Tidak Pulang Ke Rumah

Kucing adalah hewan yang hobi bermain di luar rumah, di antaranya bahkan ada yang keluyuran jauh dari rumah. Meskipun kucing sangat suka berada di luar rumah, kucing pada akhirnya akan kembali ke rumah. Mereka akan kembali di saat mereka merasa kehausan atau kelaparan.

 

Kucing Tidak Pulang Ke Rumah
Foto Kucing Yang Tidak Pulang Ke Rumah Karena Bermain

 

Mereka juga akan kembali ketika mereka rindu rumah. Tetapi terkadang kucing juga bisa tidak pulang ke rumah. Hal ini tentunya akan membuat kita sang pemilik menjadi panik. Bagaimana tidak panik, kucing yang tak pulang ke rumah bisa sampai lebih dari sehari bahkan bisa berhari-hari ataupun semingguan.

Sewaktu ini terjadi ada 2 hal akan menjadi pikiran kita, yang pertama adalah bagaimana cara menemukan kucing dan yang kedua adalah mengapa kucing tidak pulang-pulang ke rumah? Nah di tulisan kali ini Anggora akan membahas hal yang kedua yakni kenapa kucing tidak pulang ke rumah.

Apa saja yang menyebabkan kucing peliharaan kita tak pulang ke rumah dapat Good Readers ketahui dengan menyimak tulisan Anggora di bawah ini hingga akhir.

 

Penyebab Kucing Tidak Pulang Ke Rumah

Menurut pengalaman Anggora sendiri ada banyak hal yang dapat menjadi sebab utama mengapa kucing tak pulang ke rumah. Beberapa penyebabnya dapat berasal dari luar atau dapat juga berasal dari kucing itu sendiri. Apa saja penyebab utama kucing tak pulang ke rumah adalah sebagai berikut :

1. Kucing Sedang Birahi

Penyebab pertama mengapa kucing tak pulang ke rumah adalah di sebabkan kucing sedang birahi. Kucing yang sedang birahi umumnya akan lebih senang berada di luar rumah. Ini berlaku pada kucing jantan maupun kucing betina.

Tetapi untuk kucing birahi yang tak pulang ke rumah jarang sekali di lakukan oleh kucing betina. Kucing yang tak pulang ke rumah selama berhari-hari lebih sering di lakukan oleh kucing berjenis kelamin jantan.

Ini karena kucing jantan kemungkinan menyukai kucing betina tetangga yang jauh dari rumah sehingga ia terus mengikutinya lalu pada akhirnya lupa jalan pulang. Kucing jantan yang birahi biasanya akan pulang setelah sehari atau berhari-hari.

Banyak juga di antara kucing yang sedang birahi baru pulang ke rumah setelah satu minggu lamanya.

Bagi kamu yang tak tahu bagaimana ciri kucing yang sedang birahi ( pingin kawin ), ciri-cirinya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.

 

2. Kucing Di Curi Orang

Penyebab ke dua adalah kucing di curi orang. Jika kucing tidak pulang berhari-hari lamanya maka besar kemungkinan kucing kamu di curi orang lain. Ini seringkali terjadi pada jenis kucing ras murni dan mixdome. Orang yang mencurinya biasanya mengambil kucing untuk di jual kembali. 

Harga kucing ras meskipun kucing tersebut jenis mixdome, kucing-kucing ini dapat di jual dengan harga berkisar 500 ribuan hingga di atas satu jutaan untuk kucing dewasa. Ada juga yang mencuri sebab ingin memelihara kucing ras tetapi tak mampu membelinya karena harganya yang mahal. 

Jikalau kamu tak ingin kucing kamu hilang karena di pungut orang maka kamu bisa memberikan  kucing kalung sebagai pertanda kucing sudah ada pemiliknya. Sementara agar kucing tak di curi oleh orang lain, kamu dapat memelihara kucing dalam kandang ataupun dalam ruangan khusus. 


3. Kucing Kemungkinan Tersesat

Kucing tidak kunjung pulang ke rumah bisa juga di sebabkan karena kucing tersesat. Ini sering kali terjadi pada kucing yang baru pertama kali di biarkan bebas keluar masuk rumah. Bukan cuma itu saja kucing yang senang bepergian jauh dari rumah dan kucing yang birahi pun bisa mengalami hal ini. 

Ketika mereka pergi terlalu jauh dari rumah untuk sekedar berjalan-jalan ataupun mengejar betina lainnya, mereka lupa arah jalan pulang akibatnya mereka tersesat. Nah ketika kucing tersesat, mereka bisa tidak pulang ke rumah selama berhari-hari lamanya. 

Bahkan tak jarang mereka para kucing yang tersesat tak kunjung pulang ke rumah dan berakhir menjadi kucing gelandangan.

Bisakah kucing sedih di tinggal majikannya ? Baca jawabannya di sini.


4. Kucing Telah Mati

Penyebab selanjutnya adalah kucing telah mati. Kucing mungkin tanpa sepengetahuan kita telah :

  • Mati karena tak sengaja di gilas kendaraan bermotor

  • Mati sebab di tabrak sepeda motor dan sejenisnya

  • Mati karena di racun

  • Mati karena jatuh dari ketinggian dan sebagainya.

Bila kamu tak menemukan kucing kamu yang pergi dan tak pernah kembali maka cobalah untuk bertanya pada tetangga atau orang-orang yang berada di sekitar tempat kamu tinggal. Bisa jadi di antara mereka ada yang menemukan kucing kamu lalu menguburnya. 

Soalnya dulu Anggora pernah mengalami hal yang serupa. Kucing milik Anggora hilang selama berminggu-minggu lamanya. Ternyata setelah putus asa mencarinya, akhirnya ada kabar dari tetangga yang berkata bahwa kucing peliharaan Anggora telah mati. 

Kucing yang telah mati telah di kuburkan dan kucing di kuburkan sudah sekitar semingguan semenjak kematiannya. 


5. Kucing Di Pungut Anak Kecil Yang Bermain

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa anak-anak memiliki rasa penasaran yang tinggi juga sangat menyukai hewan. Bisa jadi kucing kamu yang selama ini tak kembali ke rumah adalah karena kucing di bawa bermain oleh anak-anak kecil yang kebetulan  melintas di depan rumah kamu. 

Lalu setelah anak tersebut bosan bermain dengan kucing kemudian kucing tersebut bukannya di kembalikan malah di letakkan begitu saja di pinggir jalan. Hal ini dapat membuat kucing yang tak mengenali di mana ia berada menjadi tersesat. 

Akibatnya kucing yang tersesat tadi tak tahu jalan pulang sehingga ia tidak pulang-pulang ke rumah.

Baca juga alasan kucing lari dari rumah di sini.


6. Kucing Di Buang Tetangga Kamu

Tak semua tetangga di sekitar rumah kita adalah orang yang baik. Akan ada saja tetangga yang membenci kita karena kita memelihara kucing dan tak jarang di antara mereka membuang kucing ke tempat yang jauh. 

Bahkan yang terparah adalah mereka meracuni sobat bulu kesayangan kita sampai mati. Jadi jika kamu punya tetangga seperti ini maka sebaiknya usahakan kucing tetap dalam rumah atau di kandangkan.

Karena jikalau tidak, bisa-bisa kamu akan kehilangan kucing karena di racun atau di buang tetangga kamu. 


Kucing Tak Kunjung Pulang Ke Rumah, Ini Yang Mesti Kita Lakukan !

Sewaktu kita merasa bahwa kucing kita tak pulang ke rumah maka sepatutnya yang mesti kita lakukan adalah mencari kucing di lingkungan sekitar rumah. Kamu dapat mencari sembari memanggil-manggil kucing, menanyakan tetangga apakah ada yang melihat kucing kita. 

Untuk cara selengkapnya bagaimana cara mencari kucing yang hilang bisa kamu lihat dengan mengklik di sini

 

Bisakah Kucing Di Latih Agar Tak Keluar Rumah ?

Agak sulit untuk melatih kucing agar tak keluar rumah namun jika kamu masih tetap ingin mencobanya maka kamu dapat mencoba cara yang ada di sini. Jika cara tersebut gagal maka agar kucing tak pergi dari rumah sebaiknya kandangkan kucing di dalam kandang atau ruangan khusus.

 

Itulah dia pembahasan mengenai beberapa penyebab mengapa kucing tidak pulang ke rumah. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu mengetahui apa saja sebab kenapa kucing peliharaan tak kunjung pulang ke rumah.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu. 

 

Tags : kenapa kucing tidak pulang ke rumah, penyebab kucing tidak pulang ke rumah, jika kucing tidak pulang ke rumah

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url