close

5 Cara Melatih Kucing Agar Tidak Keluar Rumah

Kucing pada dasarnya adalah hewan rumahan yang masih memiliki insting liarnya karena itulah kebanyakan kucing sangat senang berada di luar rumah. Mau itu kucing liar atau kucing jenis ras luar negeri, dua-duanya akan lebih memilih bermain di luar dari pada berdiam diri di rumah.

 

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Keluar Rumah
Foto Kucing Yang Di latih Agar Tidak Keluar Rumah

 

Tak hanya kucing dewasa, anak kucing sendiri sangat senang berada di luar rumah. Mereka senang bermain sambil berkeliaran ke sana kemari, mereka pun tak jarang juga akan berlarian mengejar dan memburu hewan kecil ataupun benda-benda bergerak lainnya yang ada di sekeliling mereka.

Memang sebenarnya kucing bermain di luar rumah boleh saja, asalkan kucing tak bermain atau keluyuran di jalan raya, pergi rumah tetangga ataupun berkeliaran jauh dari rumah. Jika kucing berkeliaran sembarangan, kita khawatir bahwa kucing nantinya bisa mengalami kecelakaan, di racun, tersesat dan hal lainnya.

Tentunya kita tak ingin kucing nantinya mengalami berbagai hal yang barusan Anggora sebutkan di atas. Nah untuk menghindari hal ini tentunya kita mesti putar otak bagaimana cara melatih kucing agar tak keluar dari rumah.

Lalu bagaimanakah cara yang tepat melatih kucing agar tak pergi keluar rumah ? Caranya dapat kamu lihat pada tulisan Anggora di bawah ini.


5 Cara Melatih Kucing Agar Tidak Keluar Rumah

Mungkin kamu adalah salah satu dari sekian banyak pemilik yang kucingnya suka keluar rumah dan kamu merasa bahwa hal ini agak mengganggu dan membuat kamu selalu khawatir. Sudah waktunya bagi kamu untuk melatih kucing kamu agar tidak selalu  keluar rumah.

Untuk melatih kucing, kamu bisa menggunakan berbagai cara berikut ini untuk melatih kucing kamu.

1. Takut-Takuti Kucing

Cara pertama yakni setiap kali kucing keluar rumah, takut-takutilah kucing. Kucing yang ketakutan akan spontan masuk kembali ke dalam rumah. Lakukanlah cara ini setiap kali kamu melihat kucing kamu hendak keluar dari dalam rumah.

Cara ini biasanya akan berhasil ketika kucing menjadi ragu untuk keluar rumah. Tak hanya ragu untuk keluar rumah, kucing pun nantinya akan ketakutan sewaktu ia melihat orang asing berusaha mendekatinya.

Ini sangat ampuh untuk melatih kucing tak keluar rumah sekaligus membuat kucing selalu waspada terhadap orang asing. Sekali pancing 2 ikan yang kita dapat. Apakah cara ini bisa membuat kucing stress karena sering kita takut-takuti ?

Tidak, soalnya selama ini Anggora juga menerapkan hal ini kepada kucing peliharaan. Kucing hanya akan menjadi agak stress atau sedih akibat tidak bisa pergi berkeliaran ke luar rumah. Karena itulah sesekali ajak kucing kamu jalan-jalan keluar rumah.

Oh iya cara ini hanya ampuh ketika kita rajin mengulang-ulangnya setiap hari. Karena jikalau tidak di terapkan tiap hari, keberanian kucing akan kembali dan kucing akan mulai berkeliaran lagi di luar rumah.

Kucing takut melihat kamu ? Lihat apa penyebabnya dengan mengklik di sini.

 

2. Memberi Kucing Cemilan

Jika cara di atas tak berhasil juga maka kamu dapat mencoba cara selanjutnya yakni memberikan kucing cemilan setiap kali dia hendak keluar dari pintu rumah. Panggil kucing kamu, kemudian di saat dia menghampirimu berilah ia cemilan.

Lalu peluk kucing atau tahan ia dalam pangkuan kamu. Lakukan cara ini setiap kali kucing hendak keluar rumah, lama kelamaan kucing akan menjadi malas keluar rumah dan lebih senang berada dalam rumah sebab setiap kali ia hendak keluar rumah, kamu akan memberi cemilan dan menahannya bersama kamu.

Selain menahan kucing dalam pelukan atau pangkuan, kamu juga dapat mengajak kucing bermain-main bersama kamu. Cara ini memang butuh modal tambahan untuk di keluarkan namun ini jauh lebih murah dari pada kita kehilangan kucing karena bermain di luar rumah.

Nah untuk makanan yang di berikan, pastikan makanan yang kamu berikan adalah makanan yang menyehatkan bagi kucing serta makanan tersebut memang khusus kucing. Pastikan juga selalu memantau berat badan kucing kamu agar berat tubuhnya tetap ideal untuk mencegah obesitas.


3. Menggunakan Tali Kucing

Cara yang ketiga untuk melatih kucing agar tak keluar dari rumah adalah dengan menggunakan tali kucing. Tali ini dapat kamu temukan di pet shop atau toko online. Cari saja dengan menggunakan kata kunci baju dan tali kucing untuk jalan-jalan.

Jangan khawatir dengan harganya, tali dan bajunya di jual murah kok hanya seharga 40 ribuan. Gunakanlah baju dan tali ini untuk mengikat kucing agar tak bisa ke luar rumah. Agar semakin efektif  kamu dapat mengkombinasikan cara ini dengan cara memberikan kucing cemilan.

Dengan cara ini lama kelamaan akan tertanam secara tak sadar dalam pikiran kucing bahwa ia tak bisa keluar rumah. Lakukan cara ini secara teratur tiap beberapa menit sehari. Kamu juga bisa menggunakan cara ini demi mencegah kucing keluar rumah pada saat kamu tak bisa mengawasinya.

Baca juga 5 alasan kucing makan tali ari-ari anaknya sendiri di sini.

 

4. Membuka Tirai Jendela Rumah

Cara yang satu ini mungkin bisa di bilang melatih sekaligus mencegah kucing keluar rumah. Bukalah tirai jendela kamu hingga tak ada tirai lagi yang menutupinya dan biarkan jendela rumah dalam keadaan tertutup.

Kemudian letakkan kucing di depan jendela. Dengan cara ini kucing akan mampu melihat keluar rumah tanpa harus keluar rumah dan pikirannya pun akan teralihkan dari keinginan untuk pergi berkeliaran di luar rumah.

Cara ini cuma bisa di gunakan bagi kamu yang memiliki jendela kaca berwarna bening cerah di rumah. Untuk jendela berkaca hitam, cara ini terbilang kurang efektif sebab kucing menjadi tak jelas untuk memandang keluar rumah.


5. Mensterilkan Kucing

Bila si kucing masih tetap saja nakal keluar rumah maka cara terakir yang bisa kita lakukan yakni mensterilkan kucing kita. Mengapa kita mesti melakukan steril kucing ? Bukannya ini tak ada hubungannya dengan kucing yang ingin terus keluar rumah.

Tentu saja ada hubungannya dan hal ini berkaitan dengan birahi kucing. Kucing yang birahi umumnya sangat liar serta lebih suka berkeliaran di luar rumah. Bukan cuma itu saja, kucing pun menjadi lebih agresif dan suka melakukan spraying ( kencing sembarangan ke tembok ).

Dengan kita melakukan steril kucing, kucing akan menjadi lebih tenang juga ramah. Kucing pun menjadi lebih pendiam serta lebih senang berada di dalam rumah di bandingkan berkeliaran di luar rumah. Perilaku spraying kucing pun akan hilang sesudah kucing di sterilkan.

Untuk mensterilkan sobat bulu kesayangan kita, kamu hanya perlu membawanya ke dokter hewan terdekat. Biaya steril untuk kucing sendiri bervariasi mulai dari 500 ribu hingga di atas 1 jutaan.  Harga di sesuaikan dengan ras kucing dan jenis kelamin kucing.

Berapa lama kucing jantan pergi dari rumah ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.


Catatan Singkat

Jadi untuk melatih kucing agar tidak keluar rumah kita hanya perlu melakukan :

  • Menakut-nakuti kucing

  • Memberi kucing cemilan

  • Menggunakan tali kucing

  • Membuka tirai jendela rumah

  • Mensterilkan kucing


Mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana cara melatih kucing agar tak keluar rumah. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu melatih kucing kamu agar tak suka bepergian ke luar rumah.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url