4 Efek Samping Kucing Jatuh Dari Ketinggian

Kucing adalah hewan yang hobi berkeliaran menyusuri tempat-tempat tertentu. Karena inilah kucing tak jarang akan berkeliaran di tempat yang menurutnya menyenangkan untuk di telusuri atau di singgahi.

 

Efek Samping Kucing Jatuh Dari Ketinggian


Salah satu tempat yang kucing sukai untuk di telusuri atau di singgahi adalah tempat-tempat tinggi. Meskipun kucing merupakan hewan yang pandai dalam menjaga keseimbangannya saat berada si tempat tinggi dan sempit namun tak jarang kucing dapat terjatuh dari ketinggian ini.

Jatuhnya kucing dapat di picu oleh berbagai hal. Dan hal itu bisa berasal dari kucing itu sendiri ataupun faktor lainnya. Ketika kucing terjatuh pastinya akan ada efek samping yang akan terjadi pada kucing.

Lalu apa sajakah efek samping yang dapat terjadi pada kucing ketika kucing jatuh dari ketinggian? Bagi Good Readers yang penasaran akan jawabannya dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahuinya.

 

7 Penyebab Kucing Terjatuh Dari Ketinggian

Sebelum masuk ke pembahasan utama tidak ada salahnya kita bahas sedikit mengenai penyebab mengapa kucing bisa jatuh dari ketinggian. Seperti yang Anggora telah sebutkan di atas bahwa kucing jatuh bisa jadi karena ulahnya sendiri atau karena faktor lainnya.

Beberapa penyebab kucing jatuh dari ketinggian antara lain :

  • Kucing tidak berhati-hati

  • Pijakan yang tidak kuat sehingga roboh dan membuat kucing jatuh bersamaan pijakan yang roboh

  • Kucing berkelahi dengan kucing lainnya

  • Kucing terpeleset

  • Salah perkiraan ( umumnya ini terjadi pada kucing atau anak kucing yang belum terbiasa melompat dari satu tempat ke tempat lainnya atau masih asing dengan tempat tersebut )

  • Kucing terjatuh saat di bawa induknya, sering terjadi pada anak kucing usia 2 bulan ke bawah yang mana induknya membawanya dengan menggigit tengkuknya

  • Dan lainnya

 

Itulah beberapa penyebab kucing jatuh dari ketinggian yang menurut Anggora sering kali menjadi penyebab jatuhnya kucing.

 

4 Efek Samping Kucing Jatuh Dari Ketinggian

Sewaktu kucing jatuh dari ketinggian tak hanya akan membuat kucing merasa kesakitan tetapi juga akan menimbulkan efek samping terhadap kucing itu sendiri. Efek samping tersebut bisa berdampak pada tubuh bagian dalam kucing ataupun tubuh bagian luarnya.

Beberapa efek samping kucing jatuh dari ketinggian dapat berupa :

1. Cacat Fisik

Kucing yang jatuh dari ketinggian akan menimbulkan efek samping cacat fisik pada tubuh kucing jika kucing yang terjatuh pada ketinggian ini berhasil bertahan hidup. Cacat fisik tersebut dapat berupa kaki kucing patah, bekas luka pada tubuh kucing, telinga kucing putus dan sejenisnya.

Cacat fisik juga dapat terjadi pada anak kucing yang masih berumur di bawah 1 atau 2 bulanan yang jatuh dari ketinggian. Pada awalnya kecacatan fisik ini sulit diidentifikasi sebab tubuh kucing masih kecil. Seiring dewasanya kucing, kecacatan ini akan bisa kita ketahui.

Kita akan melihat tubuh kucing terlihat tak normal. Seperti kaki kucing bengkok, terlihat patah, kaki kucing lemah, wajah kucing terlihat aneh dan sejenisnya. Cacat fisik ini tak akan bisa di hilangkan atau kucing akan selamanya dalam kondisinya saat ini.

 

2. Kucing Menjadi Seperti Kucing Bodoh

Anak kucing yang terjatuh sewaktu ia masih kecil bisa menyebabkan kucing terlihat seperti kucing yang bodoh sewaktu dewasa. Pada saat kucing dewasa, kucing akan lambat dalam berpikir, merespon dan mengambil keputusan akibatnya kucing jadi terlihat bodoh.

Anggora bisa berkata demikian sebab ini berdasarkan pengalaman Anggora sendiri. Dahulu ada 2 kucing peliharaan Anggora sewaktu kecil yang terjatuh dari ketinggian. Di saat mereka dewasa, mereka terkesan sangat lambat berpikir, mengambil keputusan ataupun merespon.

Menurut Anggora ini di karenakan benturan akibat jatuh dari ketinggian yang mempengaruhi saraf otak kucing sehingga kucing menjadi seperti saat ini. Meskipun kucing seperti ini namun untuk kondisi kesehatannya sendiri, kucing terbilang cukup sehat.

 

3. Kematian Mendadak

Efek samping selanjutnya adalah kematian, Kucing dewasa yang terjatuh dari ketinggian bisa langsung mati di tempat dan jika kucing berhasil bertahan hidup, kucing tersebut pastinya akan mengalami kecacatan. Tapi lain cerita kalau yang mengalaminya adalah anak kucing.

Jika anak kucing yang jatuh masih berusia di bawah usia 1 bulanan bisa jadi kucing akan langsung mati atau akan mengalami efek samping kematian. Kenapa Anggora sebut ini efek samping ? Sebab kematian pada anak kucing ini tak terjadi langsung ketika anak kucing terjatuh.

Kucing akan mati setelah beberapa hari semenjak ia terjatuh. Mengapa ini dapat terjadi ? Kematian mendadak pada kucing ini di karenakan kucing memiliki luka dalam pada tubuhnya sesudah ia terjatuh.

Kebanyakan dari kita abai akan hal ini sebab setelah kita periksa tubuh anak kucing yang baru saja terjatuh, kita tak menemukan luka luar. Tak hanya itu saja kita juga melihat anak kucing bersikap normal.

Tetapi bagi mereka yang berpengalaman pastinya tak hanya sekedar memeriksa tubuh fisik kucing juga akan melakukan pemeriksaan ke dokter hewan. Karena mereka sadar bahwa meskipun anak kucing bersikap normal dan terlihat baik-baik saja, bisa saja kucing mengalami luka dalam tubuhnya.

Jadi, untuk menghindari efek samping kematian mendadak ini terjadi maka anak kucing yang terjatuh tadi sebaiknya segera di periksakan ke dokter hewan terdekat. Bila ternyata anak kucing menderita luka dalam, kucing dapat segera di rawat dan di obati.

 

4. Penglihatan Kucing Menurun

Efek samping yang terakhir adalah penglihatan kucing menurun. Ini jarang terjadi pada kucing yang terjatuh namun tak menutup kemungkinan dapat terjadi terutama pada kucing yang jatuh dengan kepala duluan yang menyentuh lantai.

Penyebab memburuknya penglihatan kucing di karenakan benturan yang menyebabkan saraf di bagian kepala terganggu. Yang mana saraf ini berkaitan dengan fungsi penglihatan kucing. Imbasnya seiring berjalannya waktu, kualitas penglihatan kucing terganggu.


Bisakah Efek Samping Ini Di Hilangkan ?

Untuk efek samping yang pertama yakni cacat fisik sulit untuk menghilangkannya, namun untuk yang lainnya mungkin bisa di hilangkan selama mendapatkan perawatan yang tepat. Hanya saja untuk menghilangkannya membutuhkan perawatan dan proses yang cukup lama.


Demikian pembahasan mengenai 4 efek samping dari kucing yang terjatuh dari ketinggian. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu menjawab pertanyaan seputar apa efek samping yang terjadi pada kucing yang jatuh dari ketinggian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url