close

5 Penyebab Kenapa Kucing Baru Adopsi Tidak Mau Makan

Bagi kamu yang hendak memelihara kucing tentunya kamu akan terlebih dahulu mengadopsi kucing. Kamu bisa mengadopsi kucing melalui toko hewan, dari pecinta kucing lainnya ataupun memungut kucing liar yang kamu temukan di jalanan.

 

Kenapa Kucing Baru Adopsi Tidak Mau Makan
Foto Kucing Baru Adopsi Tidak Mau Makan Beserta Pemiliknya

 

Setelah menemukan kucing yang bisa di adopsi maka langkah selanjutnya adalah membawa kucing pulang kemudian merawatnya dengan baik di rumah. Namun pada awal kucing di adopsi akan ada saja masalah yang akan kita hadapi.

Masalahnya bisa berupa kucing yang di adopsi sering mengeong secara terus-terusan, kucing tak mau makan, kucing tak mau minum, kucing selalu kabur dari rumah, kucing tiba-tiba jatuh sakit dan berbagai masalah lainnya.

Berbagai masalah ini tentunya akan membuat kita sebagai pemilik bingung mengapa kucing menjadi seperti ini. Terutama jika kucing tak mau makan sama sekali. Bisa-bisa kucing semakin kurus, lemas, sakit kemudian mati.

Pastinya kita tak ingin ini terjadi pada sobat bulu kesayangan kita. Untuk menghindari kucing adopsi tak mau makan, ada baiknya kita terlebih dahulu perlu tahu apa saja penyebab kucing yang baru saja di adopsi tidak mau makan agar kita tahu bagaimana cara mengatasinya.

Dan agar kamu tahu apa saja penyebabnya maka Good Readers bisa membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk Mengetahuinya.


5 Penyebab Kenapa Kucing Adopsi Tidak Mau Makan Sama Sekali

Seperti yang Anggora baru saja sebutkan di atas bahwa kucing yang baru saja di adopsi kadang kala seringkali memberikan masalah pada pemiliknya. Salah satu masalah tersebut adalah kucing tidak mau makan sama sekali.

Berdasarkan pengalaman Anggora penyebab kucing baru adopsi tidak mau makan antara lain :

1. Kucing Mengalami Stress

Bagaimana kucing merasa stress padahal sebelumnya kucing terlihat baik baik saja ? Stress pada kucing dapat terjadi sewaktu kucing sedang di bawa dalam kendaraan menuju rumah. Pada saat ini ada kemungkinan besar kucing panik lalu stress.

Pada saat kucing mengalami stress kucing akan menunjukan perilaku yang tak biasanya di kala kucing sehat. Perubahan perilaku ini juga di ikuti dengan hilangnya nafsu makan kucing.

Beberapa perubahan sikap lainnya yang umumnya terjadi pada kucing yang stress antara lain : kucing yang aktif menjadi pendiam, lebih senang tidur, tidak mau makan, sering menggigiti atau menjilati tubuhnya dan lainnya.

Kucing juga bisa menjadi memiliki sikap pica yakni perilaku menyimpang kucing saat makan. Kucing yang mengalami penyimpangan ini bisa memakan kotorannya sendiri atau kucing lainnya, memakan benda keras yang bukan makanan ataupun memakan benda atau cairan yang berbahaya.

Baca juga 8 penyebab kucing makan kotorannya sendiri dengan mengklik di sini.

 

2. Kucing Masih Merasa Mabuk

Penyebab kedua yakni kucing masih merasa mabuk akibat baru saja naik kendaraan. Ini membuat kucing masih merasa mual serta tak nyaman dengan kondisi tubuhnya saat ini. Nah perasaan mual dan tak nyaman inilah yang bisa membuat kucing tak ingin makan sama sekali.

Kucing yang masih merasa mabuk kendaraan sebaiknya jangan memberikannya makanan terlebih dahulu sampai ia merasa baikan atau jikalau kamu malas menunggu kamu bisa percepat pemulihannya dengan memberikan kucing obat anti mabuk khusus kucing.

Di saat kucing tak lagi merasakan mual juga merasa bahwa tubuhnya sudah membaik biasanya kucing akan mulai kembali makan dengan normal seperti sebelumnya.

 

3. Kucing Merasa Takut

Kucing yang baru saja di adopsi kemungkinan masih merasa takut pada kita serta masih menganggap kita hanyalah orang asing yang bisa berbuat jahat padanya sewaktu-waktu. Supaya kamu yakin bahwa kucing kamu takut padamu.

Kamu dapat melihat apakah kucing takut berada di dekatmu serta selalu berusaha kabur dari rumah. Seiring berjalannya waktu biasanya rasa takut kucing akan menghilang kemudian kucing yang tadinya tak mau makan dan takut pada kamu kini akan makan dengan normal dan mulai terbiasa dengan keberadaanmu.

Mereka bahkan akan mulai menganggap kamu sebagai tuan baru mereka dan senang bermanja denganmu.

Ternyata kucing juga takut timun loh, lihat alasannya di sini.

 

4. Kucing Sedang Sakit

Ketika kamu baru saja mengadopsi kucing dan kucing kamu tak mau makan sama sekali besar kemungkinan kucing sedang sakit. Jangan kesal pada dirimu karena tak tahu akan hal ini serta marah karena merasa kamu tertipu.

Ini adalah hal wajar mengingat kucing adalah hewan yang senang menyembunyikan rasa sakitnya. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan pemilik kucing terkadang terlambat menyadari bahwa kucingnya sedang sakit serta sulit menentukan apakah kucingnya sedang sakit atau tidak.

Bukan cuma kamu saja yang mungkin merasa tertipu tetapi pemilik kucing sebelumnya pun besar kemungkinan tidak tahu akan hal ini sama sekali. Ketika kamu mengalami hal ini sebaiknya jangan emosi, tetap berpikir tenang serta berdiskusi pada pemilik kucing sebelum mengenai tindakan apa yang mesti dilakukan untuk mengatasi hal ini.

 

5. Kucing Birahi

Jika kamu mengadopsi kucing yang sudah cukup dewasa maka kucing yang tidak mau makan bisa jadi di sebabkan karena kucing sedang dalam masa kawin ( kucing sedang birahi ). Ketika kucing sedang birahi biasanya kucing akan menjadi malas makan.

Kucing akan mau makan sewaktu kucing merasa bahwa birahinya telah terpenuhi atau ketika kucing benar benar merasa sangat lapar.

Selain karena birahi, ada penyebab lain mengapa kucing tak mau makan dan hanya mau minum saja. Ketahui penyebab lainnya dengan mengklik di sini.

 

Bagaimanakah Cara Mengatasi Hal Ini ?

Mengatasi hal ini sebenarnya mudah, cukup hilangkan sumber penyebabnya lalu kucing akan kembali mau makan seperti kucing lainnya. Untuk menghilangkan sumber penyebabnya maka kamu bisa memilih salah satu dari beberapa opsi di bawah ini. Pilih yang sesuai dengan sumber penyebabnya.

Beberapa cara mengatasinya adalah :

  • Berikan obat stress pada kucing

  • Berikan obat mabuk khusus kucing

  • Kawinkan kucing atau sterilkan kucing

  • Rawat kucing dengan baik agar kucing tak takut lagi denganmu serta supaya ia menganggap kamu sebagai pemiliknya

  • Bawa kucing berobat ke dokter hewan karena bisa jadi kucing sedang menderita penyakit tertentu.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai kenapa kucing baru adopsi tidak mau makan. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu memahami penyebab mengapa kucing baru adopsi tidak mau makan dan bagaimana cara mengatasinya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url