close

5 Alasan Kenapa Kucing Jantan Menggigit Leher Kucing Betina Saat Kawin

Kucing adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Sebelum kucing melahirkan tentunya kucing akan melewati masa kawin sama seperti halnya yang terjadi pada manusia. Umumnya masa kawin pada kucing mulai terjadi pada kucing ketika mereka telah menginjak usia di atas 6 bulan.


Kenapa Kucing Jantan Menggigit Leher Kucing Betina Saat Kawin
Gambar Kucing Kawin

 

Pada saat masa kawin biasanya akan terjadi perubahan pola perilaku pada kucing seperti kucing menjadi lebih sering mengeong, malas makan, spraying, sering mengejar lawan jenisnya, hobi keluyuran dan menjadi lebih pemarah terutama pada saingannya ataupun terhadap kucing lainnya.

Tak hanya itu saja di masa kawin, kucing jantan seringkali menggigit leher kucing betina saat kawin. Bagi para pemilik kucing yang baru saja mulai atau pemula dalam memelihara kucing tentunya ini akan menjadi suatu hal yang sangat mengherankan serta mengganggu kita.

Kita juga takut bahwa kucing akan terluka jika kucing jantan terus melakukan hal ini. Sebenarnya mengapa kucing jantan menggigit leher kucing betina saat kawin dan apakah hal ini membahayakan kucing betina ? Untuk mengetahui jawabannya simak penjelasan Anggora di bawah ini hingga selesai.

 

Kucing Jantan Menggigit Leher Kucing Betina Saat Kawin, Berbahayakah ?

Kucing jantan yang menggigit leher kucing betina yang ingin dia kawini adalah perilaku yang umum di kalangan kucing. Perilaku ini biasanya sering di lakukan kucing ketika masa kawin dan perilaku ini tak berbahaya serta tak akan terlalu menyakiti kucing.

Hanya saja jikalau kucing jantan terlalu keras menggigit maka dapat menyebabkan kerontokan bulu pada tengkuk yang ia gigit. Tetapi kamu tak usah khawatir sebab bulu yang rontok lama kelamaan akan tumbuh kembali seperti semula.

 

Kenapa Kucing Jantan Menggigit Leher Kucing Betina Saat Kawin ?

Ketika kucing sedang kawin seringkali kucing jantan menggigit tengkuk kucing betina. Bagi sebagian orang berpendapat bahwa begitulah cara kucing kawin., mereka mesti menggigit tengkuk leher kucing betina kemudian melakukan perkawinan tapi ini salah ada alasan mengapa kucing jantan melakukan ini.

Nah beberapa alasannya antara lain :

1. Memastikan Apakah Si Kucing Betina Menerimanya Sebagai Pejantannya

Alasan pertama adalah untukmemastikan apakah si betina menerimanya sebagai pejantannya. Coba perhatikan deh kucing yang sedang kawin. Terkadang kucing betina akan menolak kucing jantan yang menggigit tengkuk dengan memarahinya ataupun mencakarnya.

Ini karena kucing betina tak menerima kucing jantan tersebut sebagai pejantannya. Berbeda sekali bila si kucing betina tetap diam saja jika kucing jantan menggigitnya. Ini menandakan si kucing betina menerima dia sebagai pejantannya serta sudah siap kawin dengan pejantan tersebut.

Baca juga tanda kucing Persia hamil muda dengan mengklik di sini.

 

2. Menahan Posisi Kucing Betina Agar Tak Bergerak

Alasan kedua yakni kucing jantan menggigit leher kucing betina hanya untuk menahan posisi kucing betina agar tak bergerak. Dengan menahan posisi betina agar tak bergerak, ini akan memudahkan kucing dalam melakukan perkawinan serta meningkatkan kesuksesan perkawinan.

 

3. Merupakan Posisi Ideal Bagi Kucing Untuk Kawin

Alasan selanjutnya adalah posisi ini merupakan posisi yang sangat ideal bagi kucing untuk kawin. Posisi ini sangat mempermudah kucing untuk melakukan perkawinan sekaligus meningkatkan kelancaran perkawinan.

Berapa lama sih kucing jantan pergi dari rumah saat kawin ? Lihat jawabannya di sini.

 

4. Memaksa Kucing Betina Untuk Kawin Dengannya

Kucing jantan menggigit kucing betina saat kawin adalah suatu cara agar kucing betina mau kawin dengan pejantan tersebut. Kucing jantan yang tertolak sering kali menggigit tengkuk kucing betina untuk memaksanya kawin dengannya.

Kucing betina yang sering kali menolak seiring berjalannya waktu akan mulai menerima si pejantan. Tetapi dalam beberapa kasus meskipun betina tetap menolak si pejantan, si pejantan tetap akan memaksa sang betina untuk kawin dengannya.


5. Pengetahuan Yang Di Wariskan

Alasan yang terakhir adalah kucing melakukan ini berdasarkan pengetahuan yang telah di wariskan turun temurun dari nenek moyang atau generasi kucing sebelumnya. Pengetahuan atau informasi bagaimana kucing kawin ( termasuk menggigit leher ) tersimpan dalan DNA kucing.

Dan informasi ini akan terus ada dalam keturunan kucing selanjutnya sehingga walaupun induk kucing tak mengajarkan bagaimana kucing kawin, kucing tetap akan bisa mengetahuinya sendiri melalui informasi yang tersimpan dalam DNA-nya ini.

Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa kucing tidur melingkar. Ketahui alasan lain mengapa kucing tidur melingkar dengan mengklik di sini.


Kapan Perilaku Ini Akan Berhenti ?

Kucing biasanya melakukan hal ini ketika sedang dalam masa kawin jadi tentu saja prilaku ini akan berhenti dengan sendirinya ketika kucing berhasil kawin atau telah melewati masa kawinnya.

 

Ketika Kucing Melakukan Hal Ini Saya Mendengar Kucing  Mengerang Seperti Kesakitan ?

Sebenarnya ini bukan di karenakan kucing merasa kesakitan. Ini karena kucing menolak si pejantan mengawininya dan si pejantan tetap memaksa kucing betina untuk kawin dengannya. Menurut Anggora ini juga merupakan salah satu pertanda kucing berhasil kawin.

Lalu apa yang mesti kita lakukan jika melihat hal ini ? Ini tergantung pada kamu sebagai pemilik. Jika kamu tak ingin kucing kamu kawin maka kamu bisa melarang mereka dengan cara memisahkan mereka dan mengurung salah satunya ke kandang.

Jika kamu ingin kucing kamu kawin maka kamu dapat membiarkan kucing tetap melakukan hal itu. Membiarkan kucing melakukan hal itu meskipun kucing seolah mengerang kesakitan tak akan membahayakan kucing betina.

Hanya saja resiko dari pembiaran ini adalah si kucing jantan dan betina akan berhasil kawin dan nantinya kucing betina akan hamil lalu melahirkan. Ini tentunya akan menambah kucing yang mesti di pelihara dalam rumah serta membuat kita sebagai pemilik mengeluarkan dana lebih untuk perawatan kucing.

Baca juga 7 ciri mencolok kucing Persia Medium Short Hair dengan mengklik di sini.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai kenapa kucing jantan menggigit leher kucing betina saat kawin. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu paham mengenai hal ini dan paham bahwa hal ini tak berbahaya sama sekali.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url