Kapankah Masa Kawin Kucing Setelah Melahirkan ? Ini Penjelasannya

Kapankah Masa Kawin Kucing Setelah Melahirkan | Sebagai pemilik kucing betina, mungkin selepas kucing kita melahirkan timbul pertanyaan seperti berapa lamakah waktu kucing untuk memasuki siklus birahi atau kawin selanjutnya setelah kucing melahirkan.

 

Kapankah Masa Kawin Kucing Setelah Melahirkan
Ilustrasi Kucing Memasuki Masa Kawin Setelah Melahirkan

 

Pertanyaan ini mungkin muncul dalam benak kita karena rasa penasaran atau bisa sebagai bentuk untuk mengantisipasi kucing agar tak hamil lagi saat ia telah memasuki masa kawin. Karena seperti yang kita tahu bahwa kucing betina sekali melahirkan akan melahirkan minimal 4 anak kucing dalam sekali melahirkan.

Tentunya hal ini akan merepotkan kita untuk merawat dan memenuhi kebutuhan kucing dan bayinya di masa depan. Merawat banyak kucing memang menyenangkan namun saat kita tak mampu memenuhi kebutuhan makan dan nutrisi kucing, ini akan membuat kita sedih melihat kucing kurus kurang sehat.

Dan tak jarang kucing yang kekurangan makan serta nutrisi akan mati, pastinya ini akan membuat kita menjadi lebih sedih lagi. Di banding mengalami hal tersebut lebih baik bagi kita untuk mengetahui masa kawin kucing selanjutnya dan melakukan sterilisai ataupun upaya antipasi pada masa kawin kucing agar kucing tak hamil lagi.

Mengetahui kapan masa kawin kucing setelah melahirkan juga biasa di lakukan cat lovers yang memang memelihara kucing di rumah untuk di jual. Mereka perlu tahu waktu siklus kawin atau birahi kucing betina selanjutnya setelah kucing selesai melahirkan.


Kapankah Masa Kawin Kucing Setelah Melahirkan

Berapa lamakah jarak sejak kucing melahirkan hingga bisa hamil kembali ? Atau berapa lamakah waktu yang di butuhkan kucing untuk masuk ke dalam masa kawin setelah kucing melahirkan ? Banyak yang melontarkan pertanyaan serupa dengan alasan mereka ingin segera mensterilkan kucing, tapi terhalang oleh kucing yang masih dalam kondisi menyusui anaknya.

Kucing dapat hamil lagi ketika ia melakukan perkawinan dengan kucing jantan lainnya dalam masa birahi. Kucing betina akan memasuki masa birahinya saat ia telah selesai menyusui anaknya dalam kurun waktu 1 sampai 2 bulanan. Setelah ia selesai menyusui anaknya lalu kucing betina akan bisa hamil lagi.

Jadi butuh waktu sekitar 5 sampai 8 mingguan pasca melahirkan agar kucing dapat memasuki masa kawin dan siklus birahi. Saat kucing birahi akan muncul beberapa pertanda ataupun ciri khusus.

Untuk mengetahui ciri kucing birahi yang sudah masuk dalam masa kawin, kamu bisa mengetahuinya dengan mengklik di sini.

Mensterilkan kucing memang perlu di lakukan namun di sarankan untuk tidak segera di lakukan setelah kucing melahirkan. Karena hormon kucing ( dalam bentuk asi) masih di perlukan kucing untuk pertumbuhan bayi-bayinya. Sebaiknya induk kucing yang hendak di sterilkan, di sterilkan setelah anak kucing mandiri ( sudah di sapih dan tak menyusui lagi ).

Bagi kamu yang tak paham arti di sapih, artinya adalah kucing sudah mulai beralih dari susu induknya ke sumber makanan lainnya. Peralihan ini terjadi secara perlahan-lahan. Mulai dari anak kucing yang mulai makan sedikit makanan lain seperti ikan ( yang sudah di masak dan tanpa duri ). 

Kemudian mengkonsumsi susu dan makanan lain secara seimbang dan lambat laun kucing sudah tak menyusu pada induknya lagi dan bisa makan-makanan seperti wet food ataupun dry food. Biasanya ini membutuhkan sekitar 8 mingguan sesudah kucing melahirkan.

Kucing yang sudah di bisa mandiri dan bisa makan sumber makanan lainnya biasanya akan di tolak induknya ketika mereka hendak menyusui lagi. 

Di saat kucing tak mau di susui ibunya ketika ia baru saja berumur berapa mingguan dan hanya bisa menyusu saja maka kamu bisa memberikan susu alternatif untuk anak kucing. Baca susu alternatif untuk bayi kucing di sini.


Bagaimana Cara Mencegah Kucing Betina Yang Ingin Kawin Dan Agar Tak Hamil ?

Setelah kita mengetahui kapan kucing yang melahirkan akan mulai ingin kawin lagi, kita perlu melakukan pencegahan agar kucing tak hamil lagi bila ia telah memasuki masa kawin. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar kucing betina tak hamil, beberapa di antaranya yakni :

1. Sterilkan Kucing

Akan merepotkan ketika kucing terus-terusan hamil dan punya banyak anak. Karena pastinya kita akan kerepotan mengurusi dan menyediakan kebutuhan kucing. Salah satu cara yang umum di lakukan untuk mencegah kucing betina agar tak kawin serta hamil adalah mensterilkannya.

Kucing betina yang telah melalui sterilisasi biasanya akan kehilangan birahinya dan cenderung lebih tenang. Kucing tak akan lagi memiliki niatan untuk kawin lagi. Kucing juga tak akan bisa hamil lagi walaupun kucing tanpa sepengetahuan kita di kawini kucing liar lainnya.

Untuk mensterilkan kucing cukup mudah, cukup sediakan uang sebesar 400 ribuan dan bawa kucing ke dokter hewan yang ada dikotamu. Lama waktu proses steril kucing betina biasanya akan memakan waktu sekitar 60 menitan. Saat proses berlangsung kamu dapat meninggalkan kucingmu pergi berbelanja atau melakukan kegiatan lainnya.

Biaya steril kucing antar satu kota dengan kota lainnya mungkin berbeda. Bisa jadi di kota saya harganya adalah sekitar 400 ribuan tetapi di kota lain 450 sampai 500 ribuan untuk satu ekor kucing betina. Harga pensterilan pun berbeda tergantung jenis ras kucing.

Sementara untuk kucing jantan biayanya lebih murah dari kucing betina yakni sekitar 300 ribuan sementara untuk kucing jantan butuh biaya sekitar 300 ribuan. Perlu kamu ketahui setelah kucing di steril, ia seumur hidupnya tak akan bisa berkembang biak dan mempunyai anak.

Cara berkembang biak kucing bagaimana sih, simak penjelasannya dengan mengklik di sini.


2. Berikan Kucing Obat Penurun Birahi

Bila kamu sedang tak ada biaya ataupun tak ingin kucing di steril sebab alasan tertentu. Kamu bisa menggunakan alternatif lain yakni menggunakan obat penurun birahi kucing. Obat ini bekerja dengan cara menekan, menghilangkan, ataupun mengatasi birahi kucing. Obat ini ini akan menekan ataupun menurunkan libido ( gairah kawin ) pada kucing.

Obat ini dapat dengan mudah kamu temukan serta beli di petshop ataupun toko online. Obat penurun birahi ini sendiri di jual seharga 25.000 untuk obat ukuran 5 ml. Untuk takaran dosisnya sendiri di sesuaikan dengan berat badan tubuh kucing dan hanya di berikan sekali dalam sebulan saja.

 

3. Kurung Kucing

Kurung kucing dalam ruang tertentu. Ini di lakukan supaya bau aroma yang keluar dari kelamin kucing betina tak menarik kedatangan pejantan lainnya, juga agar kucing jantan lainnya tak bisa menyentuh atau mengawini kucing betina. Usahakan juga kandang ataupun ruangan yang mengurung kucing di atur agak hangat agar kucing tak berisik dan bisa segera melewati musim kawinnya.

Ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kucing betina kawin dan hamil. Untuk cara selengkapnya mencegah kucing agar tak kawin dan hamil bisa kamu baca dengan mengklik di sini.

 

Demikan pembahasan mengenai kapankah kucing kawin lagi setelah melahirkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url