close

5 Cara Mengobati Kucing Sakit Kaki

Bagi kita pecinta hewan sangat senang sekali melihat hewan kesayangan kita aktif dan bergerak ke sana kemari. Hal ini terutama bagi pecinta kucing adalah hal yang bisa membuat pemiliknya tenang sebab merasa kucing kesayangannya dalam keadaan sehat.

 

Cara Mengobati Kucing Sakit Kaki
Foto Kucing Yang Sedang Sakit Kaki

 

Ini berbanding terbalik jika kucing menjadi tak aktif karena kakinya terluka dan kucing menjadi lebih pendiam. Pemilik akan merasa iba dan berusaha sebisa mungkin mencari cara mengobati kaki kucing yang sakit.

Bahkan jika itu bukanlah kucing peliharaannya melainkan kucing liar maka cat lover pun pastinya tetap berusaha mengobati kaki kucing semampunya agar kucing bisa berjalan dengan normal atau minimal kaki kucing tak sakit serta bisa sembuh sendiri seiring berjalannya waktu.

Lalu bagaimanakah cara mengobati kucing yang sakit kaki tersebut ? Bagi Good Readers yang penasaran ingin tahu bagaimana cara mengobatinya maka silahkan baca penjelasan Anggora di bawah ini sampai selesai.

 

5 Cara Mengobati Kucing Sakit Kaki

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati kaki kucing yang sakit secara mandiri. Tetapi untuk mengobati secara mandiri kaki kucing kita perlu tahu terlebih dahulu bagaimana keadaan kaki kucing yang sedang sakit.

Jika kaki kucing yang sakit dirasa hanyalah sakit kaki ringan maka akan mudah bagi kita untuk mengobatinya namun jikalau sakit kaki tergolong parah maka tiada salahnya kita membawa kucing berobat ke orang yang lebih ahli seperti dokter hewan.

Beberapa cara mengobati kucing yang sakit kaki namun sakitnya tergolong ringan adalah sebagai berikut ini :

1. Mencari Benda Asing Yang Membuat Kaki Kucing Terluka

Hal yang pertama kali yang mesti kita lakukan di kala kaki kucing peliharaan kita terluka adalah mencari apakah ada benda asing yang menempel di kaki kucing kita. Benda asing ini dapat berupa duri, paku, tulang, serpihan kayu tajam, kaca dan benda sejenisnya.

Ketika kamu menemukan ada benda asing yang menempel dan membuat kaki kucing terluka maka selanjutnya cukup menyingkirkan benda-benda tersebut. Cobalah untuk menyingkirkan benda tersebut secara perlahan dan hati-hati agar tak lebih melukai kaki kucing.

Bila di rasa kesulitan melepasnya maka mintalah bantuan dokter hewan. Setelah benda yang melukai kaki kucing terlepas, bersihkan luka dengan sabun anti bakteri. Lalu gunakan garam Epsom yang telah di campur air hangat untuk merendam kaki kucing.

Dengan merendam kaki kucing dengan air hangat campur garam, ini bisa membantu meredakan pembengkakan pada kaki kucing. Setelah di rasa cukup lama merendam kaki kucing kemudian keringkan kaki kucing lalu oleskan salep antibiotik

Selain bisa membuat kaki kucing terluka ternyata benda asing juga bisa membuat gigi taring kucing patah. Baca penyebab gigi taring kucing patah selengkapnya dengan mengklik di sini.


2. Rendam Kaki Kucing Yang Terluka Dengan Es Batu

Setelah di periksa dan ternyata tidak ada benda asing yang menempel dan melukai kaki kucing, yang ada hanyalah bengkak pada kaki maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk mengobati kaki kucing adalah dengan cara mengompress kaki dengan es batu.

Kompress kaki yang mengalami pembengkakan selama kurang lebih 15 menitan, lakukan dua kali dalam sehari. Cara ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi pada darah supaya pembengkakan mengecil serta membantu mempercepat proses penyembuhan kaki kucing yang mengalami bengkak.


3. Jika Kaki Kucing Bernanah, Rendam Dengan Air Hangat Di Campur Garam Epsom

Jika ternyata kamu tak menemukan luka juga tak menemukan bengkak dan hanya menemukan nanah pada kaki kucing maka cobalah merendam kaki kucing yang bernanah tersebut dengan merendam memakai air hangat yang telah di campur sebelumnya dengan garam Epsom.

Ini akan membantu luka nanah mengempis. Tetapi bila mana nanah tidak mengempis dan malah pecah maka bersihkan luka sebersih mungkin kemudian berikan antibiotik. Jaga agar kucing tak menjilat atau menggigiti kaki yang terluka agar luka tak semakin parah.

Selalu perhatikan kondisi kaki kucing, jika kakinya membaik maka kamu bisa bernafas lega. Namun jikalau kondisi kakinya malah semakin parah maka segeralah bawa kucing ke dokter hewan untuk segera di tangani dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Air hangat juga bisa di gunakan untuk mengatasi panas pada kucing. Lihat cara menurunkan panas pada kucing selengkapnya di sini.

 

4. Masukkan Kucing Ke Dalam Kandang

Memasukkan kucing ke dalam kandang adalah salah satu cara untuk mempercepat pengobatan kaki kucing. Dengan di masukkannya kucing ke dalam kandang, gerakan kucing secara langsung akan di batasi.

Ini membuat kucing tidak bergerak sembarangan yang mana bisa berakibat membuat luka ataupun bengkak pada kaki kucing semakin parah. Oh iya selama kucing di dalam kandang, sediakan makan dan minumnya dengan cukup.

Lebih baik lagi jika makanan yang di berikan adalah makanan khusus untuk penyembuhan seperti Royal Canin Recovery dan sejenisnya. Jangan lupa juga untuk menaruh litter box di dalam kandang agar kucing bisa membuang pup dan pipisnya.

 

5. Membawa Kucing Ke Dokter Hewan

Nah cara terakhir yang bisa kamu lakukan setelah mecoba beberapa cara di atas adalah membawa kucing berobat ke dokter hewan. Cara ini merupakan cara termudah dan lebih menjamin kaki kucing lebih cepat sembuh di bandingkan cara lainnya di atas.

Hanya saja jika menggunakan cara ini kita perlu mengeluarkan sedikit uang untuk berobat ke dokter hewan. Cara ini juga merupakan opsi terakhir jika kaki kucing yang sakit ringan tak kunjung sembuh atau malah semakin parah.

Baca juga cara memijat kaki kucing yang sakit di sini.

 

Apakah Cara Ini Efektif Mengobati Kaki Kucing Yang Sakit ?

Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengobati kaki kucing yang sedang sakit ringan. Ingat ya hanya efektif untuk kaki kucing yang sakit ringan, untuk kasus kaki kucing yang sakit parah seperti sakit akibat kecelakaan, infeksi virus, gangguan saraf maka cara di atas tak akan efektif.

Anggora sendiri pernah menerapkan beberapa cara di atas dan hasilnya kaki kucing peliharaan berhasil sembuh. Kucing bisa berjalan kembali dengan normal dan berlarian kesana kemari seperti sebelumnya saat ia sehat.

 

Cara Di Atas Vs Pengobatan Dokter Manakah Yang Lebih Baik ?

Dari sisi manapun di lihat pengobatan dengan dokter jauh lebih baik di bandingkan dengan mengobati secara mandiri di rumah. Meskipun begitu, jika penyakit kaki kucing hanya sakit ringan dan kita dapat mengobatinya secara mandiri di rumah maka tidak ada salahnya kita mencoba mengobatinya sendiri.

Tapi perlu di ingat bahwa jika pengobatan kaki kucing secara mandiri gagal di lakukan dan kondisi sakit kaki kucing bukannya membaik malah semakin parah maka di sarankan sebaiknya membawa kucing berobat ke dokter hewan.

Baca juga penyebab kaki belakang kucing lemah dengan mengklik di sini.

Itulah beberapa cara mengobati kaki kucing yang sakit. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu memahami mengenai cara yang tepat untuk mengobati sakit ringan pada kaki kucing, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.


Tags : cara mengobati kucing yang kakinya sakit

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url