close

Kucing Persia Hamil Berapa Lama ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kucing Persia ialah kucing ras yang berasal dari Iran serta Turki. Kucing tipe ini identik dengan badannya yang pendek, wajah bundar, kuping kecil yang berdekatan serta yang sangat menonjol di antara ciri lainnya adalah hidung peseknya.

 

Kucing Persia Hamil Berapa Lama
Foto Kucing Persia Yang Telah Hamil Beberapa Lama

 

Serupa dengan kucing yang lainnya kucing ras yang satu ini pun dapat hamil kemudian melahirkan. Tetapi yang membedakan kucing ini dengan kucing lainnya adalah kucing Persia cuma dapat hamil pada saat kucing berumur 10 bulan ke atas.

Sebagian kucing Persia memang ada yang bisa hamil meskipun usianya belum cukup 10 bulan tetapi kehamilan ini adalah kehamilan yang beresiko dan tidak aman. Sebab kucing yang hamil di usia muda seringkali menjadi faktor tingginya kematian anak kucing.

Nah membahas mengenai kehamilan kucing, ada banyak di antara kita yang mungkin belum tahu sama sekali berapa lama kucing Persia hamil. Berapa lama sih kucing Persia hamil ? Simak jawabannya pada tulisan Anggora di bawah ini.


Kucing Persia Hamil Berapa Lama ? 

Berapa lama sih kucing Persia hamil ? Masa hamil kucing Persia bisa di bilang sama saja dengan kucing ras jenis lainnya. Biasanya kucing Persia akan hamil selama 2 bulanan sebelum melahirkan. Berkisar antara 62-67 hari lebih tepatnya.

Kucing Persia umumnya akan mengandung sekitar 3-4 anak kucing tetapi tak jarang beberapa kucing Persia akan mengandung 6 anak sekaligus dalam satu masa kehamilan. Setelah melewati 2 bulan, kucing Persia  akan melahirkan kemudian akan masuk ke tahap menyusui anaknya.

Kucing akan menyusui anaknya selama sekitar 60 hari. Ketika anak kucing mulai menyapih ( beralih dari ASI ) dan bisa makan-makanan lainnya selain Asi, induk kucing akan mulai berhenti menyusui anaknya.

Selain karena anak kucing sudah mampu makan-makanan lain, induk kucing berhenti menyusui anaknya sebab merasa putingnya sakit ketika menyusui anak-anaknya. Rasa sakit ini timbul akibat gigitan gigi anak kucing gigi yang mulai tumbuh.

Berhentinya induk kucing menyusui anaknya juga merupakan pertanda bahwa induk kucing siap kawin lagi. Tak cuma siap kawin saja tetapi induk kucing Persia yang telah berhenti menyusui anaknya pun akan bisa hamil lagi.

Jika kamu tak ingin memiliki terlalu banyak kucing, sebaiknya segera lakukan sterilisasi di saat kucing telah berhenti menyusui anaknya.

Baca juga 8 makanan yang tak boleh di makan oleh kucing Persia kesayangan dengan mengklik di sini.


Ciri-Ciri Kucing Persia Sedang Hamil

Tak jarang beberapa dari kita cat lover salah mengira kucing sedang hamil padahal kucing bukanlah hamil melainkan tubuhnya semakin besar dan gendut. Agar tak lagi salah mengira serta bisa membedakan antara kucing Persia gendut dan hamil maka kita perlu tahu ciri-ciri kucing Persia hamil.

Kucing Persia hamil umumnya akan menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Kucing yang tadinya biasa-biasa saja atau cuek kini menjadi lebih manja

  • Sering mendengkur di saat tubuhnya kita usap

  • Perut kucing setiap harinya terlihat semakin membesar

  • Porsi makan kucing meningkat

  • Kucing sering kali muntah

  • Warna puting berubah

  • Menjadi malas bergerak

  • Lebih banyak menghabiskan waktunya untuk duduk, berbaring ataupun tidur

 

Bolehkah Kucing Persia Yang Sedang Hamil Dimandikan ?

Kucing Persia yang hamil boleh di mandikan, namun dalam memandikan kucing kita harus hati-hati dan memperhatikan beberapa hal penting sebelum mulai memandikan kucing. Hal penting pertama yang mesti kita perhatikan adalah kucing yang di mandikan adalah kucing yang hamil muda.

Yakni kucing yang masa kehamilannya di bawah satu bulanan. Memandikan kucing ini jauh lebih mudah dan tak begitu beresiko jika di bandingkan dengan memandikan kucing yang usia kehamilannya sudah cukup tua.

Ini karena kucing yang yang hamil tua memiliki bobot tubuh yang lebih berat juga tingkat stress yang cukup tinggi. Kita akan kesulitan memandikan kucing karena tubuh beratnya juga karena tinggi kemungkinan kucing panik lalu berontak.

Kucing hamil tua yang berontak saat di mandikan bisa membuat perutnya terbentur secara tak sengaja ke dinding ataupun lantai kamar mandi. Jika ini terjadi maka calon bayi yang ada dalam kandungan dapat berada dalam bahaya.

Hal penting kedua yang mesti di perhatikan adalah cara memandikan kucing. Untuk kucing hamil muda cara memandikannya sama saja dengan memandikan kucing yang tak hamil. Hanya saja dalam memandikan kucing kita perlu lebih hati-hati dan lebih lembut dalam memandikannya.

Sementara untuk kucing hamil tua, memandikan kucing cukup dengan membersihkan tubuhnya dengan memakai kain lap bersih yang telah di basahi air hangat. Gunakan kain lap yang telah di basahi tersebut untuk membersihkan bagian tubuh kucing yang di rasa kotor.

Setelah tubuh kucing benar-benar bersih maka selanjutnya tinggal mengeringkan tubuh kucing dengan menggunakan hair dryer hingga benar-benar kering.

Cara selengkapnya tentang memandikan kucing yang sedang hamil bisa kamu lihat di sini.


Ketika Kucing Persia Hamil Apa Yang Harus Kita Lakukan ?

Sewaktu kucing hamil sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan agar kucing peliharaan kita beserta calon bayinya tetap sehat hingga waktu melahirkan. Beberapa hal yang bisa di lakukan antara lain : 

  • Memandikan kucing

  • Menyediakan makanan yang bernutrisi dan minuman yang cukup

  • Mengawasi kondisi kesehatan kucing selama masa kehamilan kucing

  • Menjaga keamanan kucing
  • Menjaga kucing agar tak sembarangan bergerak

  • Mencegah kucing memakan atau meminum benda-benda berbahaya

  • Ketika kucing sakit, sesegera mungkin membawanya untuk berobat ke dokter hewan.


Jika Kucing Hamil Jatuh Sakit Apa Tindakan Kita ?

Tindakan yang mesti kita lakukan adalah membawa kucing sesegera mungkin ke dokter hewan. Ini karena ketika kucing hamil jatuh sakit dan tak segera di obati maka hal ini bisa mengancam keselamatannya dan juga anak yang di kandungnya.

Karena itulah sangat tidak di sarankan untuk mengobati kucing hamil secara mandiri di rumah. Jadi, jika kucing Persia kamu yang sedang hamil sakit, bawalah sesegera mungkin ke dokter hewan agar ia segera sembuh.

Ketahui 7 ciri mencolok pada kucing Persia Medium Short Hair dengan mengklik di sini.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai berapa lama masa kehamilan kucing persia. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu tahu berapa lama kucing persia hamil dan hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan kucing Persia

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url