close

Apakah Sakit Mata Pada Kucing Bisa Sembuh Sendiri ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki bola mata indah, terang dan menarik. Tetapi hal tersebut akan berbeda jika mata kucing sakit. Mata kucing akan berubah menjadi merah, berair, tertutup selaput mata bahkan tertutup selaput tertia ( selaput putih ).

 

Apakah Sakit Mata Pada Kucing Bisa Sembuh Sendiri
Mata Kucing Yang Sehat Tanpa Adanya Penyakit Mata

 

Mata kucing yang sakit akan jauh berubah drastis di bandingkan sebelumnya. Selain akan membuat mata kucing menjadi tak sedap di pandang, mata kucing yang sakit juga akan menyebabkan kucing kesayangan kita merasakan tak nyaman dan lebih sering tertidur.

Lalu apakah sakit mata pada kucing bisa sembuh sendiri ? Beberapa di antara kita yang kucingnya sakit pasti pernah penasaran akan hal ini. Untuk mengetahui jawabannya, Good Raeders dapat menyimak tulisan Anggora yang ada di bawah ini.

 

Jenis Penyakit Mata Pada Kucing

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kita bahas sedikit mengenai jenis penyakit mata pada kucing. Penyakit yang menyerang mata kucing umumnya ada 3 yakni : Konjungtivitas, Infeksi Mata dan Glaukoma.

1. Konjungtivitas

Penyakit mata kucing pertama yang umum terjadi pada mata kucing adalah konjungtivitas. Konjungtivitas adalah radang yang terjadi pada selaput lendir dalam kelopak mata dan luar mata. Peradangan ini membuat mata kucing memerah atau berwarna seperti merah muda.

Konjungtivitas pada kucing sama dengan yang terjadi pada manusia dan keduanya sama-sama menular. Kucing yang mengalami masalah konjungtivitas biasanya memiliki gejala atau ciri-ciri sebagai berikut : 

  • Mata kucing kotor

  • Mata kucing memerah

  • Mata kucing seperti terlihat bengkak

  • Kotoran mata bisa berwarna jernih, abu-abu, kuning, hijau dan sejenisnya

  • Bisa terjadi pada satu mata atau kedua mata

  • Kadangkala di sertai bersin, keluar cairan hidung dan penyakit saluran pernapasan atas

Konjungtivitas merupakan salah satu sebab mata kucing tertutup selaput putih. Lihat penyebab lain mata kucing tertutup selaput putih dengan mengklik di sini.

 

2.Infeksi Mata

Penyakit mata selanjutnya yang ada pada kucing adalah infeksi mata. Infeksi ini bisa di sebabkan oleh serangan bakteri atau virus dan infeksi ini terjadi akibat infeksi saluran pernapasan atas yang menyebar ke mata kucing.

Apakah infeksi ini menular ? Infeksi ini bisa atau tidak menyebar berdasarkan penyebabnya. Kucing yang menderita infeksi mata biasanya akan memiliki gejala atau ciri-ciri sebagai berikut :

  • Sering kali menggosok mata dengan tangannya

  • Sering mengecilkan atau menyipitkan matanya

  • Mata kucing bengkak

  • Mata kucing memerah

  • Mata kucing berair

  • Kadangkala kucing yang terinfeksi bisa sering bersin dan hidung mengeluarkan cairan

 

3. Glaukoma

Yang terakhir adalah glaukoma. Glaukoma termasuk penyakit mata yang bisa terjadi pada kucing. Penyakit mata ini biasanya di sebabkan oleh banyaknya cairan yang menumpuk pada mata. Penumpukan ini kemudian menyebabkan tekanan pada mata.

Pada kondisi yang parah penyakit ini dapat membuat mata kucing cacat permanen akibat kebutaan. Gejala atau ciri yang umumnya ada pada kucing yang menderita glaukoma seperti :

  • Sering menggosok mata dengan tangannya

  • Mata kucing memerah

  • Mata kucing berair

  • Sering mengeong

  • Bila penyakit sangat parah, bola mata akan tampak membengkak

Baca juga penyebab keluarnya lendir dari mulut dan hidung kucing di sini.


Apakah Sakit Mata Pada Kucing Bisa Sembuh Sendiri ?

Umumnya sakit mata pada manusia dapat sembuh dengan sendirinya jika penyakitnya ringan tetapi apakah hal serupa juga terjadi pada mata kucing. Jawabannya adalah iya, jika penyakit yang menyebabkan sakit mata pada kucing adalah infeksi akibat bakteri ataupun virus dan karena abu.

Hanya saja, kucing yang matanya bisa sembuh sendiri adalah kucing dengan tingkat imunitas yang tinggi dan tentu saja hanya ada beberapa kucing yang memiliki imunitas yang tinggi ini. Karena itulah kebanyakan kucing yang matanya sakit, tak bisa sembuh dengan sendirinya.

Kucing-kucing sakit mata ini perlu di bantu untuk sembuh dengan memberikan obat antivirus bila penyebab sakit matanya adalah infeksi virus dan memberikan obat antibiotik jika infeksi matanya adalah akibat bakteri.

Sebab jika tidak di bantu dengan obat, di khawatirkan mata kucing yang telah terinfeksi akan semakin parah dan bahkan di khawatirkan mata kucing bisa mengalami kebutaan. Salah satu  penyakit mata kucing yang berbahaya serta bisa menyebabkan kebutaan adalah Glaukoma.

Seperti telah di jelaskan di atas Glaukoma adalah sakit mata pada kucing yang terjadi akibat adanya penumpukan cairan berlebih pada mata yang menyebakan tekanan pada mata. Penyakit ini akan menimbulkan perasaan tak nyaman dan mengganggu bagi si kucing penderita.

Jika penyakit ini tak serius di obati dan di biarkan begitu saja maka besar kemungkinan kucing penderita akan mengalami kebutaan atau cacat mata permanen.


Lalu Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Mata Kucing Yang Sakit ?

Untuk mengobati mata kucing yang sakit bisa kamu lakukan secara mandiri, sebab saat ini banyak sekali jenis obat untuk mata kucing yang di jual di pet shop ataupun toko online. Umumnya obat mata kucing ini di jual di pasaran mulai dengan harga 15 ribu rupiah hingga 25 ribu rupiah ke atas.

Tetapi sebelum mengobati mata kucing dengan obat mata tertentu, pastikan bahwa kamu membeli obat yang tepat untuk mata kucing. Jikalau tidak, mata kucing tak akan bisa sembuh meskipun kamu menggunakan obat mata kucing yang mahal sekalipun.

Yang ada justru mata kucing malah semakin parah. Jadi pastikan bahwa kamu membeli obat yang tetap dan juga ketika sesudah di obati ternyata kucing tak kunjung sembuh atau penyakit matanya malah semakin parah maka sebaiknya segera membawa kucing peliharaan kamu ke dokter hewan.

Memang mesti ada uang yang harus di keluakan untuk biaya berobat ke dokter hewan. Namun, ini lebih baik di bandingkan membiarkan kucing teus menderita penyakit mata. Yang mana jikalau penyakitnya semakin parah maka mata kucing bisa buta.

Sewaktu berobat ke dokter hewan biasanya dokter akan memeriksa penyakit kucing, menanyai beberapa hal mengenai kucing kemudian dokter akan meresepkan obat-obatan dan antibiotik. Terkadang dokter akan memberikan suntikan jika merasa itu di butuhkan.

Baca juga 8 penyebab kucing takut melihat seseorang dengan mengklik di sini.


Rekomendasi Obat Mata Untuk Kucing

Bagi kamu yang ingin mengobati mata kucing kamu yang sakit secara mandiri di rumah, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi obat mata kucing oleh Anggora yang ada di bawah ini :

  • Gentamicin

  • Erlamycetin

  • PetAlive Eye-Heal Drops

  • Blue Bay Eye Vita

  • Trixin Cat

  • Terramycin

  • Pet Eye Drops

 

Itulah pembahasan mengenai apakah sakit mata pada kucing bisa sembuh dengan sendirinya dan hal yang berkaitan dengannya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu menjawab rasa penasaran kamu dan membantu kamu dalam mengambil tindakan yang tepat untuk kucing peliharaan yang sedang sakit mata serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url