close

3 Obat Herbal Untuk Kucing Tidak Bisa Kencing

Salah satu masalah gangguan kesehatan yang sering kali kucing alami adalah kucing kesulitan buang air kecil alias tidak bisa kencing. Ketika ini terjadi sering kali membuat kucing menjadi merasa terganggu, tak nyaman bahkan merasakan rasa sakit.

 

Obat Herbal Untuk Kucing Tidak Bisa Kencing
Foto Kucing Tidak Bisa Atau Sulit  Kencing

 

Untuk nafsu makan kucing sendiri sepertinya tidak mengalami masalah penurunan untuk tahap awal masalah gangguan ini namun untuk masalah yang lebih berat, kucing biasanya akan kehilangan nafsu makan juga semangat hidupnya.

Pada saat ini terjadi, sebagai pemilik tentunya kita akan merasa khawatir akan kondisi kesehatan kucing. Kita juga akan berusaha mencari cara untuk mengobati sobat bulu kesayangan kita. Baik itu mengbati dengan cara alami maupun dengan obat-obatan kimia.

Pada kesempatan kali ini Anggora akan berbagi informasi mengenai beberapa jenis obat herbal yang bisa di berikan untuk mengobati masalah kucing susah kencing dan membahas hal-hal yang berkaitan dengan hal ini.

Bagi Good Readers yang ingin tahu apa saja sih obat herbal untuk kucing yang susah buang air kecil, kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak penjelasan Anggora di bawah ini.


Penyebab Kucing Tidak Bisa Kencing

Membahas sedikit mengenai masalah kucing sulit kencing, ada beberapa penyebab mengapa hal ini bisa terjadi pada kucing. Sulit kencing pada kucing sering kali di sebabkan oleh FLUTD ( Feline Lower Urinary Tract Disease) atau dahulu dikenal dengan sebutan FUS ( Feline Urinary Syndrome ).

Penyakit ini bisa terjadi pada kucing berjenis kelamin jantan maupun betina tetapi penyakit ini lebih sering terjadi pada kucing jantan sebab kecilnya uretra dan memiliki saluran yang mengecil sehingga penyumbatan pada saluran kemih kucing jantan lebih mudah terjadi.

 

Ciri - Ciri Kucing Yang Kesulitan Buang Air Kecil

Sebelum memberikan obat herbal untuk kucing perlu bagi kita untuk terlebih dahulu memastikan apakah benar kucing tidak bisa kencing. Caranya bisa di lakukan dengan melihat ciri-ciri tertentu yang di tunjukkan oleh kucing. Ciri-cirinya antara lain :

  • Kucing tampak cemas dan terlihat tak nyaman

  • Kucing lesu dan kurang semangat

  • Ketika ini sudah agak parah biasanya kucing tak akan mau makan

  • Kucing terlihat susah buang air kecil tetapi tak kesulitan buang air besar

  • Kucing berusaha kencing tetapi tak ada air urin yang keluar

  • Kucing seringkali mondar-mandir ke litter box untuk buang air kecil

  • Pada kasus yang parah, urin akan keluar bersama darah ketika kucing kencing


Kucing yang memiliki minimal 5 ciri di atas pada dirinya, bisa di pastikan bahwa kucing benar-benar sedang mengalami masalah tidak bisa kencing atau sulit buang air kecil.

Kucing kamu sering pipis sembarangan ? Baca penyebab dan cara mengatasinya dengan mengklik di sini.

 

3 Obat Herbal Untuk Kucing Tidak Bisa Kencing

Setelah kita yakin bahwa kucing ternyata benar-benar mengalami masalah tidak bisa kencing maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengobatan. Pengobatan bisa di lakukan dengan menggunakan obat herbal alami.

Beberapa obat herbal yang bisa membantu mengatasi masalah kucing sulit kencing adalah sebagai berikut :

1. Kumis Kucing

Obat herbal pertama yang bisa kamu gunakan sebagai obat alami untuk kucingmu adalah kumis kucing. Obat yang satu ini banyak di jual di apotek. Jika kamu ingin membelinya cukup katakan bahwa kamu hendak membeli obat herbal ekstrak kumis kucing.

Untuk harganya sendiri kamu tak perlu khawatir sebab obat ini di jual dengan harga yang terjangkau. Mungkin di sekitar harga 15 ribuan sampai 35 ribuan. Selain murah, obat ini pun juga aman di berikan ke kucing sebab merupakan obat alami yang terbuat dari tanaman kumis kucing.

Obat ini memiliki manfaat mengobati infeksi pada saluran kandung kemih juga bermanfaat untuk menurunkan gula. Obat ini bisa di berikan berdasarkan anjuran dokter. Jika memberikan kucing obat kumis kucing, seringlah memberikan kucing air minum.

Selain bisa di gunakan untuk kucing, kumis kucing juga merupakan obat yang bisa di gunakan pada manusia

Kumis kucing di India biasanya di pakai buat apa sih ? Cari tahu jawabannya di sini.


2. Vescica

Obat herbal yang kedua yang bisa kamu berikan pada kucing kamu yang susah buang air kecil adalah Vescica. Vescica merupakan obat herbal yang bisa menyelesaikan masalah kucing yang satu ini dan terbilang cukup ampuh.

Vescica memiliki manfaat mengobati susah kencing, pipis berdarah, kencing keluar sedikit-sedikit dan infeksi pada saluran kemih kucing. Dosis penggunaannya cukup dengan 2 kapsul yang di berikan tiap hari. Berikan pada saat pagi dan malam hari.

Nah untuk obat Vescica dapat kamu beli di pet shop di kota kamu tinggal atau bisa kamu beli melalui toko online. Harga obat Vescica isi 30 kapsul umumnya di jual dengan harga 50 ribuan. Harga ini sepadan dengan jumlah obat serta manfaat yang di berikan pada kucing.

 

3. Stop Urinary

Obat herbal selanjutnya untuk kucing yang tidak bisa kencing adalah urinary. Obat ini merupakan obat yang di formulasikan untuk mengatasi masalah kemih pada kucing seperti radang, infeksi, susah buang air kecil dan masalah lainnya yang berkaitan dengan masalah kemih.

Yang mana obat ini juga terbuat dari herbal alami seperti Pumpkin Seed, Glucosamine,  Cranberry, dan Dandelion Leaf. Tak hanya itu obat ini juga mengandung astragalus root serta marshmallow. Sama seperti Vescica obat ini bisa dengan mudah kamu beli di pet shop ataupun toko online.

Obat ini bisa kamu beli dengan harga berkisar 15 hingga 20 ribuan untuk ukuran 30 ml. Harga bervariasi tergantung di mana kamu tinggal. Untuk mengobati kucing dewasa teteskan 8 hingga 12 tetes sementara untuk kucing kecil gunakan  4 hingga 6 tetes.

Baca juga 10 penyebab bulu kucing rontok di sini.

 

Agar Obat Lebih Mujarab Lakukan Juga Beberapa Cara Ini

Bersamaan dengan memberikan beberapa obat herbal yang Anggora rekomendasikan di atas, kamu juga dapat melakukan beberapa hal lain agar efek obat semakin mujarab. Cara ini mampu membantu kamu dalam mengatasi masalah sulit kencing pada kucing kamu.

Apa saja caranya dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Cukupi Kebutuhan Minum Kucing

Masalah kucing susah kencing sebenarnya seringkali di sebabkan kurangnya kucing dalam mengkonsumsi air. Karena itulah penting untuk kita pemilik kucing untuk menyediakan kebutuhan minum kucing setiap harinya.

Sediakan mangkuk khusus minum tepat di samping mangkuk makan kucing untuk memudahkan kucing menemukan minumannya. Pastikan juga minuman yang kita berikan adalah air putih yang telah di masak matang.

Ini kita lakukan agar kucing tak terserang parasit berbahaya dalam air mentah. Untuk kucing yang sangat sulit atau malas minum, kamu bisa menggunakan makanan yang mengandung banyak cairan seperti wet food sebagai pengganti untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kucing.

Jika kucing susah minum, cari tahu cara mengatasinya di sini.


2. Berikan Kucing Makanan Yang Tinggi Serat

Bukan cuma di sebabkan kurangnya kucing minum, kurangnya serat makanan juga bisa membuat kucing sulit kencing. Seperti yang kita tahu bahwa makanan tinggi serat mampu mengatasi masalah seperti sembelit.

Makanan ini juga bisa membantu mengatasi masalah susah kencing pada kucing. Jadi, cobalah untuk memberikan kucing makanan tinggi serat. Makanan instant kucing seperti wet food juga dry food umumnya tinggi akan kandungan serat.

 

3. Buat Kucing Aktif Bergerak

Ajak kucing untuk lebih banyak bergerak, aktivitas seperti bermain dengan kucing dan jalan-jalan dengan kucing bisa kamu lakukan untuk memaksa atau mempengaruhi kucing kesayangan kamu agar lebih banyak bergerak.

Kucing sempoyongan ketika aktif bergerak ? Ketahui apa sebabnya dengan mengklik di sini.  

 

Mungkin itu saja beberapa obat yang bisa kamu berikan untuk mengatasi masalah kucing susah kencing dan beberapa cara yang bisa membantu kucing agar lebih mudah kencing. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu mengatasi masalah kemih pada kucing kamu.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url