close

4 Tindakan Pertolongan Untuk Kucing Terinjak Oleh Manusia

Kadang kala ada masanya di mana kita menginjak kucing. Bukannya karena kita berniat buruk dan ingin menyakiti kucing tetapi kita tak sengaja menginjak kucing. Ketidak sengajaan ini terjadi di karenakan kucing senang tidur di sembarang tempat.

 

Pertolongan Untuk Kucing Terinjak Oleh Manusia
Foto Kucing Yang Merasa Sakit Dan Takut Setelah Terinjak Oleh Manusia

 

Ini juga terjadi akibat kucing hobi bermain serta berlarian di antara kaki pemiliknya atau orang-orang yang di anggap sebagai bagian dari keluarganya. Sewaktu kita tak sengaja menginjak kucing hal ini tentunya akan menyebabkan trauma baik bagi pemilik maupun sobat bulu kesayangan.

Kejadian ini juga akan menimbulkan luka pada fisik kucing yang terinjak. Dan ketika ada luka pastinya harus ada penanganan ataupun pertolongan pertama yang mesti kita berikan untuk mengobati luka atau meminimalisir luka agar tak semakin parah sebelum membawa kucing ke dokter hewan.

Lalu apa saja sih tindakan pertolongan yang bisa kita lakukan untuk kucing yang terinjak ? Cari tahu caranya dengan menyimak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.

 

4 Tindakan Pertolongan Untuk Kucing Terinjak Oleh Manusia

Ketika kucing terinjak perlu bagi kita untuk segera memberikan pertolongan pertama pada kucing kita yang terinjak. Petolongan pertama ini kita lakukan sebagai upaya untuk menolong kucing sebelum melakukan tindakan medis yang selanjutnya.

Secara umum pertolongan yang bisa kita berikan pada kucing yang terinjak kaki, perut ataupun kepalanya adalah sebagai berikut :

1. Memeriksa Bagian Tubuh Yang Terinjak

Coba periksa bagian tubuh yang terinjak, jika tidak ada ada cidera, luka ataupun pertanda lainnya yang timbul akibat kita menginjak kucing maka kamu bisa sedikit bernapas lega. Contoh cidera, luka ataupun pertanda yang timbul akibat kucing terinjak adalah sebagai berikut :

  • Kucing tak bisa berjalan

  • Kucing berjalan pincang

  • Kucing berjalan dengan menggesek-gesekkan tubuhnya ke lantai

  • Kucing mengeluarkan kotoran saat perutnya terinjak

  • Kucing muntah-muntah

  • Kucing berjalan sempoyongan akibat kepalanya terinjak

 

Jika kucing memiliki salah satu dari beberapa pertanda di atas maka bisa kita simpulkan bahwa ada masalah pada bagian dalam tubuh kucing yang terinjak. Dan perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter hewan untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing.

Selain karena kepala terinjak atau terbentur, ada penyebab lain mengapa kucing jalannya sempoyongan. Penyebab lainnya dapat kamu lihat dengan mengklik di sini.

 

2. Mengawasi Perubahan Pada Kucing

Setelah kita periksa dan ternyata tidak ada cedera, luka maupun pertanda pada kucing yang terinjak maka awasilah kucing dalam beberapa hari untuk melihat apakah ada perubahan tertentu pada dirinya. Perubahan tersebut bisa jadi perubahan sifat, perilaku atau nafsu makan kucing.

Kucing memang mampu menyembunyikan rasa sakitnya namun ketiga hal di atas dapat menunjukkan bahwa kucing sedang tidak sehat. Ketika terjadi perubahan pada beberapa hal di atas maka bisa di pastikan bahwa kucing sebenarnya memiliki luka atau cedera yang tak terlihat.

Inilah yang membuat kucing merasa tak nyaman dan merasa sakit sehingga nafsu makannya hilang, menjadi lebih pendiam juga sering tidur dan kucing yang tadinya baik, manja dan penurut bisa berubah menjadi sangat pemarah serta agresif.

Sebaliknya jikalau kucing bersikap normal dan tak ada perubahan yang terjadi pada dirinya berarti kucing tak mengalami masalah pada bagian dalam tubuhnya.


3. Memeriksakan Kucing Ke Dokter Hewan

Meskipun tak ada luka atau cidera fisik dan pertanda tertentu serta tak  adanya perubahan ( perubahan nafsu makan, sifat juga perilaku ), tetap penting bagi kita untuk memeriksakan kucing ke dokter hewan.

Dokter akan memeriksa bagian dalam tubuh kucing menggunakan alat tertentu. Jika di temukan masalah maka dokter akan menyarankan kucing segera di operasi untuk menyelesaikan masalah tulang patah, luka dalam dan masalah lainnya.

Jikalau ternyata setelah di periksa kucing baik-baik saja maka kita tak perlu khawatir lagi dan bisa membawa kucing kembali pulang ke rumah. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter apakah kucing butuh vitamin ataukah ada treatmen khusus untuk kucing kita yang tak sengaja terinjak.

Kucing mengeong terus merupakan salah satu pertanda bahwa kucing sakit. Lihat arti pertanda lainnya dari kucing mengeong terus di sini.


4. Mengobati Kucing

Kucing yang setelah di periksa ternyata memiliki luka dalam maka mau tidak mau kita mesti membiarkan dokter menangani masalah tersebut. Sebab jika tidak segera di obati di khawatirkan kucing bisa cacat, pendarahan pada otak serta resiko kematian.

Mengeluarkan biaya yang mungkin tak sedikit adalah pilihan tepat bagi kita di bandingkan kita kehilangan nyawa kucing kesayangan yang telah kita anggap sebagai anggota keluarga.


Bagaimana Dengan Anak Kucing Yang Terinjak ?

Seperti yang kita tahu bahwa struktur tulang dan tubuh anak kucing jauh lebih lemah jika di bandingkan dengan kucing dewasa. Ketika kucing tak sengaja terinjak maka bisa di pastikan anak kucing akan mengalami cidera ataupun luka dalam.

Jika anak kucing yang terinjak adalah kucing di bawah usia 2 bulanan besar kemungkinan kucing akan mengalami luka fatal yang mana seringkali menyebabkan kematian bila yang terinjak adalah bagian perut dan kucing terinjak kepalanya.

Jika yang terinjak adalah kaki mungkin hanya akan menyebabkan kucing cacat atau kaki kucing menjadi tak normal secara permanen. Anak kucing di atas 2 bulan yang tak sengaja terinjak sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk segera di periksa dan segera di obati.

Baca juga sebab kaki kucing belakang kucing lemah di sini.


Bagaimana Jika Kucing Terlindas Sepeda Motor ?

Secara logika berat sepeda motor beberapa kali lipat lebih berat dari pada tubuh kucing. Nah jika benda ini melindas bagian tubuh kucing tentu saja akan memberikan luka pada tubuh kucing. Bila di ibaratkan ini sama dengan truk mini yang menggilas bagian tertentu tubuh manusia.

Karena itulah, kucing yang terlindas oleh sepeda motor sebaiknya segera di bawa berobat ke dokter hewan, apalagi jika bagian yang terlindas adalah bagian perutnya. Oh iya terlindas di sini adalah terlindas saat mengeluarkan sepeda motor dari rumah atau memasukkannya ke dalam rumah dan dalam keadaan tak di kendarai ( di naiki ).

Bukan terlindas oleh sepeda motor yang melintas di jalan. Sebab kebanyakan kucing yang terlindas oleh sepeda motor yang melaju di jalanan umumnya akan mati beberapa saat kemudian karena cidera yang berat sehingga tidak mungkin bagi kita untuk membawanya berobat ke dokter hewan.


Benarkah Jika Kepala Kucing Dewasa Yang Terinjak Oleh Kaki Kita, Kepalanya Tidak Akan Kenapa-Napa ?

Tulang kepala kucing dewasa memang lebih keras bila mana di bandingkan dengan tulang kepala anak kucing namun tetap saja ada resiko cedera kepala jika kepala kucing tak sengaja kaki kita injak. Bila tak sengaja tertendang, mungkin kucing akan baik baik saja.

Selama tendangan tersebut tak terlalu kuat juga hanya terkena tengkorak kepala bukan bagian lehernya. Meskipun kucing yang tertendang pelan tidak akan kenapa-napa sebaiknya tetap periksakan ke dokter hewan.

Ini untuk membuat kita lebih yakin bahwa kucing tak apa- apa juga untuk menghindari hal-hal yang tak di inginkan.

Baca juga 7 tanda kucing takut dengan kita dengan mengklik di sini.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai tindakan pertolongan untuk kucing terinjak. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu tahu apa saja yang perlu di lakukan untuk kucing yang tak sengaja terinjak dan pertanyaan yang berkaitan tentang hal ini.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : kaki kucing terinjak, kucing terinjak kepalanya, kucing terinjak perutnya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url