close

5 Penyebab Kucing Tidur Setelah Grooming

Cat lovers pastinya tak asing dengan istilah grooming sebab kita sendiri sering melakukan grooming. Membahas sedikit mengenai Grooming, Grooming berasal dari bahasa inggris yang artinya perawatan. Berarti Grooming Kucing adalah melakukan perawatan kucing.

 

Kucing Tidur Setelah Grooming
Foto Kucing Yang Tertidur Setelah Grooming


Grooming pada kucing meliputi memandikan kucing, memotong kuku kucing, menyisir bulu ataupun memotong bulu-bulu kucing. Bagi kita melakukan Grooming tak terbatas hanya agar kucing tampak lebih terawat dan rapi tapi juga demi alasan kesehatan.

Karena itulah kita rutin melakukan Grooming kucing. Di samping itu Grooming juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan memberi kepuasaan teterntu bagi kita sang pemilik kucing. Grooming kucing juga bisa meningkatkan hubungan antara si kucing dan pemiliknya.

Sewaktu melakukan Grooming biasanya ada yang rutin terjadi pada kucing yakni beberapa kucing selalu tertidur. Kenapa sih kucing selalu seperti ini setiap Grooming ? Cari tahu jawabannya di dalam tulisan Anggora di bawah ini.

 

5 Sebab Kenapa Kucing Tidur Setelah Grooming

Setelah kucing melakukan grooming, sering kali kita menemukan kucing kita jatuh tertidur pulas. Mengapakah kucing demikian dan apakah yang menyebabkan kucing menjadi seperti ini. Berikut ini beberapa penyebabnya :

1. Merasakan Nyaman

Penyebab yang pertama adalah kucing merasa nyaman. Kucing yang merasakan nyaman ketika di grooming sering kali akan ketiduran. Hal ini sering kali terjadi pada kucing di saat kita tengah menyisir-nyisir bulu-bulunya untuk menyingkirkan kutu sekaligus rambut rontok.

Kutu yang yang menyingkir dan gosokan dari sikat yang menyentuh tiap sisi kulit kucing seringkali membuat kucing merasa nyaman. Imbasnya kucing yang tadinya terpaksa duduk di pangkuan ataupun di dekat kita karena kita hendak menyisir tubunya, lama kelamaan ia akan ketiduran.

Bahkan kucing pun tak jarang akan terus ketiduran meskipun Grooming kucing telah selesai di lakukan.

Menapa kucing terkadang tidur selalu melingkar ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.

 

2. Kucing Merasa Lelah

Melakukan Grooming tentu saja sangat melelahkan bagi kucing, apalagi kalau groomingnya di lakukan sekaligus dalam satu waktu. Mungkin kita melihat bahwa kucing hanya tinggal diam saja saat di sisir, di potong kuku-kukunya atau hanya di mandikan saja sehingga hal ini takkan buat ia capek.

Tetapi bagi kucing ini adalah hal yang melelahkan juga sangat membosankan. Kucing yang merasa kelelahan dan sangat kebosanan, sesaat ketika grooming selesai maka kucing peliharaan kita akan beristirahat sebentar dengan tidur.

 

3. Kucing Merasa Kedinginan

Yang selanjutnya yang menjadi sebab mengapa kucing tidur setelah grooming adalah kucing merasa tubuhnya kedinginan. Umumnya ini terjadi pada kucing yang baru selesai di mandikan. Bukannya dia tak akan kedinginan padahal kita telah mengeringkan bulu-bulunya ?

Kucing tetap akan merasa kedinginan. Ini seperti di saat kita mandi setelah itu kita mengeringkan tubuh kita dengan handuk kering. Tetap saja setelahnya kita akan merasa kedinginan walau cuma sesaat atau merasa suhu tubuh lebih dingin.

Jika tubuh terasa lebih dingin pastinya kita tahu apa yang hewan ini selalu lakukan yakni kucing akan memilih untuk tidur.

Di saat kucing kedinginan terkadang kucing akan tiba-tiba tidur di dekat kita. Baca sebab lainnya kucing tiba-tiba tidur dekat dengan kita di sini.

 

4. Kucing Merasa Tubuhnya Lebih Segar Dan Enak

Sesaat setelah mandi pastinya kita akan merasa tubuh kita lebih segar dan terasa enak. Hal ini pun juga berlaku pada kucing. Setelah kucing di mandikan, kutunya di singkirkan, bulunya di potong rapi serta kukunya di bersihkan tentunya kucing akan merasa badannya lebih enak dari sebelumnya.

Ini karena tubuhnya dia rasa semakin bersih, harum dan bulu serta kutu-kutu yang tadinya mengganggu serta membuat tubuhnya gatal kini sudah di hilangkan dari tubuhnya, Inilah salah satu penyebab kenapa kucing akan tidur setelah Grooming.


5. Kucing Memang Ingin Tidur

Banyak dari kita yang mungkin beranggapan bahwa kucing tidur pastinya karena di sebabkan oleh sesuatu seperti di sebabkan oleh beberapa hal yang mana Anggora telah sebutkan sebelum di atas. Padahal kenyataannya kucing memang hanya ingin tidur.

Mungkin waktu sesudah kucing Grooming memang bertepatan dengan jadwal tidur siangnya sehingga sesaat setelah Groming kucing selesai, kucing pun kemudian pergi untuk tidur. Jadi, jikalau  kucing tidur sesudah Grooming kemungkinan kucing memang benar-benar ingin tidur.

Baca juga 6 kelebihan kucing ekor pendek di sini.


Lalu Jikalau Kucing Tidur Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Jikalau tak ada yang penting yang mesti kita lakukan untuk kucing kita maka sebaiknya biarkan kucing tetap tidur saja dan jangan di bangunkan. Karena membiarkan kucing tidur setelah Grooming adalah pilihan yang tepat kita lakukan karena hal ini berkaitan dengan kebutuhan tidur harian kucing.

Tak hanya itu saja hal ini juga baik bagi kesehatan tubuh kucing, membuat imun tubuh kucing kuat, juga akan membantu pertumbuhan kucing. Cukupnya tidur kucing juga akan mengurangi resiko kucing mengalami stress.


Apakah Kucing Yang Tidur Setelah Grooming Dapat Di Kaitkan Dengan Penyakit Tertentu ?

Menurut sepengetahuan Anggora sih hal ini tak dapat di kaitkan dengan penyakit apapun dan hal ini adalah wajar atau normal terjadi pada kucing kesayangan. Bahkan dari beberapa informasi yang Anggora temukan bahwa hal ini tak hanya normal juga baik bagi kucing.

Bila kamu merasa ragu akan hal ini dan merasa bahwa kucing sakit maka tak ada salahnya kucing di bawa ke dokter hewan untuk di periksa. Ini bisa kita lakukan sebagai langkah antisipasi sekaligus sebagai penghilang rasa ragu di hati.

Baca juga 6 cara agar kucing tak sembarangan buang air besar di rumah dengan mengklik di sini.


Bisakah Kita Membuat Kucing Tak Tidur Setelah Grooming?

Sebagian kucing memang terkadang tak tidur setelah Grooming namun kebanyakan di antaranya akan tidur begitu Grooming selesai di lakukan. Jadi akan sulit kemungkinan bagi kita untuk membuat kucing tetap terbangun sesaat setelah kucing selesai melakukan Grooming.


Nah dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa penyebab kucing tidur setelah Grooming adalah :

  1. Merasakan Nyaman

  2. Kucing Merasa Kedinginan

  3. Kucing Merasa Lelah

  4. Kucing Merasa Tubuhnya Lebih Segar Dan Enak

  5. Kucing Memang Ingin Tidur


Mungkin itu saja pembahasan mengenai beberapa sebab kucing tertidur setelah grooming dan hal yang berkaitan dengannya. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu memahami hal ini serta menambah wawasan kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url