8 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Anggora

Memelihara kucing memang terlihat menyenangkan terutama jika kita memelihara kucing ras jenis kucing Anggora. Sebab kucing yang satu ini merupakan jenis kucing yang sangat ramah sekali dan senang berinteraksi dengan manusia.

 

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Anggora

 

Disamping itu, kucing Anggora sendiri adalah jenis kucing yang sagat imut dan memiliki bulu indah dan lebat. Fisik kucing Anggora juga lebih besar jikalau kita membandingkannya dengan beberapa jenis kucing lainnya.

Walaupun memelihara kucing Anggora memang sangat amat menyenangkan tetapi memelihara kucing Anggora tidaklah semudah apa yang kita bayangkan. Banyak hal yang mesti kita perhatikan dalam merawat kucing.

Karena jikalau kita salah dalam merawat kucing, bisa-bisa kucing stress, bulu rontok, sakit dan yang terparah adalah kucing bisa saja mati. Salah satu yang perlu kita perhatikan saat merawat kucing Anggora adalah makanannya.

 

8 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Anggora 

Kita tak bisa asal memberi begitu saja makanan ke kucing Anggora kesayangan kita karena tak semua makanan bisa di berikan pada kucing ras yang satu ini. Salah memberi makanan kucing tentu akan sangat berdampak terhadap kesehatan sobat bulu kesayangan kita..

Lalu apa sajakah jenis makanan yang tidak boleh di makan oleh kucing Anggora? Berikut ini beberapa jenis makanan yang tak boleh di makan kucing Anggora :

1.  Ikan, Telur Dan Daging Mentah

Ketiga makanan ini merupakan makanan favorit kucing Anggora dan boleh di berikan ke kucing Anggora dengan syarat makanan telah di masak hingga matang terlebih dahulu. Jangan sesekali memberikan ke tiga jenis makanan ini dalam keadaan mentah sebagai makanan kucing.

Karena jika di beri dalam keadaan mentah ke kucing maka akan membuat kucing sakit. Ini di sebabkan oleh serangan parasit serta bakteri yang masih ada dalam makanan mentah tersebut. Parasit-parasit inilah yang sering kali membuat kucing sakit perut, muntah, mencret, cacingan dan lainnya.

Telur mentah mengandung bakteri Salmonella ataupun bakteri Escherichia Coli. Daging dan ikan mentah mengandung beberapa parasit berbahaya seperti cacing pita. Untuk menghilangkan bakteri ini, 3 jenis ini makanan perlu di masak hingga matang.

Saat memasak makanan sebaiknya makanan hanya di rebus saja atau di goreng tanpa di beri bumbu. Ini agar kucing tak mengalami keracunan, sebab bumbu yang aman bagi manusia belum tentu aman bagi kucing.

Contohnya adalah bawang merah yang biasa di jadikan bumbu, bagi kucing bawang merah bisa menyebabkan anemia ( kurang darah merah ).


2. Bawang Merah & Bawang Putih

Makanan ke dua yang tak boleh kamu berikan ke kucing Anggora kamu adalah bawang merah serta bawang putih. Bawang merah dan bawang putih merupakan bumbu yang wajib ada pada setiap masakan yang ada di indonesia.

Tanpa adanya keduanya, makanan akan terasa seperti ada yang kurang. Meskipun bagi kita keduanya bisa menambah cita rasa makanan dan mengandung manfaat tersendiri bagi kesehatan tetapi ini tak berlaku bagi kucing.

Bagi kucing bawang merah juga bawang putih adalah makanan yang berbahaya yang mana bisa menghancurkan sel darah merah pada tubuh mereka dan membuat mereka menjadi terkena anemia. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan darah merah.

Ini terjadi akibat kandungan Allium yang ada pada kedua jenis bawang ini. Zat inilah yang menjadi penghancur sel darah merah kucing yang mana membuat kucing Anemia. Tak hanya itu saja bawang merah dan bawang putih juga ternyata bisa menyebabkan masalah pencernaan pada kucing.

Nah inilah salah satu alasan mengapa makanan yang berbumbu di larang keras untuk di berikan pada kucing karena bisa menjadi racun dan mengganggu kesehatan mereka.

 

3. Coklat 

Makanan selanjutnya yang tak boleh kita berikan ke kucing Anggora adalah coklat. Baik itu coklat dalam bentuk pasta ataupun coklat yang telah di campurkan dengan kue, roti, permen juga makanan lainnya yang tercampur dengan coklat.

Coklat sendiri adalah makanan manis yang terbuat dari biji kakao. Coklat merupakan makanan yang berbahaya jika di makan oleh kucing, termasuk kucing Anggora. Ini karena coklat di dalamnya mengandung senyawa teobromin serta kafein.

Kedua zat ini sangat beracun bagi kucing. Kucing yang memakan banyak coklat secara sengaja ataupun tak di sengaja akan mengalami masalah kesehatan seperti :

  • Diare

  • Kucing Sering Muntah

  • Demam

  • Jantung Berdetak Kencang

  • Kejang-kejang

 

Sewaktu kucing mengalami kejang-kejang maka ini adalah pertanda bahwa kucing keracunan berat akibat memakan coklat. Ketika kucing mengalami hal ini, besar kemungkinan kucing akan kehilangan nyawanya.

 

4. Roti Dan Ragi

Sama seperti nasi, roti bukanlah makanan yang berbahaya jika di berikan ke kucing Anggora. Seperti yang kita tahu bahwa roti merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat tetapi karbohidrat bukanlah nutrisi yang sangat di butuhkan oleh kucing.

Tubuh kucing sendiri menjadikan protein sebagai sumber energi utama. Bagi kucing roti hanyalah jenis makanan yang sekedar dapat mengenyangkan perut, tidak dapat membuat tubuh kucing sehat ataupun memenuhi nutrisi harian kucing.

Itulah mengapa jika kita memberikan kucing roti terlalu sering atau menjadikan roti sebagai pakan utama akan membuat kucing kurang gizi dan kucing tumbuh tidak sehat dan terlihat penyakitan. Selain roti, ragi juga merupakan jenis makanan yang tak boleh kita beri ke kucing Anggora.

Ragi yang di cerna oleh kucing bisa menghalangi usus. Tak hanya itu pemberian ragi pada kucing yang sedang dalam masa kehamilan akan membuat janin yang di kandungnya mati atau bayi akan terlahir dalam keadaan cacat.

 

5. Ikan Tuna

Ikan Tuna merupakan salah satu jenis makanan yang tak boleh di berikan ke kucing Anggora secara terus menerus setiap harinya. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah karena ikan tuna mengandung merkuri.

Kandungan merkuri ini sebenarnya tak terlalu tinggi dan tak terlalu membahayakan kucing. Hanya saja jika kucing Anggora di beri ikan tuna setiap harinya di khawatirkan kucing beresiko mengalami keracunan merkuri.


6. Makanan Anjing

Kucing Anggora yang di pelihara bersama dengan anjing tak jarang akan memakan makanan anjing. Ini terjadi karena kucing penasaran dan juga tertarik dengan makanan anjing dan sebenarnya makanan ini pun tak begitu berbahaya bagi kucing Anggora jika kucing hanya sesekali memakannya.

Makanan ini baru berbahaya jika kucing sering memakannya. Ini dapat membuat kucing kurang nutrisi sebab kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tak sesuai dengan tubuh kucing dan tak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing kamu.

Ini bisa membuat kucing Anggora mengalami masalah kesehatan seperti :

  • Bulu rontok

  • Bulu tampak kusam

  • Mata kucing anggora mengalami rabun senja 

  • Masalah penyakit kulit

  • Degenerasi otot

  • Penyakit jantung

  • Penyakit hati serta ginjal


7. Susu Dan Produk Lainnya Yang Terbuat Dari Olahan Susu

Umunya kucing memiliki intoleransi terhadap kandungan laktosa yang ada dalam susu. Ketika kucing meminum susu maka kucing akan mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Masalah yang timbul dapat berupa muntah, mual diare dan lainnya.

Masalah gangguan pencernaan ini pun bisa terjadi ketika kucing memakan atau meminum produk olahan susu lainnya. Jadi, sebaiknya hindari memberi kucing susu dan produk sejenisnya yang mengandung susu.

Jika kamu ingin memberi kucing susu, berilah susu khusus kucing ataupun susu yang benar-benar bebas laktosa.

 

8. Kismis

Makanan terakhir yang tidak boleh di berikan ke kucing Anggora adalah kismis. Alasannya karena kucing yang memakan kismis bisa beresiko gagal ginjal.

 

Demikian pembahasan mengenai makanan yang kucing Anggora tidak boleh makan. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu memahami mengenai makanan apa sajakah yang tak boleh di berikan dan berbahaya bagi kucing Anggora.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url