close

Kucing Persia Hamil Berapa Bulan ? Ini Penjelasannya !

Kucing Persia merupakan kucing ras yang berasal dari Iran dan Turki. Kucing jenis ini identik dengan tubuhnya yang pendek, wajah bulat, telinga yang kecil dan berdekatan dan yang paling menonjol di antaranya adalah hidungnya yang terbilang pesek.

 

Kucing Persia Hamil Berapa Bulan
Foto Kucing Persia Yang Telah Hamil Beberapa Bulan

 

Sama seperti kucing lainnya kucing ras yang satu ini juga bisa hamil lalu melahirkan hanya saja ada satu perbedaan yang berbeda, yakni kucing Persia hanya bisa hamil ketika ia memasuki usia di atas 10 bulananan.

Memang beberapa kucing Persia bisa hamil di bawah usia 10 bulanan namun kehamilan ini di nilai tidak aman dan seringkali mengakibatkan kematian pada anak kucing yang di lahirkan. Bahkan bukan hanya menyebabkan kematian pada anak kucing, kematian pada induk kucing pun bisa terjadi.

Bicara seputar kehamilan kucing, mungkin banyak di antara kita yang belum tahu berapa lama kehamilan kucing, terutama kehamilan kucing Persia. Nah untuk mengetahuuinya Good Readers dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini.

 

Kucing Persia Hamil Berapa Bulan ? 

Sewaktu kucing Persia kesayangan kita hamil pastinya banyak di antara kita akan bertanya-tanya dalam hati kapankah kucing akan melahirkan atau berapa lamakah kucing Persia hamil. Pertanyaan ini terbesit mungkin karena kita tak sabaran ingin segera memiliki anggota keluarga baru di rumah.

Kalau di umpamakan ini layaknya seorang kakek yang tak sabaran memiliki cucu. Sebenarnya lama kehamilan kucing Persia sama saja dengan lama kehamilan kucing domestik ( kucing kampung ) ataupun kehamilan kucing jenis lainnya yakni sekitar 2 bulanan. Lebih Tepatnya sekitar 63-67 hari.

Setelah kandungan kucing berusia 2 bulanan lebih, kucing Persia akan melahirkan kemudian memasuki tahap perkembangan yang selanjutnya yakni tahap menyusui. Tahap ini juga memiliki masa yang sama dengan masa mengandung yakni sekitar 2 bulanan juga.

Kucing akan terus menyusui anaknya hingga anak kucing menyapih dan dapat makan makanan lain selain ASI.

Baca juga 8 makanan yang tak boleh diberikan pada kucing Persia dengan mengklik di sini.


Ciri-Ciri Kucing Persia Sedang Hamil

Seringkali banyak dari kita para cat lovers yang salah mengira bahwa kucingnya sedang hamil padahal sebenarnya kucing sedang tak hamil namun hanya semakin gendut saja. Untuk menghindari kesalahan ini maka perlu bagi kita tahu membedakan ciri tertentu antara kucing Persia hamil dan gendut.

Kucing persia yang sedang hamil biasanya menunjukkan beberapa ciri di bawah ini :

  • Kucing bersikap sangat amat manja

  • Sering kali mendengkur ketika kita mengusap tubuhnya atau dia mengosokkan tubuhnya ke kita

  • Perut kucing semakin lama semakin membesar

  • Kucing lebih banyak makan di bandingkan sebelumnya

  • Kucing terkadang sering muntah

  • Puting berubah warna

  • Menjadi agak kurang aktif

  • Menjadi lebih sering tidur

 

Bolehkah Kucing Persia Yang Sedang Hamil Dimandikan ?

Tentu saja boleh, hanya saja saat memandikan kucing kita mesti lebih berhati-hati dan ada beberapa hal penting yang mesti kita perhatikan. Hal penting pertama yang mesti kita perhatikan adalah kita hanya boleh memandikan kucing Persia yang umur kehamilannya masih muda.

Sebab kucing Persia yang hamil tua sangat beresiko untuk dimandikan. Ini karena tingkat stress kucing hamil tua lebih tinggi jika di bandingkan kucing dengan kehamilan muda. Ini bisa membuat kucing sangat panik ketika di mandikan.

Di khawatirkan jika kucing hamil tua di mandikan secara paksa, kucing bisa sangat berontak dan bisa membuat perut kucing tanpa sengaja terbentur sehingga bisa membuat calon bayi dalam bahaya. Jadi, sebaiknya mandikan kucing Persia yang hamil ketika kucing masih berada dalam masa hamil muda.

Hal penting kedua adalah cara memandikan. Cara memandikan kucing Persia yang hamil mudah cukup mudah. Caranya sama saja dengan cara memandikan kucing yang biasanya. Yang terpenting dalam memandikan kucing adalah kita mesti memandikan kucing secara perlahan dan hati-hati.

Lalu bagaimana dengan kucing yang hamil tua ? Bagaimana cara kita memandikannya ? Untuk kucing yang hamil tua sebaiknya tidak memandikan kucing dengan cara biasanya. Cukup membersihkan tubuh kucing menggunakan kain lap bersih yang telah di basahi air.

kemudian bersihkan bagian-bagian tubuh yang kotor dengan kain lap basah tadi. Setelah tubuh kucing di rasa telah cukup bersih maka selanjutnya bersihkan tubuh kucing hingga kering dengan menggunakan alat pengering seperti hair dryer.

Pembahasan selengkapnya mengenai cara memandikan kucing yang sedang hamil bisa kamu lihat di sini.


Ketika Kucing Persia Hamil Apa Yang Harus Kita Lakukan ?

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk kucing Persia peliharaan kita yang sedang hamil agar kucing senantiasa sehat dan kelak bisa melahirkan dengan selamat. Beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain :

  • Memandikan kucing

  • Memastikan kebutuhan makan dan minumnya cukup

  • Memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi

  • Memantau kondisi kesehatan kucing

  • Menjaga kucing tetap aman dari sembarang bergerak yang mana bisa membahayakannya dan janin yang di kandungnya

  • Menjaga kucing tidak makan atau minum sembarangan

  • Segera membawa kucing ke dokter hewan jika merasa ada yang tak beres dengan kondisi kesehatan si kucing


Jika Kucing Hamil Jatuh Sakit Apa Tindakan Kita ?

Kucing yang sedang hamil memiliki imunitas yang lebih rendah jika di bandingkan dengan kucing yang tidak hamil, ini membuat kucing hamil lebih mudah jatuh sakit. Membawa kucing ke dokter hewan adalah solusi atau tindakan terbaik yang bisa kita lakukan jika kucing sakit.

Karena jika tidak, kemungkinan hal ini bisa mengancam keselamatan kucing dan anak yang sedang berada dalam kandungannya. Semakin cepat kita membawa kucing berobat maka semakin baik hal tersebut untuk kesehatan sang induk dan janin. 

Baca juga 7 ciri mencolok Persia Medium Short Hair dengan mengklik di sini.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai berapa bulan kucing persia hamil. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu tahu berapa lama masa kehamilan kucing persia kamu dan hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan kucing Persia

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url