Apakah Kucing Tersedak Bisa Sembuh Sendiri ? Ini Penjelasannya !

Tersedak bukan hal yang asing lagi bagi kita juga tak asing bagi kucing. Ketika kucing tersedak umumnya kucing akan berusaha mengeluarkan pemicunya dengan memuntahkan sesuatu yang baru saja ia makan.

 

Apakah Kucing Tersedak Bisa Sembuh Sendiri
Foto Kucing Tersedak

 

Tersedak pada kucing umumnya sering kali terjadi akibat pemberian tulang dan duri sebagai makanan kucing. Perilaku ini sering kali di lakukan oleh mereka yang baru saja memelihara kucing atau orang-orang yang memelihara kucing domestik alias kucing kampung.

Bukan tanpa alasan sih mereka melakukan hal ini. Alasannya mungkin karena ketidaktahuan mereka atau minimnya wawasan mereka tentang bagaimana cara yang benar dan baik dalam memelihara serta merawat kucing.

Ketika kucing tersedak apakah yang mesti kita lakukan dan apakah kucing yang tersedak bisa sembuh sendiri. Nah untuk mengetahuinya kamu dapat menyimak penjelasan Anggora berikut ini. Simak sampai akhir ya Good Readers.


Penyebab Mengapa Kucing Bisa Tersedak

Sebelum membahas topik utama ada baiknya kita membahas sedikit mengenai penyebab kenapa kucing bisa tersedak. Hal ini tentunya akan berkaitan dengan jawaban dari pertanyaan apakah kucing tersedak dapat sembuh sendiri.

Seperti yang baru saja di jelaskan di atas bahwa salah satu penyebab kucing tersedak adalah pemberian tulang atau duri sebagai makanan. Selain itu banyak juga penyebab yang membuat kucing tersedak dan muntah.

Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Kucing Batuk Atau Bersin

Bukan cuma manusia saja, kucing pun bisa mengalami batuk ataupun flu. Jikalau kucing sedang makan kemudian tiba-tiba batuk dan flu maka kucing akan tersedak. Sesaat setelah kucing tersedak kucing akan muntah lalu mengeluarkan makanan yang baru saja ia makan.


2. Kucing Memakan Tulang Ataupun Duri

Kucing yang tak terbiasa memakan tulang ataupun duri biasanya akan tersedak ketika di berikan duri ataupun tulang. Tersedak juga dapat terjadi pada kucing yang suda terbiasa memakan duri ataupun tulang.

Meskipun tulang sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi kucing tetapi sebaiknya jangan memberikannya pada kucing. Karena jikalau kucing tak mampu memakan tulang dan duri dengan benar dapat menyebabkan masalah pada tubuh kucing.

Masalah seperti radang gusi, radang mulut, radang tenggorokan, masalah pada saluran pencernaan, kotoran berdarah dan lainnya. Jadi, sebaiknya hindari memberikan kucing tulang ataupun duri demi menjaga kesehatannya.

Untuk pemenuhan kalsium yang di butuhkan oleh kucing, kamu bisa menggunakan makanan kucing kering ( dry food ) ataupun makanan kucing basah ( wet food ). Kedua jenis makanan ini mengandung kalsium dan juga nutrisi komplit yang sangat di butuhkan oleh tubuh kucing.

Jika tulangnya keras bisa membuat patah gigi taring kucing loh. Untuk penyebab lain gigi taring kucing patah dapat kamu lihat dengan mengklik di sini.


3. Kucing Makan Dengan Terburu-Buru

Kucing juga bisa makan dengan terburu-buru. Kucing yang makan terburu-buru biasanya di sebabkan oleh :

  • Kucing terlalu lapar

  • Makanan yang di sediakan untuk kucing sangat kucing sukai

  • Kucing hendak segera pergi untuk melanjutkan proses kawinnya

  • Kucing merasa ketakutan dengan keberadaan kucing atau hewan lainnya di sekitarnya

  • Ada orang lain yang membuatnya tak nyaman sehingga buru-buru makan


Kucing yang terburu-buru bisa menyebabkan kucing tersedak. Ketika kamu merasa bahwa kucing kamu terlalu terburu-buru makan sebaiknya segera cari tahu penyebabnya kemudian cari solusi yang tepat agar si kucing tak tersedak oleh makanannya sendiri.

 

4. Kucing Terkejut

Selain karena terburu-buru, terkejut juga dapat membuat kucing tersedak. Suara yang aneh, suara yang terlalu keras, kehadiran kucing, hewan lain ataupun manusia yang tiba-tiba di hadapan kucing bisa membuat kucing tersedak dan memuntahkan makanannya.

Kucing terkejut bukannya karena ia takut saja juga karena kucing adalah hewan yang waspada dengan keadaan sekelilingnya di saat ia makan. Ketika ada sesuatu yang secara mendadak muncul di dekat kucing tak jarang kucing terkejut kemudian tersedak.

Salah satu contoh kasus kucing terkejut akibat kehadiran sesuatu yang tiba-tiba serta tingginya kewaspadaan kucing ketika kucing sedang makan adalah kucing yang takut akan timun yang kita dekatkan padanya secara tiba-tiba di saat ia makan.

Kehadiran timun yang kita dekatkan tanpa sepengetahuan kucing membuat kucing akan terkejut dan merasa takut sebab menganggap timun adalah ancaman. Kalau kamu tak ingin kucing kamu terkejut, sebaiknya biarkan ia makan dengan tenang serta jangan mengganggunya.

Selain karena terkejut, ada alasan lain mengapa kucing takut timun. Penjelasan lengkapnya bisa kamu lihat di sini.


5. Makanan Terlalu Besar

Penyebab ke lima kenapa kucing tersedak adalah karena makanan yang akan di makan kucing terlalu kebesaran dengan ukuran saluran tenggorokan. Akibatnya kucing tersedak karena makanan sulit lewat tenggorakan dan membuat kucing merasakan tak nyaman dan ada yang salah dengan tenggorokan.

Akhirnya tubuh secara otomatis akan berusaha mengatasi masalah tersebut dengan cara mendorong keberadaan makanan tersebut secara paksa sehingga kucing mengalami muntah.


6. Kucing Makan Nasi

Yang satu ini terjadi ketika kucing makan nasi. Sama seperti kucing makan tulang atau duri, kucing yang tak terbiasa makan nasi juga bisa merasa tersedak. Pada kucing kampung ini jarang terjadi tetapi pada kucing ras yang biasa makan makanan khusus kucing, tersedak karena nasi sering kali terjadi.

Kucing makan nasi bahaya gak ? Jawabannya bisa kamu lihat di sini.


7. Kucing Menelan Banyak Makanan Sekaligus

Yang ketujuh adalah kucing tersedak sebab terlalu banyak menelan makanan sekaligus. Bukan karena kucing terlalu terburu-buru tetapi mungkin karena makanan yang kita sediakan adalah makanan yang sangat di sukai kucing.

Perilaku ini juga sering terjadi pada kucing yang sangat amat kelaparan juga sering terjadi pada anak kucing yang mulai menyapih ( beralih dari hanya meminum susu menjadi memakan makanan selain susu ).


8. Kucing Memakan Benda Asing

Tersedak juga sering kali terjadi akibat kucing memakan benda asing. Perilaku ini biasanya terjadi akibat rasa penasaran kucing akan suatu hal. Selain karena rasa penasaran, Pica ( gangguan makan ) juga merupakan salah satu sebab utama kucing suka memakan benda asing yang bukan makanan.

Memakan kotoran sendiri juga merupakan perilaku Pica. Baca sebab kucing makan kotorannya sendiri dengan mengklik di sini.

 

Apakah Kucing Tersedak Bisa Sembuh Sendiri ?

Kucing tersedak bisa sembuh sendiri jika tersedaknya adalah tersedak ringan. Seperti kucing buru-buru makan, kucing makan nasi dan sejenisnya. Tetapi jika tersedaknya adalah akibat tersedak berat seperti duri atau tulang maka tersedak ini tak akan bisa sembuh ataupun hilang dengan sendirinya.

Ini hanya akan hilang jika penyebabnya di atasi. Jika kamu merasa tak bisa mengatasinya sendiri maka segeralah minta bantuan dari dokter hewan yang ada di kotamu. Memang ini akan menghabiskan sedikit isi dompet kamu tetapi ini bisa dengan mudah menyingkirkan sumber masalah dan penyakit.

Itulah pembahasan mengenai beberapa sebab kucing tersedak dan jawaban tentang apakah kucing tersedak bisa sembuh sendiri. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url