close

7 Alasan Kenapa Kucing Gemetaran

Kucing Gemetaran Karena Apa | Keadaan yang tak wajar kadangkala mungkin terjadi pada kucing. Salah satunya adalah badan kucing gemetaran. Kondisi ini akan terjadi baik itu di saat kucing sedang terbangun maupun sedang dalam kondisi sedang tertidur.

 

Kucing Gemetaran Karena Apa ?
Ilustrasi Kucing Gemetaran Saat Tidur

 

Umumnya kucing yang tubuhnya gemetaran di tandai dengan berdirinya bulu-bulu, badan kucing terlihat seperti menggigil, mata kucing terlihat lesu, mata tampak kosong serta kucing berjalan sempoyongan.

Kondisi ini adalah kondisi yang bisa terjadi secara mendadak tanpa di sertai adanya pertanda gejala awal sebelum kemunculannya. Lalu kenapakah tubuh kucing gemetaran, apa penyebabnya dan bagaimanakah cara mengatasinya ?

Bagi kamu yang penasaran mengenai hal ini. Kamu bisa lihat ulasan lengkap Anggora di bawah ini yang mungkin kamu perlukan saat ini atau di masa depan.

 

Apa Penyebab Badan Kucing Gemetaran ?

Banyak hal yang mungkin menjadi penyebab kenapa tubuh kucing gemetaran. Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab utama kenapa badan kucing gemetaran.


1. Gangguan Pada Sistem Saraf Dan Otak

Pernah tidak kamu melihat kucing kamu saat ia tidur badannya bergetar ? Jika iya, mungkin saat kamu melihat kucing badannya gemetaran kamu mungkin penasaran atas apa yang sebenarnya terjadi. Sebenarnya hal ini terjadi akibat kucing sedang bermimpi dan ketika ini terjadi, otak ataupun saraf kucing sedang terstimulasi.

Stimulasi ini di picu oleh impuls listrik yang abnormal dalam tubuh yang mengganggu kinerja otak yang membuat kucing menjadi berperilaku tak wajar. Sebenarnya hal ini bukanlah penyakit namun cenderung ke arah gangguan kesehatan pada saraf dan otak.

Gangguan kesehatan inilah penyebab mengapa badan kucing menjadi tremor, gerakan secara tak sadar atau tak dapat di kendalikan, mencakar dan sejenisnya.

Selain impuls abnormal, larva lalat juga dapat menyerang organ vital seperti otak. Lihat bagaimana cara mengatasinya di sini.

 

2. Kucing Mengalami Kejang-Kejang

Kejang pada kucing juga dapat menjadi penyebab utama tubuh kucing gemetaran. Kejang ini dapat terjadi pada sebagian anggota tubuh saja ataupun kejang pada seluruh bagian tubuh. Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa adanya impuls listrik yang abnormal pada saraf atau otak adalah pemicu utama terjadinya hal ini.

Untuk kejang sebagian, gangguan listrik abnormal ini hanya menargetkan salah satu bagian sel otak saja namun untuk kejang menyeluruh akan menargetkan beberapa atau keseluruhan bagian dari pada sel otak.

Pada kucing sendiri, kejang yang biasa terjadi adalah kejang sebagian. Kejang sebagian ini sering terjadi pada kucing. Salah satu contohnya adalah kepala kucing tremor, kaki kucing gemetaran dan sulit berdiri.

Nah untuk contoh kasus kejang menyeluruh pada kucing, contohnya adalah sebagai berikut :

  • Tubuh bergetar saaat sedang buang air ( BAB atau BAK )

  • Kesulitan berdiri karena seluruh tubuh gemetaran

  • Badan terjatuh akibat sulit di kendalikan

  • Kaki lemas secara tiba-tiba

  • Mendadak mengeluarkan air liur

 

Kejang menyeluruh dapat terjadi dalam waktu yang singkat. Umumnya kisaran 1 hingga 5 menitan. Sewaktu kamu merasa bahwa kucing kamu mengalami kejang sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan bila hal ini terjadi.

Kejang pada kucing juga dapat menjadi sebab utama kucing jalan sempoyongan. Simak ulasan selengkapnya di sini.


3. Kucing Kedinginan

Seperti yang kita tahu bahwa kucing adalah hewan yang mampu mengendalikan suhu tubuhnya. Meskipun begitu saat cuaca di lingkungan sekitar ia berada begitu dingin, kucing tetap saja akan menggigil merasakan kedinginan.

Karena itulah saat cuaca begitu dingin tak jarang sebagian dari kita menemukan kucing kita sedang tidur dalam kondisi badan yang gemetaran. Bisa juga kucing sedang terbangun dengan bulu-bulunya berdiri dan badannya gemetaran.

Saat kucing kedinginan biasanya ia akan mencari tempat hangat, berkumpul berdekatan dengan kucing lainnya untuk saling menghangatkan diri, kucing juga kemungkinan akan tidur di atas perut atau dada ataupun di samping kamu.

Saat kucing kamu kedinginan, usahakanlah sebisa mungkin membuat tubuhnya hangat. Kamu bisa membiarkan ia tidur di atas kasur bersama kamu, memberi ia selimut, memberikan tempat tidur khusus untuk kucing, menyalakan alat pemanasa ruangan dan tindakan lainnya yang mungkin bisa membuat kucing kamu merasa hangat serta nyaman.

Ini di lakukan agar kucing tak mengalami demam panas serta mencegah kucing mengalami flu ataupun pilek. 

Bila kucing kamu sudah terlanjur demam dan flu, kamu bisa mengatasinya dengan cara ini. Lihat caranya di sini dan di sini.

 

4. Kucing Baru Saja Di Mandikan 

Bagi pecinta kucing, kucing yang gemetaran badannya adalah hal yang tak asing lagi ketika di mandikan. Kenapa badan kucing gemetaran saat atau sesudah di mandikan dan apakah ini berkaitan dengan penyakit ?

Kucing yang gemetaran saat di mandikan biasanya karena kucing merasakan kedinginan saat air mengenai tubuhnya dan ini adalah hal wajar dan bukan sebab penyakit. Hal ini juga dapat di picu karena kucing ketakutan dengan air, akibatnya badan kucing gemetar.

Kondisi ini serupa dengan manusia yang tubuhnya gemetaran ketika melihat hantu. Lalu untuk kucing yang gemetaran sesudah mandi, penyebab badannya bergetar sama seperti saat mandi yakni kucing merasa badannya kedinginan.

Itulah sebabnya saat kucing telah selesai mandi segera keringkan badan kucing dengan memakai handuk ataupun hairdryer. Karena bila kamu membiarkan tubuh kucing basah terus, bisa-bisa ia jatuh sakit karena badannya kedinginan.

Bisakah kucing sakit panas karena kedinginan ? Simak penjelasan selengkapnya di sini.

 

5. Kucing Sedang Bermimpi

Ternyata kucing bisa loh bermimpi layaknya manusia. Rapid Eye Movement ( REM ) atau biasa di sebut bermimpi umum terjadi pada kucing yang sedang tertidur. Ketika kucing sedang tertidur kemudian ia bermimpi, kucing akan menunjukkan gerakan tertentu.

Saat tubuh kucing gemetaran bisa saja ia sedang bermimpi sedang ada di tempat yang sangat amat dingin dan tubuhnya mengalami kedinginan. Selain gemetaran, banyak gerakan lain yang mungkin kucing tunjukkan di saat ia bermimpi ketika mereka sedang tidur.

Antara lain mulut kucing bergerak seolah ia mengunyah, ini berarti kucing sedang mimpi makan, tangan kucing bergerak ke atas bawah secara perlahan, ini berarti kucing sedang bermimpi mencakar atau berusaha meraih sesuatu.

Yang paling lucu saat kucing bermimpi adalah ketika ia tidur namun menggumam seolah ia mengatakan sesuatu, ini seperti manusia yang tengah mengigau. Untuk kasus kucing bermimpi, banyak peneliti yang sependapat bahwa kucing dapat bermimpi layaknya manusia.

Namun apakah mimpi kucing serupa dengan mimpi yang di alami manusia masih diperdebatkan dan belum ada penelitian ilmiah yang bisa menjawab hal ini. 

Pernahkah kamu bermimpi makan daging kucing ? Apa sih artinya? Cari tahu arti mimpi kamu di sini.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Yang Tubuhnya Gemetaran ?

Dalam mengatasi kucing dengan kasus badan gemetaran, kita mesti melihat apa penyebab utamanya. Bila penyebab utamanya hanyalah kedinginan maka yang mesti kamu lakukan adalah mencari cara menghangatkan tubuhnya.

Jikalau kucing hanya bermimpi maka kamu tak perlu melakukan apa-apa dan cukup membiarkannya saja. Sementara untuk kucing yang mengalami kejang, penyakit dan gangguan saraf serta otak, cara termudah untuk mengatasinya ialah dengan melakukan pengobatan ke dokter.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai penyebab kenapa kucing gemetaran dan cara mengatasinya. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun akun sosial media milik kamu.

Tags : kucing gemetaran karena apa sih

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url