close

Kucing Lemas Tidak Mau Makan dan Mencret, Penyebab Beserta Solusinya

Kucing Lemas Tidak Mau Makan dan Mencret, Penyebab Beserta Solusinya | Di saat kucing peliharaan kita lemas, tidak mau makan dan mencret akan membuat kita sebagai majikan khawatir. Melihat kondisi kucing kita saat ini tentu kita akan bertanya-tanya dalam hati mengapa si kucing tak mau makan dan sering mencret di saat buang air besar.


Kucing Lemas Tidak Mau Makan dan Mencret, Penyebab Beserta Solusinya

 

Masalah kucing lemas tidak mau makan dan mencret merupakan hal yang umum terjadi pada kebanyakan kucing. Biasanya kucing menjadi lemas akibat sakit, hilangnya nafsu makan  atau akibat masalah lainnya seperti mencret.


Beberapa Penyebab Kucing Lemas Tidak Mau Makan Dan Mencret

Untuk kasus kucing lemas tidak  mau makan dan mencret mungkin di sebabkan beberapa hal berikut :

 

1. Cacingan

Kucing yang mengalami cacingan biasanya akan mengalami lemas, tidak mau makan serta mencret, sakit mata. Hal ini sering terjadi pada anak kucing yang masih kecil ataupun kucing dewasa.

Untuk mengatasinya cukup memberikan obat cacing khusus kucing pada kucing yang mengalami mencret.

 

2. Parasit

Penyebab lain kucing lemas tidak mau makan dan mencret selanjutnya pada kucing selain cacingan yaitu adanya virus ataupun bakteri yang menyerang saluran pencernaan pada usus kecil dan usus besar. Hal ini umumnya terjadi pada kucing yang masih berumur muda. 

Berikan obat cacing khusus kucing yang juga memiliki khasiat untuk membunuh parasit internal dalam tubuh kucing.

 

3. Infeksi

kucing lemas tidak mau makan dan mencret juga bisa di sebabkan infeksi pada saluran pencernaan kucing. Akibatnya kucing menjadi malas makan, lemas dan mencret darah.

Obat diare atau infeksi pencernaan khusus kucing bisa kamu berikan untuk mengobatinya.


4. Jenis Makanan

Susu, coklat, ikan mentah, rumput dan beberapa jenis makanan lainnya bisa menyebabkan kucing  lemas tidak mau makan dan mencret-mencret akibat tidak cocoknya makanan tersebut dengan pencernaan mereka. Sebaiknya pilihlah dengan baik jenis makanan yang akan kamu berikan ke kucing kamu.

Jangan asal sembarangan memberikan kucing makanan hanya karena ia menyukainya. Untuk rumput sendiri tidak berbahaya bagi kucing malah baik bagi kesehatan mereka. Karena kucing biasa memakan rumput untuk memuntahkan bulu dan melancarkan pencernaan mereka.

Memberi makanan yang baik untuk kucing bisa menghindari masalah pada saluran pencernaan mereka.


5. Stress

Selain manusia, ternyata kucing juga bisa mengalami stress. Kucing yang stress bisa mengalami gangguan atau iritasi usus bagian bawah atau kolitis. Rasa sakit ini akan membuat kucing tidak mau makan dan juga bisa menyebabkan mencret.

Ajak kucing bermain atau biarkan mereka bermain di luar rumah untuk menghilangkan rasa stress mereka.


6. Obat

Beberapa obat bahkan antibiotik bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan yang menyebabkan kucing mencret. Akibatnya kucing lemas akibat tidak mau makan.

Konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan kucing obat atau antibiotik.


7. Sembelit

Faktor lain penyebab kucing lemas tidak mau makan dan mencret adalah sembelit. Sembelit biasanya terjadi pada kucing yang sudah berumur tua, namun tak jarang juga kucing muda mengalaminya. Kucing yang mengalami sembelit biasanya kotorannya sangat cair seperti mencret.

Gunakan obat sembelit khusus kucing untuk mengatasinya.


8. Susu

Pemberian susu manusia pada kucing juga bisa menyebabkan kucing mencret. Kandungan laktosa dalam susu manusia tidak cocok untuk organ pencernaan kucing, akibatnya kucing akan mengalami masalaha pencernaan seperti diare, mencret-mencret dan lain sebagainya.

Hindari pemberian susu manusia ke kucing. Jika ingin memberi kucing susu, sebaiknya pertimbangkan untuk memberikan kucing susu khusus kucing yang bisa kamu temukan ataupun beli di petshop terdekat.


Kunjungi Dokter Untuk Penangan Yang Tepat

Informasi di atas hanyalah sekedar informasi untuk menambah wawasan kita sebagai majikan yang baik. Sebagai majikan tentu kita akan sulit membedakan penyebab yang mana yang menyebabkan kucing lemas tak mau makan dan mencret.

Oleh karenanya jika masalah pada kucing terjadi sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter terdekat agar mendapatkan perawatan yang tepat demi kesehatan peliharaan tercinta kita.

Demikian artikel Kucing Lemas Tidak Mau Makan dan Mencret, Penyebab Beserta Solusinya. Semoga bermanfaat. 


BACA JUGA : 8 Penyebab Kucing Tidur Terus Menerus Dan Tidak Mau Makan

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url