close

Umur Berapa Kucing Bisa Dimandikan, Berikut Ini Jawabannya

Umur Berapa Kucing Bisa Dimandikan | Mungkin persoalan tersebut kerap kali diajukan oleh orang-orang yang baru saja mulai untuk memelihara kucing. Mungkin kita tahu bahwa kucing memanglah bisa menjilat bulunya sendiri untuk mandi. Namun ternyata kucing bisa ataupun boleh kita mandikan.


Umur Berapa Kucing Bisa Dimandikan


Umur Berapa Kucing Bisa Dimandikan, Berikut Ini Jawabannya

Namun tak semua kucing bisa kita mandikan. Seperti kucing yang baru lahir atau umurnya masih 2 bulan tidak boleh kita mandikan. Sebab bayi kucing belum dapat mengendalikan temperatur badannya sendiri dengan baik.

Alasan lainnya yakni kulit kucing dapat mengelupas apabila di mandikan dengan memakai sampo walaupun shampo terebut adalah shampoo kucing. Memandikan bayi atan anak kucing dengan shampoo bisa berakibat kulit kucing menjadi kering serta timbul ruam.

Karenanya umur berapa kucing bisa di mandikan atau boleh di mandikan adalah ketika kucing berumur 8 minggu atau 2 bulan. Ini karna saat kucing berumur 2 bulanan mereka telah mempunyai pondasi imunitas yang kuat.

Bila cat lovers ingin memandikan kucing maka mandikanlah di saat hari mulai panas yakni pada jam 10 pagi sampai 3 sore. Waktu ini merupakan waktu yang sangat di anjurkan untuk memandikan kucing. Jangan memandikan kucing pada malam hari karena di khawatirkan kucing bisa terkena hipotermia.


Cara Memandikan Kucing Dengan Benar

Lalu gimana sih cara memandikan kucing dengan benar ? Nah di sini Anggora akan membagikan cara yang biasa di lakukan untuk memandikan kucing. Berikut cara memandikan kucing versi Anggora

 

1. Sisir Bulu Kucing Sebelum Memandikannya

Sisirlah bulu kucing sesaat sebelum memandikannnya untuk menghilangkan gumpalan kusut pada bulu. Menyisir bulu sebelum memandikannya akan membuat kita lebih mudah memandikan kucing.

 

2. Tutup Telinga Kucing Saat Memandikannya

Kamu bisa menutup telinga kucing dengan tanganmu atau penutup telinga khusus kucing untuk menghindarkan telinga kucing kemasukan air saat kucing di mandikan. Hal ini juga akan membuat kucing lebih kalem dan tidak meronta saat kucing di mandikan.

 

3. Mandikan Kucing Dengan Air Hangat

Memandikan kucing dengan air hangat akan membuat kucing lebih nyaman dan tidak kedinginan saat memandikan. Gunakan kain lap untuk menyapu rata air ke seluruh tubuh kucing, terutama ke bagian - bagian tubuh kucing sulit di jangkau.

 

4. Pakai sampo spesial kucing ataupun bayi

Shampoo yang di gunakan manusia belum tentu baik jika di gunakan oleh kucing untuk mandi. Karenanya lebih baik kita memakai produk shampoo yang memang di formulasikan khusus untuk kucing agar kulit dan bulu kucing sehat serta untuk membunuh kuman, bakteri, virus ataupun parasit yang menempel pada bulu ataupun kulit kucing. Kamu juga dapat menggunakan shampoo balita untuk memandikan kucing.

Tuangkan shampoo ke tangan kemudian gosok-gosok ke seluruh bagian tubuh kucing. Gosok secara perlahan berlawanan arah dengan arah tumbuhnya bulu.


5. Basuh Dengan Air Bersih Hingga Bersih

Sehabis memakai shampoo, bilas seluruh badan kucing dengan air hingga bersih dari shampoo. Bilas dengan perlahan agar air tidak masuk ke mulut, telinga dan hidung kucing.


6. Keringkan Dengan Hair Dryer Atau Kain Lap Kering

Setelah memandikan kucing sebaiknya keringkan dengan hair dryer atau kain lap agar kucing tidak merasa kedinginan dan masuk angin. Hair dryer atau lap bulu kucing sampai bulunya mengering atau agak kering terutama pada bagian ketiak dan perutnya. Jangan mengeringkan kucing di panas matahari untuk menghindari kucing terkena heat stroke.


Kesimpulan

Umur kucing agar bisa di mandikan adalah usia 2 bulanan. Karenanya kita tidak boleh memandikan kucing jika umurnya belum mencapai usia 2 bulanan. Hal ini karena imun anak kucing belum kuat dan memandikan kucing di saat usianya belum mencapai 2 bulanan di khawatirkan bisa menyebabkan masalah kulit, bulu dan kesehatan pada kucing.

Untuk memandikan kucing kita harus menggunakan shampo kucing atau bayi. Memandikan kucing di sarankan seminggu atau 2 minggu sekali. Tidak di sarankan untuk terlalu sering memandikan kucing karena di khawatirkan bulu kucing menjadi rontok dan kulit menjadi alergi atau terluka.

Demikian artikel umur berapa kucing boleh dimandikan,berikut jawabannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan kucingmu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url