close

Benarkah Pelihara Kucing Bawa Rejeki ?

Benarkah Pelihara Kucing Bawa Rejeki ? |  Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sering di jadikan hewan peliharaan karena tingkahnya yang lucu dan memiliki paras yang imut. Selain burung dan anjing, kucing juga adalah hewan yang banyak di jadikan orang indonesia sebagai hewan peliharaan.

 

Pelihara Kucing Bawa Rejeki


Berbicara soal apakah pelihara kucing bawa rejeki, mungkin banyak di antara kita yang penasaran dan sekedar ingin tahu apakah kucing benar-benar bisa membawa rezeki bagi pemiliknya ataukah hanya sekedar mitos belaka. Beberapa sumber mungkin menyebutkan bahwa kucing bisa membawa rejeki namun sumber lainnya mungkin mengatakan hal berbeda seperti kucing tidak membawa rejeki.


Benarkah Pelihara Kucing Bawa Rejeki ?

Dalam ajaran islam sendiri dan dalam ajaran agama lainnya mungkin kucing sendiri merupakan pembawa rejeki. Nah untuk bisa tahu apakah kucing bisa bawa rejeki maka pada kesempatan kali ini Anggora akan membahas mengenai hal ini berdasarkan sumber dari berbagai pihak dan berdasarkan pandangan Anggora sendiri serta alasannya.

 

Penyebab Pelihara Kucing Bawa Rejeki Dan Alasannya

Berikut beberapa penyebab mengapa memelihara kucing bisa dikatakan sebagai pembawa rejeki dan alasannya :


1. Mengurangi Stress

Rejeki bukan hanya tentang uang tetapi bisa saja tentang kebahagiaan, kesehatan dan minimnya beban hidup. Dengan memelihara kucing akan membuat suasana rumah menjadi semakin ramai dan saat kita berinteraksi dengan kucing ataupun melihat tingkah lucu atau tingkah tak terduganya akan membuat hati kita menjadi senang, terhibur dan mengurangi stress.

Turunnya tingkat stress bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Tetapi bila stress terus berlangsung dan di biarkan dapat menyebabkan serangan jantung, sakit kepala, serta depresi yang bisa berakibat kematian muda.

 

2. Memperbaiki Suasana Hati

Hati yang senang dan bahagia merupakan salah satu hal yang bisa di katakan sebuah rejeki dari sang pencipta. Saat kamu memelihara kucing, hatimu akan selalu terhibur dan di saat kamu merasakan sedih dan terpuruk maka kamu akan merasa bahwa suasana hatimu membaik ketika ia menghampiri, menyapamu dan ingin bermain denganmu. 

 

3. Membawa Rejeki

Kucing merupakan hewan yang di jadikan hewan peliharaan nabi besar muhammad saw dan merupakan hewan kesayangannya. Selain kucing adalah hewan bersih dan tidak najis, kucing sendiri dalam islam di yakini sebagai pembawa rezeki. Orang yang memeliharanya juga bisa mendapatkan pahala dan ampunan. Hal ini di riwayakan dalam hadis riwayat bukhari di bawah ini :

  • Pada tiap yang memiliki hati yang basah ( hewan ) itu ada pahala dalam berbuat baik kepada-Nya, ( HR. Bukhari )

Dengan memelihara kucing, diyakini bisa membukakan pintu rezeki selebar-lebarnya. Bukan hanya itu, namun juga mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Di beberapa negara lain kucing juga di anggap membawa keberuntungan dan rejeki seperti di negara jepang dan china.


4. Melatih sikap empati

Kucing bisa melatih sikap empati pada orang dewasa dan terutama pada anak kecil yang sedang dalam masa perkembangan. Memelihara kucing terbukti bisa melatih empati anak terhadap kepada orang lain. Dengan memelihara kucing, anak akan menjadi paham apa yang baik dan buruk bagi orang lain dan lebih peduli terhadap perasaan orang lainnya.

Hati yang baik dan berempati merupakan salah satu berkah dan rejeki yang ada pada manusia karena tidak semua orang di dunia ini memilikinya.


5. Terapi autisme

Kontak antar manusia dan hewan sama saja dengan berinteraksi sosial, hal ini bisa menstimulasi saraf-saraf pada pengidap autisme menjadi lebih normal.


Tambahan

Nabi besar Muhammad SAW dahulu semasa hidupnya pernah memelihara kucing dan sangat amat ia sayangi. Kucing kesayangannya ini ia namakan Muezza. Muezza selalu di perlakukan seperti anak kecil, ia mengelusnya, menggendongnya serta memangkunya di pahanya di kala ia senggangg atau menerima tamu. 

Ada sebuah kisah yang mungkin mengena bagi kita pecinta kucing yakni di kala nabi Muhammad membiarkan Muezza tidur di jubahnya dan bahkan ia menggunting jubahnya sendiri agar tidak membangunkan kucing kesayangannya yang satu ini.

Pernah juga nabi marah ketika mendengar seorang wanita menelantarkan kucing dan tak memberinya makan. Sebagaimana pernah di jelaskan dalam hadis berikut ini :

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW telah bersabda,“ Seseorang perempuan dimasukkan ke dalam neraka sebab seekor kucing yang ia ikat serta tak ia berikan makan apalagi tidak diperkenankan makan binatang- binatang kecil yang terdapat di lantai ”( HR Bukhari )

Mungkin cukup itu saja yang bisa Anggora sampaikan tentang perkara benarkah pelihara kucing bawa rejeki. Semoga artikel ini menjawab rasa penasaranmu dan bermanfaat bagimu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url