close

2 Cara Mengobati Kucing Mencret Dengan Tempe

Cara Mengobati Kucing Mencret Atau Diare Dengan Tempe | Kucing mencret merupakan salah satu hal yang sangat di takuti oleh pemilik kucing karena hal ini tentunya berbahaya bagi sistem pencernaan kucing.

 

Cara Mengobati Kucing Mencret Dengan Tempe

Walaupun sepele mencret pada kucing bisa saja mengancam nyawanya. Sebenarnya banyak obat yang bisa menyembuhkan mencret pada kucing tetapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai obat alami kucing mencret. 

Tempe merupakan salah satu bahan alami yang di percaya bisa mengobati mencret pada kucing. Hal ini di karenakan tempe mengandung bakteri yang sangat baik bagi pencernaan kucing dan di percaya bisa menyembuhkan diare pada kucing

 

Cara Mengobati Kucing Mencret Dengan Tempe

Bagaimana Cara Mengolah Tempe Untuk Diare Kucing

Untuk mengolah tempe untuk menjadi obat yang bisa menyembuhkan diare kucing, kamu bisa melakukan cara Anggora di bawah ini :

  1. Kukus atau rebus tempe hingga matang kemudian haluskan dengan di giling atau dengan blender. Karena aroma tempe yang agak menyengat dan tidak begitu di sukai oleh sebagian kucing. Agar kucing mau memakan tempe ini, kita perlu mencampurnya dengan wet food, air rebusan ikan, ataupun dengan ikan yang di haluskan dan bisa juga di campurkan dengan ayam.

  2. Atur perbandingan tempe dan campurannya 1 : 2. Yakni tempe harus lebih sedikit di banding bahan pencampurnya. Agar bau campurannya misalnya ikan lebih kuat dari pada bau tempe dan agar kucing mau memakannya.

Bagi kucing yang suka makan tempe boleh memberi tempe yang di rebus ataupun di goreng langsung pada kucing. Hanya saja tempe ini sebaiknya di campurkan dengan makanan lain yang mengandung nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kucing.

Ini agar tempe tak hanya mengobati untuk mengobati mencret, tempe juga bisa menjadi makanan yang menyehatkan untuk tubuh kucing.

Untuk resep makanan kucing dari campuran tempe bisa kamu lihat di artikel saya yang berjudul resep makanan kucing dari tempe di sini dan makanan kucing persia dari tempe di sini.


Berapa Kali Makanan Tempe Di Berikan Sehari Ke Kucing Untuk Mengobati Mencret Atau Diare ?

Kamu bisa memberikan makanan kucing yang di campur dengan tempe 2 atau 3 kali sehari. Kamu bisa memberikan tempe setiap hari hingga mencret atau diare kucing sembuh.

Biasanya sih sehari setelah makanan kucing campur tempe di berikan ke kucing lalu kucing memakannya maka pup kucing akan kembali normal dan kucing tidak mencret-mencret lagi.

 

Apakah Tempe Benar-Benar Bisa Menyembuhkan Diare

Banyak pecinta kucing yang menyatakan bahwa kucingnya sembuh dari mencret setelah mencampurkan makanan kucing dengan tempe. Dan jika kamu bertanya ke komunitas kucing mereka juga akan sepakat bahwa tempe bisa bisa mnegobati diare atau mencret pada kucing.

Hal ini saya tahu karena dahulu saya juga sempat penasaran mengenai perihal ini dan saya mendapat jawaban yang memuaskan dari komunitas pecinta kucing.

Baca juga 8 makanan yang tidak boleh di makan kucing persia dengan mengklik di sini.

 

Apakah Semua Kucing Cocok Dengan Tempe Sebagai Obat Mencret Dan Diare

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua kucing cocok mengkonsumsi tempe ketika kucing mencret. Dari 5 kucing yang di berikan tempe mungkin akan ada satu atau 2 kucing yang tidak sembuh dari mencretnya.

Dan juga kadang kala ada juga kucing yang sama sekali tak mau makan tempe walaupun sudah di campur dengan ikan, wet food dan campuran menggoda lainnya bagi kucing. Untuk mengakalinya, cukup campur lebih banyak campurannya seperti ikan, daging atau wetfood di banding tempe. Ukurannya bisa 3 : 1 atau 4 : 1.

 

Apakah Tempe Aman Di Konsumsi Kucing

Kucing makan tempe apakah aman di konsumsi sudah menjadi pro dan kontra bagi pecinta kucing bahkan pro kontra di antara dokter hewan sendiri. Ada yang bilang bahwa tempe aman di konsumsi kucing ada pula yang bilang tidak aman.

Bagi yang tak setuju berpendapat bahwa tempe adalah protein nabati, bukan protein hewani. Mereka beralasan bahwa kucing adalah hewan karnivora sehingga protein nabati tempe tidak cocok bagi karnivora. Karnivora lebih baik mengkonsumsi protein hewani dari daging hewan.

Bila kucing makan tempe, mereka khawatir bisa menimbulkan penyakit seperti hipertiroid yakni penyakit kelainan kelenjar pertumbuhan. Selain itu belum ada riset yang membuktikan kucing aman jika memakan tempe dan tempe bisa mengobati mencret dan diare kucing.

Karena bisa mencret atau diare di karenakan cacingan, bakteri, infeksi dan lainnya. Namun berdasarkan pengalaman pribadi anggora bahwa kucing aman mengkonsumsi tempe selama tempe tidak di berikan setiap hari ke kucing. Hanya di berikan ketika kucing sedang mencret atau diare.

Bila kucing kamu sudah sembuh dari mencretnya, kamu bisa memberikan kucing makanan kucing buatan sendiri. Simak cara membuatnya dengan mengklik di sini.


Bagaimana Jika Kucing Mencret Benar-Benar Bisa Sembuh Karena Makan Tempe ?

Jika kucing sembuh total dari mencretnya setelah beberapa kali makan campuran tempe maka hal ini adalah hal yang baik. Setelah kucing sembuh dari mencretnya sebaiknya kita hentikan pemberian tempe campur demi menghindari hal-hal yang tak kita inginkan di kemudian hari.

Namun bila mana kucing tetap jua tak sembuh setelah pemberian tempe dan malah kondisinya semakin memburuk maka sebaiknya kita segera membawa kucing ke dokter hewan terdekat agar segera menerima pengobatan yang tepat dan bisa segera sembuh


Kesimpulan

Tempe merupakan makanan yang tinggi protein, murah dan gampang di temukan di warung-warung terdekat. Banyak pecinta kucing yang kucingnya sembuh dari mencret setelah di beri makanan tempe. Pemberian tempe sebagai obat mencret dan diare sebaiknya di berikan hingga 2 sampai 3 hari.

Namun jika kucing telah sembuh hanya dalam sehari saja maka pemberian tempe sebaiknya segera di hentikan. Jika kucing tak kunjung sembuh dari mencretnya maka sebaiknya segera membawa kucing ke dokter hewan. Demikian cara mengobati kucing mencret dengan tempe. Semoga berfaedah.

Memberikan tempe pada kucing bisa dilakukan agar kucing tidak mencret lagi tetapi pemberian nya tidak boleh berlebihan. Jika tidak segera sembuh harus segera dibawa ke dokter hewan. Karena pemberian tempe pada kucing mencret ada yang ampuh menjadi sembuh tetapi ada juga yang tidak mempan. Jadi tidak semua kucing cocok dengan tempe. 

 Baca juga merk makanan kucing yang rendah magnesium dengan mengklik di sini.

 

Itulah pembahasan seputar 2 cara mengobati kucing mencret dengan menggunakan tempe. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu yang sedang bingung tentang bagaimana cara mengobati kucing yang mengalami masalah mencret.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url