Kenapa Kucing Suka Makan Kelapa Parut ? Ini Jawabnya !

Kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan pemakan daging atau dalam istilah ilmiahnya hewan karnivora. Namun kenyataannya, kucing tak hanya tertarik untuk makan daging saja tetapi kucing pun tertarik dengan makanan lain selain daging.


Kenapa Kucing Suka Makan Kelapa Parut

 

Salah satu makanan yang mampu menarik perhatian kucing tersebut adalah kelapa parut. Mereka senang memakan parutan dari kelapa. Baik itu parutan dari kelapa yang fresh ataupun parutan kelapa yang sudah lama di ambil dari kelapa.

Mereka senang memakan parutan ini dengan lahap. Umumnya kucing bisa memakan parutan ini dalam jumlah banyak ataupun jumlah yang sedikit. Seberapa banyak kucing memakannya biasanya tergantung dengan keinginan kucing itu sendiri.

Oh iya bicara mengenai kucing yang memakan parutan kelapa, akan ada pertanyaan yang mengganjal mengenai hal ini dalam pikiran kita. Hal tersebut biasanya adalah mengenai kenapa kucing suka parutan kelapa dan bolehkah kucing memakan parutan kelapa ?

 

Kenapa Kucing Suka Makan Kelapa Parut ?

Kucing seringkali menunjukan ketertarikan yang tak biasa terhadap makanan lainnya. Mereka bisa tertarik dengan makanan yang tak umum untuk kucing makan. Contohnya keju, keripik kentang, keripik ubi, kacang tanah dan sejenisnya. 

Selain itu parutan kelapa juga menjadi salah satu makanan yang kucing sukai untuk di makan. Beberapa dari kita yang melihat kucing memakan parutan kelapa ini mungkin keheranan mengapa kucing suka makan kelapa parut. 

Ada beberapa alasan yang membuat kucing suka kelapa parut. Beberapa alasannya setahu Anggora antara lain :

1. Tekstur Parutan Kelapa Yang Mirip Rumput

Kebanyakan kucing suka memakan rumput yang ada di halaman rumah. Ini kucing lakukan untuk membersihkan pencernaan mereka. Bagi kucing tekstur parutan ini mirip sekali dengan rumput tersebut dan ini cukup menarik bagi mereka. 

Karena dengan mengunyahnya mereka dapat merasakan sensasi unik di mulut mereka. Beberapa kucing menyukai tekstur parutan ini dan ini bisa memberikan kesenangan tersendiri bagi kucing yang tengah mengunyah parutan kelapa.

 

2. Kucing Menyukai Rasa Parutan Kelapa

Meskipun kucing tak bisa merasakan rasa manis yang terdapat dalam kelapa yang telah di parut namun kucing dapat merasakan rasa lain yang berada di dalamnya. Seperti rasa asin, asam dan juga rasa umami yang ada dalam kelapa parut.

Sebagian kucing menyukai rasa yang ada pada parutan kelapa ini. Inilah mengapa setiap kali kita memberikan parutan kelapa atau setiap kali mereka melihat ada parutan kelapa yang terletak sembarangan maka kucing akan memakannya. 

 

3. Aroma Parutan Kelapa

Kucing secara alami mengandalkan hidungnya untuk membedakan makanan. Mereka biasanya akan mencium bau makanan terlebih dahulu sebelum mereka yakin bahwa apa yang di hadapan mereka adalah makanan yang bisa di makan. 

Bagi beberapa kucing aroma parutan kelapa yang mereka cium merupakan bau yang enak di cium dan mereka menganggap bahwa ini tanda bahwa makanan ini bisa mereka makan. Kucing yang menganggap ini makanan tentu saja tak akan ragu untuk memakan parutan kelapa hingga mereka puas untuk memakannya.

 

4. Faktor Kebiasaan

Selain 3 alasan di atas, faktor kebiasaan juga dapat berpengaruh dengan kesukaan kucing makan kelapa. Kucing yang sering kali di berikan parutan kelapa sebagai cemilan atau campuran makanan utama mereka akan terbiasa memakan parutan kelapa bahkan beberapa dari mereka akan menyukai makan kelapa. 

Umumnya kebiasaan memberikan kucing parutan kelapa sebagai makanan sering kali di lakukan oleh mereka yang tak paham dengan makanan yang baik untuk kucing. Biasanya ini sering di lakukan oleh para pemilik kucing kampung.

 

Lalu Apakah Kucing Boleh Makan Parutan Kelapa ?

Walaupun parutan kelapa bukanlah sebuah makanan yang dapat membahayakan kucing namun pemberiannya kepada kucing sebagai makanan kucing tak begitu di anjurkan. Apalagi jika makanan ini di berikan sebagai makanan utama kucing, campuran makanan kucing ataupun di berikan secara berlebihan pada kucing. 

Alasannya sederhana, yang pertama adalah pemberian kelapa parut yang menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing. Ini terjadi akibat makanan tak cocok dengan pencernaan kucing sehingga kucing yang memakannya akan menderita gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan yang bisa terjadi seperti diare, mual, muntah-muntah, mual, kucing kesulitan buang air besar dan sejenisnya. Bukan cuma itu saja, selanjutnya pemberian kelapa parut sebagai makanan utama kucing atau di berikan berlebihan juga dapat membuat kucing mengalami malnutrisi.

Dari beberapa alasan di atas bisa di simpulkan bahwa makanan ini kurang baik untuk di berikan pada kucing peliharaan kesayangan kita ataupun kucing liar. Beberapa alasan di atas mungkin bisa menjadi pertimbangan buat kamu untuk menghindari pemberian parutan kelapa pada kucing. 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai mengapa kucing suka kelapa parut dan bolehkah kucing makan kelapa parut. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url