Apakah Kucing Boleh Makan Kentang Rebus ? Ini Jawabnya !

Siapa sih yang tidak kenal kentang ? Kita semua pasti mengenalnya. Kentang merupakan golongan umbi-umbian. Meskipun kentang terdapat pada akar tanaman ternyata kentang bukan termasuk umbi akar tetapi kentang merupakan umbi batang.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kentang Rebus


Ada satu fakta lagi mengenai kentang yang perlu kamu tahu yaitu kentang termasuk sayuran bukan buah-buahan. Kebanyakan dari kita mungkin berpikir bahwa kentang adalah buah-buahan walaupun kentang sering dimasak sebagai sayuran.

Tapi nyatanya apa yang kita pikirkan tersebut salah. Oh iya bicara soal kentang, makanan yang satu ini seringkali kita masak dengan cara direbus dan tak jarang kentang rebus ini menarik perhatian kucing kita. Tidak cuma menarik perhatian kucing saja, kentang juga dapat membuat kucing berkeinginan untuk memakannya.

Kucing yang diberikan kentang rebus dan menyukainya bisa memakan makanan ini dengan lahap hingga habis tak tersisa. Beberapa kucing memang menyukai makan makanan ini namun sebagai pemilik yang baik penting bagi kita untuk mencari tahu tahu lebih dahulu apakah makanan ini boleh diberikan atau tidak pada kucing.

Lalu apakah boleh kucing makan kentang rebus ? Untuk mengetahuinya jawabannya maka kamu dapat tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kentang Rebus ?

Kucing adalah hewan karnivora yaitu hewan pemakan daging. Walaupun begitu, ini tak menghalangi kucing untuk tertarik memakan makanan selain daging. Salah satu makanan selain daging yang bisa membuat kucing tergoda untuk memakannya adalah kentang rebus.

Kucing Anggora sendiri yang merupakan jenis kucing keturunan campuran sangat menyukai kentang rebus. Bukan cuma Anggora saja, kucing kamu mungkin juga memiliki perilaku yang sama, itulah alasan mengapa kamu mencari tahu apakah makanan ini boleh diberikan pada kucing atau tidak.

Berbicara mengenai bolehkah pemberian kentang rebus pada kucing, banyak ahli yang berpendapat bahwa pemberian kentang rebus pada kucing sangat tidak dianjurkan. Mereka beralasan bahwa makanan ini :

1. Kurang Bernutrisi Bagi Kucing

Bagai manusia kentang merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi hal ini tak berlaku bagi kucing. Hampir keseluruhan kandungan nutrisi pada kentang tak begitu dibutuhkan oleh tubuh kucing.

Contohnya seperti karbohidrat yang banyak terkandung dalam kentang yang membuat makanan ini bisa digunakan sebagai pengganti gandum atau nasi bagi manusia. Bagi kucing karbohidrat tidak dibutuhkan sama sekali sebagai sumber energi tubuh.

Dibandingkan karbohidrat, tubuh kucing cenderung lebih membutuhkan protein hewani sebagai sumber energi utama tubuh mereka. Selain karbohidrat beberapa kandungan nutrisi lainnya yang terkandung di dalamnya juga serupa, tak begitu dibutuhkan oleh tubuh kucing.

Ini membuat kentang menjadi salah satu dari banyaknya makanan yang cuma bisa mengenyangkan kucing namun tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing karena kurangnya nutrisi yang ada di dalamnya.

 

2. Kentang Sulit Dicerna Oleh Tubuh Kucing

Alasan selanjutnya adalah karena kentang rebus merupakan makanan yang sulit untuk dicerna. Seperti yang kita tahu bahwa kentang rebus adalah makanan yang berasal dari tanaman, bukan makanan yang berasal dari hewan.

Ini membuat makanan ini sulit untuk dicerna oleh tubuh kucing karena ketidakcocokannya dengan sistem pencernaan kucing. Butuh waktu yang lama bagi tubuh mereka untuk memproses makanan. Bukan cuma itu saja, hal ini juga tak jarang mengakibatkan kucing mengalami masalah pencernaan.

 

3. Dapat Membuat Kucing Mengalami Gangguan Pencernaan

Tidak hanya sulit untuk di cerna saja tetapi kentang rebus juga dapat membuat kucing yang memakannya beresiko mengalami gangguan pencernaan. Umumnya gangguan pencernaan yang diderita kucing akibat makanan ini adalah seperti :

  • Muntah-muntah

  • Mual

  • Sakit perut

  • Diare

  • Dan gangguan lain yang sejenisnya

 

4. Kentang Bisa Beracun Dan Berbahaya Untuk Kucing

Alasan yang terakhir adalah kentang rebus bisa beracun bagi kucing. Hal ini dapat terjadi ketika kentang direbus bersamaan dengan tambahan bumbu lainnya. Ini biasa dilakukan oleh kita saat memasak sayuran untuk membuat makanan semakin terasa sedap.

Bagi manusia tambahan bumbu ini mungkin bukanlah suatu masalah dan tak akan berdampak sama sekali bagi kesehatan kita atau bahkan tak akan membuat kita mengalami keracunan. Tetapi ini berbeda bagi kucing, tambahan bumbu lainnya ini bisa membuat kentang rebus menjadi beracun.

Contohnya seperti bawang merah dan bawang putih yang dapat membuat kucing yang memakannya mengalami anemia akibat hancurnya sel darah merah dalam tubuh kucing, kandungan garam yang dapat membuat kucing beresiko mengalami penyakit ginjal, lada dan cabe yang dapat membuat kucing diare dan berapa bumbu tambahan lainnya yang mungkin berbahaya buat si kucing.

 

Itulah dia beberapa alasan mengapa tidak dianjurkan kentang rebus untuk diberikan pada kucing peliharaan kita.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan kentang rebus. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url