Apakah Kucing Boleh Makan Kacang Mete ? Ini Jawabnya !

Kacang mete adalah salah satu makanan yang cukup populer. Kepopuleran makanan ini dikarenakan tekstur yang renyah, rasanya yang unik dan juga cukup nikmat untuk dimakan. Makanan ini mungkin seringkali dikonsumsi oleh kita.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kacang Mete


Dikonsumsi dengan cara dicampurkan dengan makanan lainnya seperti dilapisi coklat, dijadikan topping kue, campuran bahan brownies atau dimasak langsung dengan menggunakan bahan tambahan seperti garam, gula tepung dan sejenisnya.

Oh ya bicara soal kacang mete, ternyata makanan ini bukan cuma digemari oleh manusia saja tetapi beberapa kucing juga menggemari makanan ini. Setiap kali makan ini diberikan pada kucing, kucing mungkin akan dengan senang hati memakannya hingga habis.

Mungkin kucing kamu adalah salah satu dari kucing yang suka dengan kacang mete. Sewaktu kucing peliharaan kita menyukai kacang mete, sebagai pemilik tentu saja kita tak akan begitu saja asal memberikan kacang ini pada kucing.

Wajib bagi kita untuk terlebih dahulu mencari tahu apakah makanan ini boleh diberikan pada kucing atau tidak. Lalu apakah boleh diberikan pada kucing ? Ketahui jawabannya di tulisan Anggora ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kacang Mete ?

Kacang mete yang merupakan kacang-kacangan ternyata juga disukai oleh kucing. Ketika kucing yang menyukai makanan ini diberikan kacang mete untuk di makan, mereka akan dengan melahap habis kacang-kacangan ini.

Sebagai pemilik yang baik meskipun kucing menyukai kacang mete namun kita tidak boleh begitu saja memberikan kacang-kacangan ini pada mereka. Kita mesti mengetahui terlebih dahulu apakah makanan ini boleh diberikan atau baik diberikan pada kucing atau tidak ?

Lalu apakah kita makanan ini baik atau boleh diberikan pada kucing ? Jawabannya adalah tidak. Makanan ini bisa dibilang bukanlah makanan yang baik untuk kesehatan. Di samping itu, kacang mete tak dianjurkan untuk diberikan pada kucing sebagai makanan makanan.

Alasan kenapa makanan ini tidak dianjurkan pada kucing adalah karena :

1. Kacang Mete Tak Dapat Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Kucing

Alasan pertama adalah karena kacang mete bisa dibilang merupakan makanan yang tak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh kucing. Kacang mete tak mampu memenuhinya meskipun di dalamnya terdapat banyak nutrisi yang terkandung.

Salah satunya nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah protein. Kandungan protein dalam kacang mete bisa dibilang cukup banyak, bahkan melebihi kandungan nutrisi lainnya. Namun ini masih membuat makanan ini tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kucing.

Meskipun sebenrnya kucing sangat membutuhkan protein sebagai sumber energi utama dan sebagai nutrisi untuk tubuhnya. Alasannya karena protein yang terdapat dalam kacang mete adalah protein nabati.

Protein ini kurang baik untuk tubuh kucing karena sulit untuk dicerna dan butuh waktu lama untuk mencernanya. Hal sama juga berlaku pada lemak dan juga serat yang ada pada kacang. Berapa alasan ini membuat kacang mete dinilai kurang bernutrisi sebagai makanan untuk kucing.

 

2. Sulit Untuk Dicerna Kucing

Sama saja dengan kacang-kacangan lainnya, kacang mete juga termasuk makanan yang sulit untuk dicerna oleh pencernaan kucing. Hampir keseluruhan jenis kucing akan kesulitan mencerna kacang mete dalam tubuh mereka.

Ini membuat butuh waktu yang lama bagi pencernaan kucing untuk mencernanya. Waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan ini mungkin bisa menjadi dua atau tiga kali lipatnya. Kesulitan kucing dalam mencerna makanan ini akibat ketidakcocokan makanan dengan sistem pencernaan kucing.

Sistem pencernaan yang di desain khusus untuk mencerna makanan yang berasal dari hewan tak akan cocok untuk mencerna makanan yang berasal dari tanaman atau tumbuh-tumbuhan. Hal ini merupakan hal-hal alami yang biasa terjadi pada hewan karnivora yang diberi makan-makanan yang tak sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

3. Konsumsi Kacang Mete Dapat Menyebabkan Gangguan Pencernaan Pada Kucing

Selain sulit untuk dicerna, kacang mete juga dapat menyebabkan kucing yang memakannya mengalami gangguan pencernaan. Umumnya gangguan pencernaan yang dialami oleh kucing adalah seperti diare, mual-mual, muntah, sakit perut dan sejenisnya.

 

4. Kacang Mete Dapat Menyebabkan Alergi Pada Kucing

Bukan cuma dapat menyebabkan gangguan pencernaan saja, kacang mete pun dapat menyebabkan gangguan lainnya seperti alergi pada kucing. Hal ini merupakan hal yang biasa terjadi ketika tubuh kucing menolak makanan tertentu.

Yang mana ini akan membuat kucing alergi terhadap makanan tersebut. Salah satu contohnya adalah terhadap kacang mete. Kucing yang mengalami alergi pada kacang mete biasanya akan mengalami reaksi gatal-gatal pada tubuhnya, sakit perut, mual, muntah-muntah bahkan keracunan.

 

Itulah dia beberapa alasan mengapa makanan ini sangatlah tidak dianjurkan diberikan pada kucing dan termasuk makanan yang tidak baik untuk kesehatan kucing. Sebaiknya pertimbangkan ulang untuk memberikan makanan ini pada kucing.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan kacang mete. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url