Apa Kucing Boleh Makan Kacang ? Ini Jawabnya !

Baik itu kacang rebus ataupun kacang goreng makanan ini adalah salah satu makanan yang banyak disukai oleh manusia. Bukan cuma oleh manusia saja, sebagian kucing juga menyukai makanan ini. Mereka cukup menyukainya, sampai-sampai ketika kita memberikan makanan ini pada mereka, mereka mampu melahapnya hingga habis.

 

Kucing Boleh Makan Kacang


Bicara soal kacang, makanan ini merupakan makanan yang cukup baik untuk kesehatan tubuh manusia karena kaya akan nutrisi, protein, lemak serta serat. Makanan ini cukup dianjurkan untuk kita makan walaupun kita tak boleh makannya secara berlebihan.

Bagi manusia makanan ini cukup dianjurkan untuk dimakan namun Apakah hal serupa juga berlaku untuk kucing ? Apakah kucing boleh diberikan kacang untuk mereka makan ?  Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan ini maka kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Apa Kucing Boleh Makan Kacang ?

Kucing memang menyukai makan kacang. Mereka menyukai makan kacang rebus ataupun kacang goreng. Namun tak semua kucing menyukai makanan ini. Hanya sebagian dari mereka yang mungkin suka makan kacang. Ketika kucing kita menyukainya makan sbagai pemilik tentu kita memiliki keinginan untuk menyenangkan kucing kita Dengan memberikannya kacang untuk dimakan.

Namun keinginan ini harus kita tunda sebelum kita tahu apakah makanan ini boleh diberikan pada kucing atau tidak. Sebenarnya setahu Anggora, makanan ini tak boleh diberikan pada kucing untuk dimakan. Sangat tidak dianjurkan memberikan kacang jenis apapun kepada kucing sebagai makanan.

Mau itu kacang tanah, kacang hijau, kacang mate,kacang almond, kacang hazelnut dan sejenisnya, semuanya sangat tak di rekomendasikan untuk di berikan ke kucing peliharaan kesayangan kita. Ada beberapa alasan yang mendasari hal ini. Alasan tersebut menurut para ahli adalah sebagai berikut :

1. Kacang Bukanlah Makanan Yang Bernutrisi Untuk Kucing

Walaupun kacang kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin E, lemak, serat, omega 3 dan dan lainnya namun makanan ini masih bukan tergolong makanan yang bernutrisi untuk kucing. Ini karena makanan ini belum mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh kucing.

Di samping itu nutrisi yang berasal dari tanaman atau tumbuhan bukan merupakan nutrisi yang baik untuk kucing. Alasannya karena nutrisi ini mungkin sulit untuk tubuh kucing mencernanya. Dibutuhkan waktu yang lama agar nutrisinya bisa benar-benar di cerna oleh tubuh kucing.

 

2. Kacang Sulit Dicerna Oleh Tubuh Kucing

Berbeda dengan manusia, kacang merupakan salah satu makanan yang cukup sulit bagi tubuh kucing untuk mencernanya. Butuh waktu dua kali lipat atau di butuhkan waktu bahkan lebih dari itu bagi tubuh kucing untuk mencerna kacang dalam tubuhnya.

Tidak hanya sampai di situ saja, akibat sulitnya makanan ini dicerna tak jarang ini akan menyebabkan kucing mengalami gangguan pencernaan. Tentu saja hal ini akan membuat kucing penderita akan merasakan perasaan tak nyaman pada tubuhnya.

 

3. Kacang Beracun Untuk Kucing

Kacang yang aman dimakan oleh manusia ternyata bisa beracun untuk kucing. Ini karena beberapa kacang mengandung senyawa Aflatoxin. Senyawa ini cukup berbahaya dan dapat menimbulkan keracunan bagi tubuh kucing.

Ketika kucing mengalami keracunan, kucing akan mengalami hal-hal seperti diare, muntah-muntah, mual dan lainnya yang terkait dengan masalah pencernaan. Tak hanya itu saja, ketika zat ini masuk secara berlebihan ke dalam tubuh kucing, zat ini dapat sangat merusak hati kucing.

 

4. Kacang Dapat Menimbulkan Alergi Untuk Kucing

Selain sulit untuk dicerna oleh tubuh kucing, kacang juga dapat menimbulkan alergi pada kucing. Alergi ini terjadi ketika ketidakcocokan terjadi antara kacang dengan tubuh kucing. Umumnya kucing yang mengalami alergi akan mengalami gangguan seperti :

  • Muntah-muntah

  • Diare

  • Sakit perut

  • Mual-mual

  • Dan sejenisnya.

 

Itulah dia beberapa alasan mengapa makanan ini sangat tidak boleh atau tidak dianjurkan untuk diberikan ke kucing sebagai makanan. Hal ini mungkin bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang hendak memberi kucing kamu kacang.

 

Kesimpulan

Kacang merupakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Makanan ini cukup disukai oleh kucing yang merupakan hewan karnivora. Walaupun tak semua kucing menyukainya, hanya beberapa dari mereka yang mungkin menyukai makanan ini.

Bagi manusia sendiri kacang merupakan makanan yang bernutrisi dan baik untuk dimakan namun hal ini berbeda bagi kucing. Makanan ini justru tak dianjurkan pada kucing. Ada banyak alasan yang membuat makanan ini tidak boleh diberikan pada kucing.

Itulah mengapa bagi kamu yang hendak memberikan makanan ini kepada kucing, sebaiknya pertimbangkan ulang mengenai hal ini dan mengurungkan niat kamu untuk memberikannya pada kucing. Lebih baik mengganti makanan ini dengan makanan yang lebih baik untuk kucing.

 

Mungkin bisa saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan kacang. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url