Apakah Kucing Boleh Makan Keju Cheddar ? Ini Jawabnya !

Keju adalah produk makanan yang dihasilkan dari susu yang difermentasi. Keju merupakan makanan yang yang cukup digemari oleh masyarakat luar negeri. Di Indonesia sendiri makanan ini juga memiliki tempatnya sendiri dalam hati masyarakat.


Apakah Kucing Boleh Makan Keju Cheddar

 

Ini karena makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang unik sehingga makanan ini bisa dipadukan dengan berbagai makanan tertentu dan membuat makanan tersebut menjadi semakin lezat. Contohnya seperti kue bolu atau donat.

Ketika keju ditambahkan bersamaan dengan coklat di atas makanan ini maka akan membuat kue bolu ataupun donat itu terasa semakin nikmat di lidah. Bukan cuma cocok untuk ditambahkan ke kue saja ini bahkan cocok ditambahkan ke masakan lainnya seperti pizza, spaghetti dan sejenisnya.

Oh ya berbicara mengenai keju, makanan yang biasa di makan oleh manusia ini ternyata juga cukup disukai oleh kucing. Memang tak semua kucing, hanya beberapa dari mereka yang mungkin terlihat menyukai keju untuk di makan.

Kucing kamu mungkin adalah bagian dari kucing yang menyukai keju sebagai makanan dan salah satu jenis keju yang kucing kamu sukai adalah merk keju cheddar. Ketika kucing kamu suka makan keju ini kamu mungkin bertanya-tanya dalam hati.

Seperti bolehkah kucing makan keju cheddar dan amankah brand keju ini diberikan pada kucing ? Nah untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Sedikit Mengenai Keju Cheddar

Keju Cheddar merupakan keju yang di buat pertama kali di Negara Inggris. Kemudian karena rasanya yang jauh lebih baik dari keju lainnya maka keju ini menyebar dengan cepat ke seluruh belahan dunia dan menjadi salah satu jenis keju yang paling di minati hingga saat ini.

Keju Cheddar adalah jenis keju yang kaya nutrisi. Keju ini mengandung protein, lemak, vitamin C,  B6, B12 kalsium, magnesium, kolesterol dan lainnya. Oh iya di Indonesia sendiri, keju Cheddar merupakan salah satu jenis keju yang sering di pakai dalam makanan.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Keju Cheddar ?

Kucing seringkali menarik perhatian kita dengan perilakunya yang unik. Nah salah satu perilaku yang membuat kita tertarik adalah kebiasaan makan kucing yang terkadang berbeda dengan kebiasaan makannya yang biasanya.

Contohnya adalah ketika kucing suka memakan keju yang tak biasa dimakan oleh hewan karnivora. Salah satu keju yang kucing suka makan adalah keju cheddar. Brand keju yang satu ini cukup kucing sukai untuk dimakan sebagai cemilan.

Kucing memang suka keju sebagai makanannya namun yang jadi pertanyaan adalah apakah kucing boleh makan keju cheddar. Lalu Apakah kucing boleh makan keju ini ? Jawabannya adalah boleh. Kucing boleh makan keju cheddar.

Tetapi sebelum memberikan keju cheddar pada kucing sebagai makanan ada beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan. Beberapa hal penting tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kandungan Lemak Jenuh Keju Cheddar Cukup Tinggi

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa keju cheddar memiliki kandungan lemak yang tinggi baik itu lemak biasa ataupun lemak jenuh. Ini membuat keju ini tak baik untuk dikonsumsi kucing dalam jumlah banyak.

Jika kucing mengkonsumsinya dalam jumlah banyak kucing bisa beresiko mengalami obesitas, penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung, stroke dan penyakit sejenisnya. Untuk menghindari hal ini disarankan untuk memberikan keju dalam porsi yang secukupnya saja pada kucing.

 

2. Keju Cheddar Berlaktosa

Meskipun kandungan laktosa di dalam keju cheddar tergolong rendah dan aman dikonsumsi oleh manusia yang intoleransi laktosa namun tetap saja ini akan berbahaya bagi kucing jika kucing memakannya terlalu banyak.

Kucing yang terlalu banyak memakan keju ini bisa saja mengalami gangguan pencernaan akibat intoleransi laktosa dikarenakan penumpukan laktosa dalam pencernaan kucing. Kucing yang mengalami gangguan pencernaan umumnya akan mengalami diare, muntah, sakit perut dan sejenisnya.

Agar kucing terhindar dari masalah di atas, sebaiknya batasi pemberian keju ini sebagai cemilan atau makanan bagi kucing.

 

3. Berikan Sesekali Saja

Memang keju ceddar ini boleh diberikan pada kucing dan aman untuk kucing peliharaan kesayangan kita makan namun hal ini akan berubah ketika kita terlalu sering dan terlalu berlebihan dalam memberikan kucing keju cheddar.

Keju cheddar yang tadinya aman bisa menjadi penyebab masalah kesehatan pada kucing peliharaan kita. Karena itulah kita tak boleh memanjakan kucing dan hanya memberikan kucing keju merk cheddar yang disukainya sesekali saja.

 

4. Perhatikan Reaksi Kucing Setelah Makan Keju Cheddar

Beberapa kucing mungkin memiliki ketidakcocokan dengan keju jenis ini. Ketidakcocokan ini mungkin dapat membuat kucing menunjukkan reaksi negatif setelah memakan keju yang telah kita berikan kepadanya.

Kucing mungkin akan mengalami alergi gatal-gatal, mengalami gangguan pencernaan seperti diare, mencret, mual sakit perut. Bila reaksi negatif ini terjadi pada kucing kamu, sebaiknya hentikan pemberian  keju dan terus awasi kucing.

Dan jika reaksi negatif masih terus berlanjut maka di sarankan untuk segera memeriksakan kucing ke dokter hewan terdekat. Namun sebaliknya jika tak ada reaksi negatif apapun yang terjadi maka pemberian keju boleh di lanjutkan dan kucing bisa di anggap aman memakannya.

 

Itulah dia pembahasan mengenai bolehkah kucing makan keju cheddar. Semoga tulisan Anggora ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url