Bolehkah Kucing Makan Tempe Mentah ? Ini Jawabnya !

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia. Makanan ini merupakan makanan populer di masyarakat Indonesia. Semua kalangan menyukai tempe untuk dijadikan makanan atau sayuran. Namun makanan ini lebih sering dimakan oleh masyarakat menengah ke bawah.


Bolehkah Kucing Makan Tempe Mentah


Ini karena tempe merupakan makanan yang murah dan cukup mudah untuk ditemukan di mana saja. Oh iya, bukan cuma manusia saja yang menyukai makanan ini untuk dimakan tetapi kucing yang merupakan hewan karnivora juga suka makan tempe.

Banyak kucing yang tak akan menolak ketika kita memberikan pada mereka tempe. Bahkan kucing akan senang hati memakan tempe yang kita berikan pada mereka hingga habis. Melihat kucing senang makan tempe, mungkin akan muncul pertanyaan dalam pikiran kita.

Salah satu pertanyaan tersebut adalah Apakah kucing boleh makan tempe dan bolehkah kucing makan tempe mentah ? Untuk untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini.

Baca hingga akhir ya sobat


Bolehkah Kucing Makan Tempe ?

Walaupun kita tahu bahwa tempe adalah salah satu makanan yang sangat bernutrisi dan memiliki kandungan protein yang tinggi namun ini bukan berarti makanan ini baik untuk kucing. Makanan ini hanya baik untuk manusia makan.

Di samping itu tempe bukanlah makanan yang bernutrisi bagi kucing. Di dalam tempe tak ada sama sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kucing. Bahkan protein yang terkandung di dalam tempe itu sendiri merupakan jenis protein nabati.

Protein jenis ini bukanlah jenis protein yang dibutuhkan oleh tubuh kucing. Tubuh kucing hanya membutuhkan protein hewani sebagai sumber energi utama pada tubuh mereka. Ditambah lagi tempe tak baik untuk pencernaan kucing.

Ini karena makanan ini terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Yang mana ini tak cocok sama sekali dengan sistem pencernaan pada tubuh kucing. Jika kucing banyak memakan tempe, ini akan membuat kucing yang memakannya mengalami gangguan pencernaan.

Umumnya gangguan pencernaan yang terjadi pada kucing akibat terlalu banyak makan tempe adalah gangguan pencernaan seperti diare, mual-mual,sakit perut, muntah-muntah dan gangguan pencernaan sejenisnya.

Loh bukannya tempe katanya baik untuk pencernaan kucing dan bahkan dapat mengobati penyakit diare pada kucing ? Memang benar tempe dapat mengobati penyakit diare pada kucing, ini karena kandungan bakteri rihizopus olisgoporus didalamnya yang dapat menetralisir bakteri Salmonella Typhii.

Tetapi walaupun begitu tempe tetap saja bukanlah jenis makanan yang baik untuk pencernaan kucing. Dari beberapa alasan yang Anggora katakan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemberian tempe pada kucing bukanlah hal baik untuk dilakukan dan tidak dianjurkan sama sekali.

 

Lalu Bolehkah Kucing Makan Tempe Mentah ?

Tempe bukanlah makanan beracun bagi kucing dan aman diberikan untuk kucing sebagai makanan tetapi pemberian tempe pada kucing tidak dianjurkan untuk dilakukan karena makanan ini dinilai bukanlah makanan baik untuk kucing makan.
Ya Alasannya seperti yang Anggora jelaskan pada pembahasan di atas bahwa :

  • Tempe bukanlah makanan yang baik bagi pencernaan kucing

  • Tempe tidak memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kucing

  • Tempe dapat menyebabkan kucing mengalami gangguan pencernaan seperti diare dan sejenisnya

  • Tempe hanya bisa mengenyangkan kucing. Tempe tak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing


Lalu bagaimana dengan tempe mentah ? Apakah tempe mentah boleh diberikan kepada kucing untuk dimakan ? Jawabannya adalah tidak. Sama dengan tempe yang sudah dimasak matang, tempe mentah juga bukanlah makanan yang baik untuk kucing.

Bahkan makanan ini sendiri bisa membahayakan kesehatan kucing ketika kucing dipaksa untuk memakannya. Ini karena ketika tempe masih dalam keadaan mentah, tempe kemungkinan masih memiliki bakteri berbahaya di dalamnya.

Nah bakteri yang ada pada tempe inilah yang nantinya dapat membuat kucing jatuh sakit jika bakteri masuk ke dalam tubuh kucing. Jadi, sebaiknya jangan memberikan tempe dalam keadaan mentah pada kucing. Lebih baik menghindari pemberian tempe mentah pada kucing agar kucing tidak jatuh sakit.

Daripada memberikan tempe mentah pada kucing untuk di makan, jauh lebih baik memberikan makanan khusus kucing seperti dry food atau wet food sebagai makanan utama kucing atau sebagai cemilan untuk kucing makan.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah boleh kucing makan tempe mentah. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya. Bagi kamu yang terlambat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url