Kucing Boleh Makan Umur Berapa ? Ini Jawabnya !

Memiliki anak kucing di rumah adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Ini dapat membuat suasana rumah menjadi ramai dan hidup kita menjadi lebih berwarna di bandingkan sebelumya. Ini hampir mirip ketika kita punya seorang anak di rumah.

 

Kucing Boleh Makan Umur Berapa

 

Oh iya bicara soal anak kucing, memelihara anak kucing mungkin jauh lebih merepotkan bila di bandingkan merawat kucing yang sudah remaja atau kucing dewasa. Kita perlu memperhatikan berbagai hal agar anak kucing bisa tumbuh sehat.

Salah satu hal yang mesti kita perhatikan adalah kapan waktu yang tepat untuk memberikan anak kucing makan untuk pertama kalinya. Ini perlu kita ketahui agar kita tak memaksa anak kucing untuk memakan makanan.

Juga ini di lakukan agar anak kucing aman ketika memakan makanan yang kita berikan dan tak akan mengganggu kesehatannya. Nah untuk mengetahui hal ini maka wajib bagi kita untuk mengetahui kapan anak kucing boleh makan makanan selain asi induknya.

 

Kucing Boleh Makan Umur Berapa ?

Seperti yang Anggora katakan di atas bahwa penting bagi kita untuk tahu kapan anak kucing bisa di beri makan makanan selain asi induknya. Alasannya agar kucing tak kelaparan karena asi induknya telah habis, agar kucing aman di berikan makanan selain asi dan agar kucing bisa tumbuh dengan sehat.

Lalu yang jadi pertanyaan, kucing boleh makan umur berapa ? Pada awalnya kucing akan mulai tertarik untuk mencoba makanan lain selain Asi induknya sewaktu anak kucing berusia 3-4 minggu. Di usia ini kucing bisa memakan makanan cair ataupun padat.

Tetapi perlu di ingat bahwa makanan selain Asi bukanlah makanan pokok baginya dan makanan ini tak boleh di berikan terlalu sering pada kucing. Ini karena kucing masih wajib meminum Asi induknya dan Asi ini masih menjadi makanan utama mereka. 

Oh iya di usia ini pemberian makanan selain susu induknya tak di anjurkan terutama makanan padat khusus kucing yang memiliki tekstur yang cukup keras. Alasannya karena pada usia ini pencernaan kucing masih dalam perkembangan untuk bisa memakan makanan selain air susu ibunya. 

Di samping itu gigi-gigi mereka masih terbilang cukup mungil dan belum terlalu kuat. Karena itulah di usianya ini memaksakan kucing memakan makanan keras dan padat hanya akan membuat gigi mereka rusak dan mengganggu pencernaan mereka.

Transisi makanan kucing dari cair ke padat akan berlangsung beberapa minggu lagi dari usia kucing yang baru 3 atau 4 minggu. Biasanya sih ketika kucing berusia 8 hingga 10 mingguan berulah anak kucing bisa memakan makanan lain dan tak akan tergantung lagi dari air susu ibunya.

Pada usia ini kita sudah bisa memperkenalkan makanan lain untuk anak kucing kesayangan kita. Kamu dapat memberikan anak kucing makanan seperti daging ikan yang tak ada durinya,, kuning telur ( jangan ikut memberikan putih telur karena berbahaya buat kucing ) dan makanan sejenisnya.

Pastikan untuk memasak matang dulu makanan tersebut sebelum memberikannya pada kucing untuk di makan agar tak membuat kesehatan kucing terganggu. Namun dari semua jenis makanan yang baru saja Anggora sebutkan di atas lebih di sarankan untuk memberikan kucing makanan khusus kucing. 

Makanan ini tergolong aman untuk anak kucing makan dan lebih bernutrisi bagi tubuh mereka. Makanan khusus kucing bisa kamu temukan dengan mudah di pet shop di kota kamu atau jika kamu malas keluar rumah maka kamu dapat membelinya melalui toko online tertentu. 

 

Beberapa Hal Penting Yang Perlu Di Perhatikan Saat Memberikan Anak Kucing Makanan

Ada beberapa hal penting yang mesti kamu perhatikan sebelum memberikan anak kucing kamu makanan. Perhatikan beberapa hal ini agar pemberian makanan kucing dapat di berikan dengan aman pada kucing dan tak akan mengganggu kesehatannya.
Beberapa hal tersebut antara lain :

  • Usia kucing wajib di atas 8 mingguan

  • Makanan yang mesti kita berikan adalah makanan yang matang, jangan memberikan makanan yang mentah jika kamu tak ingin kucing kamu mengalami gangguan pencernaan serta masalah kesehatan lainnya

  • Lebih baik memberikan kucing makanan khusus kucing yang banyak di jual di pasaran

  • Jika kucing kesulitan makan makanan padat sebaiknya haluskan dulu makanan tersebut atau berikan kucing makanan cair seperti wet food

  • Pada awal kucing mulai makan makanan selain asi ibunya, jangan lupa menambahkan susu khusus kucing sebagai nutrisi tambahan. Pemberian susu bisa benar-benar di hentikan ketika kucing sudah terbiasa makan makanan padat

  • Jika ada masalah ketika kucing memakan makanan padat maka sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter hewan

 

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas maka pemberian makan makanan padat pada kucing aman untuk di lakukan, tak menimbulkan kekhawatiran apapun dan tak akan menimbulkan masalah kesehatan bagi kucing.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai kucing boleh makan umur berapa dan pembahasan yang terkait dengannya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url