Apakah Kucing Boleh Makan Wortel ? Ini Jawabnya !

Siapa sih yang tidak mengenal wortel, kita semua pastinya sangat mengenalnya. Dilihat dari bentuk wortel ini sendiri, wortel bisa di bilang lebih mirip buah namun siapa sangka wortel malah di kategorikan sebagai bagian dari sayur-sayuran.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Wortel

 

Wortel sendiri memiliki bentuk lonjong dan salah satu sisinya berujung lancip. Sayuran ini memiliki warna yang unik yaitu berwarna oren. Dengan beberapa ciri khasnya ini, hanya melihat sekilas dari jauh saja maka kita bisa mengetahui bahwa itu adalah wortel.

Oh ya bicara soal wortel, beberapa dari kita mungkin memiliki kucing yang menyukai wortel sehingga kita berpikir untuk membiarkan kucing untuk memakannya atau karena kita ingin kucing kita sehat maka kita mencampurkan wortel pada makanannya.

Namun apakah tindakan kita ini benar dan apakah wortel boleh diberikan pada kucing kesayangan kita untuk dimakan ? Nah untuk mengetahui jawaban atas hal ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini. 

 

Apakah Kucing Boleh Makan Wortel ?

Wortel merupakan salah satu sayuran yang populer di dunia. Ini karena wortel banyak disukai orang karena rasanya yang enak dan juga makanan ini cocok untuk ditambahkan ke berbagai makanan tertentu. Itulah mengapa sering kali kita melihat adanya wortel dalam berbagai olahan masakan.

Berbicara mengenai wortel, beberapa dari kita mungkin ada yang sering memberikan wortel pada kucing untuk dimakan. Alasannya sederhana karena kucing memintanya dan saat kucing diberikan wortel, kucing memakannya dengan lahap.

Tetapi biasanya kucing hanya menyukai wortel yang telah di masak, kucing menyukainya mungkin karena setelah dimasak wortel jauh lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dimakan. Sementara itu alasan lainnya karena kita ingin agar kucing peliharaan kita sehat.

Kita berpikir bahwa dengan mencampurkan wortel ke makanan kucing dapat membuat kucing peliharaan kita yang memakannya jauh lebih sehat. Namun apakah yang kita pikirkan ini benar dan bolehkah kucing di memberi makan wortel ?

Jawabannya adalah kucing boleh diberikan wortel ini karena makanan ini dinilai tidak berbahaya serta beracun untuk kucing. Pemberian wortel pada kucing hanya boleh diberikan sedikit saja dan wortel tak boleh diberikan secara rutin setiap harinya pada kucing kita.

Jika diberikan dalam jumlah banyak dan diberikan rutin setiap harinya maka pemberian wortel dilarang untuk diberikan sebab berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan tertentu pada kucing. Di samping itu ada beberapa alasan lainnya yang membuat makanan ini dilarang diberikan pada kucing dalam jumlah banyak.

Beberapa alasan tersebut antara lain :

1. Wortel Bukanlah Makanan Yang Bernutrisi Buat Kucing

Alasan yang pertama adalah wortel bukanlah makanan yang bernutrisi buat kucing. Wortel memang kaya akan kandungan vitamin A dan ini memang terbilang bagus untuk mata kucing, di tambah lagi wortel juga mengandung banyak serat.

Tetapi kedua hal ini tak cukup membuat wortel sebagai makanan yang cukup bernutrisi untuk kucing. Di samping itu serat pada wortel juga tergolong kurang baik untuk tubuh kucing. Ini membuat wortel sebagai makanan yang kurang bernutrisi untuk kucing.

 

2. Wortel Sulit Untuk Dicerna Oleh Pencernaan Kucing

Seperti yang kita tahu bahwa wortel berasal dari tanaman dan umumnya makanan jenis ini sulit untuk tubuh kucing cerna. Meskipun beberapa kucing dapat mencerna makanan ini dengan baik namun itu hanya berlaku jika kucing hanya memakan sedikit wortel saja.

Kalau kucing cuma makan yang berlebihan hasilnya malah sebaliknya. Ini akan membuat sistem pencernaan kucing akan kesulitan mencerna wortel. Akibatnya kucing dapat mengalami gangguan pencernaan. Yang mana hal ini tentu saja akan membuat kucing merasa tak nyaman dengan kondisi tubuhnya.

 

3. Wortel Dapat Menyebabkan Masalah Pencernaan Pada Kucing

Selain dapat membuat pencernaan kucing kesulitan untuk mencerna wortel yang masuk ke dalam tubuh jika di makan berlebihan, wortel juga dapat membuat kucing yang memakannya mengalami masalah pencernaan.

Bisa dibilang hal ini terjadi sebagai akibat dari makanan yang sulit dicerna dan bertumpuk dalam sistem pencernaan. Umumnya kucing yang mengalami masalah pencernaan akibat hal ini akan mengalami muntah-muntah, sakit perut, mual ataupun diare.

 

4. Masalah Kesehatan Jangka Panjang

Jika kamu memberikan kucing wortel sebaiknya berikan sedikit saja jika kamu tak ingin kucing kamu mengalami masalah kesehatan jangka panjang. Masalah kesehatan jangka panjang tersebut bisa berupa kucing yang terus-terusan mengalami gangguan pencernaan, kucing kesulitan buang air besar, kucing sering mengalami muntah-muntah atau mual-mual dan sejenisnya.

 

Itulah dia beberapa alasan mengapa makanan ini hanya boleh diberikan sedikit saja pada kucing dan tak boleh diberikan berlebihan ataupun diberikan terlalu sering pada kucing sebagai makanan.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Bolehkah kucing makan wortel. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url