Apakah Kucing Boleh Makan Keju Mozarella ? Ini Jawabnya !

Sebagai hewan pemakan daging atau hewan Karnivora, kucing sering kali memakan makanan yang tak biasa mereka makan. Kucing tak jarang tertarik dengan makanan lainnya yang bukan merupakan daging atau makanan yang berasal dari hewan.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Keju Mozarella

 

Kebanyakan makanan ini merupakan makanan manusia yang sering pemiliknya makan di hadapan mereka. Salah satu contoh makanan tersebut adalah makanan yang di campur atau bertabur keju seperti roti rasa keju, kue bertopping keju, pizza, hamburger dan sejenisnya.

Beberapa makanan ini akan membuat kucing meminta untuk di berikan pada mereka sedikit untuk di makan dan tentu saja mereka akan melahap makanan ini hingga habis tak tersisa. Oh iya hal ini berlaku pada semua keju termasuk jenis keju Mozzarella.

Melihat kelakuan kucing kita yang seperti ini sebagai pemilik yang peduli tentu saja kita mungkin akan bertanya-tanya apakah kucing boleh makan keju, terutama jenis keju mozarella ? Untuk mengetahui jawaban atas hal ini maka kamu bisa membaca tulisan di bawah ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Keju Mozarella ?

Beberapa kucing mungkin menyukai keju mozarella untuk di makan. Mereka suka memakan keju ini secara langsung ataupun suka memakannya ketika keju mozarella di campurkan dengan roti, kue, pizza atau makanan lainnya.

Kucing kamu mungkin adalah salah satu dari beberapa kucing yang menyukai keju jenis mozarella dan hal ini tentu saja menarik perhatian kamu sekaligus membuat kamu bertanya-tanya apakah keju jenis ini boleh untuk kucing makan.

Lalu bolehkah kucing makan keju mozarella ? Jawabannya adalah kucing boleh memakannya dan makanan ini tidak membahayakan kucing. Namun ada beberapa hal penting yang mesti kamu perhatikan sebelum memberikan kucing makan keju mozarella.
Adapun beberapa hal penting tersebut antara lain :

1. Keju Mozarella Sebaiknya Di Berikan Sedikit Saja Dan Jangan Terlalu Sering

Walaupun di katakan bahwa jenis keju ini tak berbahaya untuk kucing konsumsi namun di sarankan untuk tak memberikan kucing keju mozarella secara berlebihan. Ini karena keju yang aman di berikan pada kucing bisa berbahaya ketika di berikan secara berlebihan. 

Kucing yang memakannya secara berlebihan bisa mengalami gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lainnya. Itulah mengapa jika kamu hendak memberikan kucing makan keju mozzarella sebaiknya berikan sedikit saja dan jangan sering di berikan. 

 

2. Keju Mozarella Tidak Bebas Laktosa

Meskipun keju jenis ini aman untuk kucing makan tetapi keju mozarella bukanlah keju yang bebas laktosa. Keju ini mengandung sedikit laktosa di dalamnya namun kandungan ini tergolong rendah dan aman buat kucing yang kebanyakan intoleransi akan laktosa. 

Pemberian sedikit keju mungkin tak akan menyebabkan kucing yang memakannya mengalami gangguan pencernaan tapi ini berbeda ketika keju jenis ini di berikan terlalu banyak atau di berikan terlalu sering.

Laktosa keju bisa menumpuk dalam pencernaan kucing dan membuat kucing bermasalah dengan pencernaannya. 

 

3. Keju Mozarella Tinggi Akan Lemak Jenuh

Hal selanjutnya yang penting untuk kamu perhatikan adalah keju jenis ini kaya akan lemak jenuh. Ini membuat keju mozarella bukanlah makanan yang baik untuk kucing makan dalam jumlah banyak. Akan ada resiko gangguan kesehatan jika kucing berlebihan mengkonsumsinya. 

Gangguan kesehatan yang bisa di derita oleh kucing akibat memakan keju ini secara berlebihan adalah obesitas, penyakit kardiovaskuler seperti jantung, stroke serta penyakit sejenis. Jadi sebaiknya berikan keju mozarella secukupnya saja agar kucing terhindar dari gangguan kesehatan yang Anggora sebutkan di atas.

 

4. Perhatikan Reaksi Yang Kucing Tunjukkan

Beberapa kucing mungkin ada yang memiliki ketidakcocokan untuk mengkonsumsi keju mozarella ini. Ketika ini terjadi tentu ini akan membuat kucing yang telah memakannya menunjukkan sejumlah reaksi negatif tertentu. 

Reaksi yang umumnya terjadi pada kucing adalah seperti kucing mengalami gatal-gatal ataupun ruam karena alergi makanan, kucing mengalami mual, muntah-muntah, sakit perut, diare dan gangguan pencernaan sejenisnya.

Jika kucing kamu menunjukkan sejumlah reaksi seperti yang Anggora katakan di atas makan di sarankan untuk menghentikan pemberian makanan dan segera mengkonsultasikan hal ini ke dokter hewan. 

Dengan memperhatikan beberapa hal penting di atas maka pemberian bisa di berikan secara aman dan kucing terhindar dari hal-hal yang tak kita inginkan.

 

Kesimpulan

Keju mozarella merupakan jenis keju yang cukup aman untuk di konsumsi oleh kucing peliharaan kesayangan kita namun keju ini hanya boleh di berikan dalam jumlah yang sedikit saja. Pemberian berlebihan tak di sarankan karena dapat menyebabkan kucing beresiko menderita masalah kesehatan

jangka pendek ataupun masalah kesehatan jangka panjang.
Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing boleh makan keju mozarella. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url