Apakah Kucing Boleh Makan Ikan Pindang ? Ini Jawabnya !

Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan kucing menyukai ikan. Tak peduli apapun jenis mereka, ikan tetap menjadi salah satu makanan favorit kucing. Ini membuat kucing tak akan menolak ketika di berikan ikan sebagai makanan pada mereka.


Apakah Kucing Boleh Makan Ikan Pindang


Namun sebagai pemilik yang baik kita di sarankan untuk tidak memberikan ikan ke kucing secara sembarangan. Hal ini di karenakan tak semua jenis ikan aman untuk di konsumsi oleh kucing. Ada beberapa jenis ikan yang berbahaya untuk di makan kucing.

Lalu bagaimana dengan ikan pindang ? Apakah makanan ini boleh di berikan pada kucing peliharaan kesayangan kita untuk di makan ? Nah untuk mengetahui jawabannya kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini hingga akhir.


Apa Itu Ikan Pindang ?

Beberapa orang yang mendengar ikan pindang mungkin mengira bahwa ikan pindang merupakan salah satu jenis ikan. Tetapi faktanya ikan pindang bukanlah jenis ikan tetapi ikan yang diolah atau di masak dengan cara tertentu.

Umumnya ikan pindang akan di olah dengan cara di garami, di bumbui kemudian di asapi ataupun di rebus hingga ikan kering. Pengolahan ini di maksudkan agar ikan bisa di simpan dalam waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan.

Oh iya, ada banyak jenis ikan yang dapat di olah dengan cara ini. Contohnya seperti ikan kembung, ikan tongkol, ikan tuna, ikan selar, ikan tembang, cakalang dan beberapa jenis ikan lainnya.


Lalu Apakah Kucing Boleh Makan Ikan Pindang ?

Seperti apa yang baru saja Anggora katakan di atas bahwa tak semua ikan boleh untuk di makan kucing terutama dengan ikan yang sudah di olah dengan cara tertentu. Lalu bagaimana dengan ikan pindang ?

Bolehkah kucing di kasih makan ikan pindang ? Sebenarnya pemberian ikan pindang sangat tidak di sarankan untuk kucing. Ada beberapa alasan yang mendasari hal ini. Setahu Anggora beberapa alasannya yaitu :

1. Ikan Pindang Tinggi Kandungan Garam

Ikan pindang tinggi akan kandungan garam. Ini di karenakan pengolahannya yang seringkali di lakukan dengan menambahkan garam dengan tujuan menambah cita rasa ikan sekaligus untuk membuat makanan awet ( tahan lama ).

Pemberian ikan dengan kandungan garam tinggi dalam jumlah yang banyak dapat membuat kucing mengalami gangguan kesehatan seperti dehidrasi, tekanan darah tinggi dan penyakit batu ginjal.

 

2. Ikan Pindang Mengandung Bumbu Tambahan

Bukan rahasia lagi bahwa ikan pindang mengandung bumbu tambahan lain selain garam. Bumbu tambahan ini bisa berupa bumbu biasa, penguat rasa ataupun pengawet makanan. Ini membuat makanan ini dapat berbahaya bagi kucing.

Contohnya dapat membuat kucing mengalami gangguan pencernaan dan juga alergi gatal, muntah dan sejenisnya.


3. Ikan Pindang Dapat Membuat Kucing Keracunan

Jika ikan pindang memiliki bumbu tambahan yang berbahaya bagi kucing seperti bawang merah, bawang putih, susu dan sejenisnya maka ini bisa berbahaya buat tubuh kucing dan dapat membuat kucing yang memakannya mengalami keracunan.

 

Adakah Cara Agar Kucing Aman Makan Ikan Pindang ?

Jika kamu sudah terlanjur membeli ikan pindang dan ingin memberikannya ke kucing maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar ikan pindang aman di makan oleh kucing. Adapun caranya antara lain:

  • Buang kulit luar ikan karena biasanya bumbu dan garam paling banyak menempel pada bagian kulit luar ikan

  • Kemudian bersihkan ikan pindang dengan air dari garam dan bumbu yang menempel

  • Setelah bersih langkah selanjutnya adalah merebus ulang ikan pindang dengan air tanpa di beri bumbu tambahan apapun ( lakukan cara ini agar ikan pindang semakin aman untuk kucing makan )

  • Setelah ikan pindang di rebus, ambil ikannya dan air rebusannya sebaiknya di buang saja

  • Bersihkan kembali ikan dengan air bersih

  • Sekarang ikan aman di berikan untuk kucing

 

Namun perlu di ingat bahwa pemberian ikan pindang dengan cara ini sebaiknya di lakukan sesekali saja. Jika memungkinkan lebih di sarankan untuk memberikan alternatif makanan lainnya yang aman sebagai makanan kucing.


Kesimpulan

Ikan pindang mungkin bukanlah makanan yang baik untuk di berikan ke kucing namun makanan ini bisa di berikan sesekali ke kucing peliharaan kita. Dengan catatan bahwa ikan pindang harus dibersihkan dari bumbu dan garam yang menempel hingga bersih.

Oh iya pemberian ikan pindang juga mesti di berikan sesekali saja agar aman dan tak membahayakan kucing. Pemberian ikan pindang yang sudah bersih dari garam dan bumbu tambahan mungkin boleh di lakukan sesekali tetapi di sarankan untuk lebih baik memberikan makanan yang jauh lebih aman untuk kucing makan.

Contohnya adalah makanan dry food ataupun wet food khusus kucig yang banyak di jual di pasaran atau toko online.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan ikan pindang. Semoga penjelasan Anggora bemanfaat buat kamu yang telah membaca tulisan ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url