Apakah Kucing Boleh Makan Terasi ? Ini Jawabnya !

Meskipun kucing adalah hewan Karnivora namun beberapa dari mereka yang memelihara kucing atau owner kucing pasti ada saja yang akan memberikan kucingnya makanan yang tak sesuai dengan kebutuhan kucing. Salah satu dari makanan yang tak sesuai tersebut adalah terasi.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Terasi


Pemberian terasi pada kucing bukannya tanpa alasan. Banyak dari kita yang mungkin memberikan terasi pada kucing hanya karena mereka menyukai makanan ini. Umumnya terasi sering kali di berikan pada kucing dengan cara di campurkan dengan nasi.

Namun sebenarnya apakah terasi ini boleh di berikan pada kucing untuk di makan ? Ketahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Terasi ?

Dilihat dari kandungannya, terasi mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Ini membuat terasi bukanlah makanan yang di sarankan untuk di berikan pada kucing. Bahkan makanan ini dapat membahayakan kucing jika dikonsumsi berlebihan.

Ini karena terasi memiliki kandungan garam yang tinggi yang mana bisa menyebabkan penyakit kulit, kerontokan bulu, penyakit ginjal, penyakit jantung bahkan yang terparah adalah kematian pada kucing peliharaan.

Selain itu, terasi yang masih mentah juga berpotensi membawa bakteri E.Coli dan Salmonela, yang jika dikonsumsi oleh kucing bisa menyebabkan gastrointestinal atau penyakit pada saluran pencernaan, seperti diare.


Lalu Apakah Udang Yang Belum Dijadikan Terasi Juga Tak Boleh Kucing Makan ?

Ternyata kucing masih boleh memakan udang yang belum diolah menjadi terasi. Seperti yang kita ketahui, udang sangat kaya akan kandungan gizi terutama protein. Udang juga enak dan disukai oleh kucing.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan kucing Anda makanan berupa udang :

1. Hindari Memberikan Udang Kemasan

Udang siap makan yang sudah dikemas tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada kucing Anda. Alasannya, udang seperti ini biasanya memiliki kadar garam yang tinggi yang berfungsi sebagai bumbu sekaligus untuk mengawetkan udang itu sendiri.

Udang dalam kemasan juga biasanya sudah ditambahkan dengan berbagai jenis bumbu penyedap yang kurang bagus untuk kesehatan kucing. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih udang yang masih segar. Udang yang belum dijadikan olahan apapun.

 

2. Hindari Memberikan Udang Yang Masih Mentah 

Seperti yang saya tulis di atas, udang yang masih mentah bisa berakibat buruk bagi kesehatan si kucing. Seperti menyebabkan diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Maka dari itu, sebelum diberikan ke kucing, disarankan untuk memasak udangnya terlebih dahulu.

Cuci bersih udang dan bersihkan saluran pencernaannya. Selanjutnya, rebus udang dengan air yang bersih. Hindari penambahan garam, lada, dan bumbu lainnya. Masak sampai matang dan udang sudah siap disajikan untuk kucing kesayangan Anda.

 

Adakah Alternatif Makanan Lain Selain Terasi ?

Tentu saja ada. Ada banyak sekali alternatif makanan lain selalin terasi yang bisa Anda berikan kepada kucing kesayangan. Berikut diantaranya :

1. Daging Ayam

Sebagai hewan karnivora, tentu daging menjadi makanan favorit kucing. Dan daging ayam termasuk salah satunya. Hal yang perlu diperhatikan adalah, hindari memberikan daging ayam yang masih mentah, karena berpotensi mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada kucing.

Anda bisa memasak daging ayamnya terlebih dahulu. Cukup rebus daging ayam sampai matang, jika diperlukan Anda juga bisa menambahkan sedikit sayuran seperti brokoli dan wortel sebagai sumber vitamin.

Setelah semua bahan matang, angkat kemudian haluskan dengan blender. Dan makanan sudah siap diberikan.

 

2. Ikan Bandeng

Makanan kucing selain terasi selanjutnya adalah ikan bandeng. Sama seperti daging ayam, bandeng juga memiliki aroma yang lezat dan menggoda bagi kucing. Selain itu, ikan bandeng juga kaya akan kandungan protein, asam amino, asam lemak, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tumbuh kembang kucing Anda.

Cara membuat makanan kucing dari ikan bandeng juga sangat mudah. Bandeng yang sudah dibersihkan tinggal dikukus atau direbus saja sampai benar-benar lunak. Pastikan duri ikan bandengnya juga sudah lunak, atau jika memungkinkan Anda bisa membersihkan durinya terlebih dahulu.

Jika sudah, tinggal lumatkan saja bandeng kukus tersebut sampai halus. Dan makanan kucing sudah siap disajikan.

 

Mungkin itu saja informasi mengenai apakah kucing boleh makan terasi. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url