Apakah Kucing Boleh Makan Bubur Kacang Hijau ? Ini Jawabnya !

Apakah kamu memelihara kucing di rumah? Jika iya pastinya kamu setuju bahwa kucing memiliki kebiasaan pemilihan makanan yang unik. Meskipun Kucing adalah hewan karnivora karena kebiasaan pemilihan makanannya yang unik ini kucing bisa memakan makanan lainnya selain daging.

 

Kucing Makan Bubur Kacang Hijau Di Cup Plastik


Kucing bisa memakan makanan apapun selama makanan itu kucing disukai. Tetapi ini bukan berarti makanan lainnya yang kucing sukai dan bisa ia makan, baik untuk dimakan kucing bahkan beberapa diantaranya tidak boleh diberikan sama sekali untuk kucing makan.

Salah satu dari banyaknya makanan selain daging yang kucing sukai untuk di makan adalah bubur kacang hijau. Kebanyakan kucing suka memakan makanan ini. Mereka bukan cuma memakan kacang hijaunya saja namun mereka juga senang meminum kuah dari bubur kacang hijau.

Walaupun kucing menyukai bubur kacang hijau tetapi sebagai pemilik yang baik tentu kita tak akan begitu saja memberikan makanan ini pada kucing untuk dimakan. Sebelumnya memberikannya ke kucing kita pasti akan mencari tahu apakah makanan ini boleh diberikan ke kucing atau tidak.

Lalu apakah bubur kacang hijau boleh dimakan oleh kucing peliharaan kesayangan kita atau apakah bubur kacang hijau ini boleh diberikan ke kucing liar ? Bagi kamu Yang penasaran akan hal ini dan ingin mengetahui jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Bubur Kacang Hijau ?

Kucing memang merupakan hewan peliharaan yang imut, lucu dan juga menggemaskan. Selain itu kucing juga termasuk ke dalam kategori hewan yang unik. Ini karena meskipun kucing adalah hewan karnivora, mereka juga senang memakan makanan selain daging yang umumnya berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Contohnya adalah bubur kacang hijau. Makanan yang terbuat dari campuran santan, gula merah, gula putih dan kacang hijau serta dimasak dengan cara merebusnya hingga matang benar-benar disukai oleh beberapa kucing peliharaan atau bahkan kucing liar.

Walaupun kucing menyukai memakan makanan ini namun apakah kacang hijau boleh diberikan kepada kucing untuk dimakan ? Menurut Anggora sendiri jawabannya adalah tidak dan ini serupa dengan pendapat para ahli hewan seperti dokter hewan.

Banyak alasan yang membuat bubur kacang hijau tak boleh di makan oleh kucing. Beberapa alasan tersebut antara lain :

1. Bubur Kacang Hijau Adalah Makanan Yang Sulit Untuk Dicerna

Alasan pertama yang membuat makanan ini tak boleh diberikan ke kucing adalah karena bubur kacang hijau merupakan makanan yang sulit untuk dicerna oleh pencernaan kucing. Ini karena makanan ini mengandung karbohidrat, protein nabati, gula dan beberapa kandungan lainnya.

Beberapa kandungan yang barusan Anggora sebutkan di atas adalah kandungan dalam makanan yang sangat sulit untuk dicerna sistem pencernaan kucing dan jika kucing memakan makanan ini dalam jumlah yang berlebihan tentu saja ini akan menimbulkan masalah gangguan kesehatan pada pencernaan kucing.

 

2. Bubur Kacang Hijau Bisa Menyebabkan Masalah Pencernaan

Alasan selanjutnya adalah karena bubur kacang hijau bisa menyebabkan kucing mengalami masalah pencernaan. Kandungan santan, karbohidrat, protein nabati dan beberapa kandungan lainnya yang berada dalam bubur kacang hijau sangat sulit untuk dicerna pencernaan kucing.

Akibatnya kucing akan mengalami masalah gangguan pencernaan seperti diare, sakit perut, mual, muntah-muntah dan lainnya. Hal ini tentu saja akan membuat si kucing penderita merasakan rasa sakit dan merasa  tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya.

 

3. Bubur Kacang Hijau Kurang Bernutrisi

Di samping beberapa alasan di atas, alasan lainnya yang membuat bubur kacang hijau kurang baik diberikan ke kucing adalah karena makanan ini dinilai kurang bernutrisi untuk kucing. Bubur kacang hijau tidak memenuhi kriteria makanan yang baik untuk kucing.

Alasannya sederhana yaitu karena makanan ini tak mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kucing. Justru sebaliknya makanan yang satu ini lebih banyak mengandung nutrisi yang kurang baik untuk tubuh kucing.

Contohnya seperti zat karbohidrat, protein nabati, glukosa dan zat sejenisnya yang mana zat-zat ini sendiri adalah zat yang tidak dibutuhkan dan sulit untuk dicerna oleh tubuh kucinh. Bahkan zat ini dapat menyebabkan kucing mengalami masalah dengan pencernaannya atau mengalami gangguan kesehatan.

 

4. Bubur Kacang Hijau Dapat Menyebabkan Alergi

Alasan yang terakhir karena makanan ini dapat menyebabkan alergi pada beberapa kucing. Reaksi alergi yang timbul ini terjadi akibat ketidakcocokan makanan dengan tubuh kucing akibatnya kucing bisa muntah-muntah, diare bahkan kucing bisa keracunan.

 

Itulah dia beberapa alasan kenapa bubur kacang hijau sangat tidak dianjurkan untuk diberikan kepada kucing. Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa makanan ini tidak boleh diberikan kepada kucing.

Makanan ini dinilai lebih banyak efek negatifnya bagi kucing dibandingkan efek positifnya. Jadi, jika kamu ingin memberikan kucing kamu makan bubur kacang hijau sebaiknya pikir dua kali sebelum kamu memberikannya.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Bolehkah kucing makan bubur kacang hijau. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url