Apakah Kucing Boleh Makan Ati Ayam ? Ini Jawabnya !

Apakah kamu memelihara kucing di rumah ? Jika iya maka pastinya kamu setuju bahwa kucing adalah hewan yang punya selera makan berbeda antara satu kucing dengan kucing lainmya. Ini membuat kucing sering kali tak menyukai makanan tertentu.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ati Ayam


Perilaku kucing yang seperti ini di mata kita malah kita anggap sebagai kucing yang suka memilih-milih makanan sesuka hatinya. Oh iya berbicara tentang makanan, ada satu makanan yang pastinya tak dapat di tolak oleh kucing peliharaan kesayangan kita.

Kucing yang melihat makanan ini pastinya akan langsung tergoda untuk mencicipinya hingga makanan tersebut habis. Makanan tersebut adalah Ati ayam. Hampir semua kucing menyukai Ati ayam, entah itu di berikan sebagai Ati Ayam rebus ataupun di berikan sebagai Ati Ayam goreng.

Kita semua setuju bahwa kucing suka Ati ayam namun kita semua pastinya tak akan langsung begitu saja memberikan makanan ini pada kucing sebelum kita memastikan bahwa makanan ini aman di berikan pada kucing untuk di makan.

Nah untuk mengetahui apakah kucing boleh makan ati ayam maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya sobat pembaca.


Apakah Kucing Boleh Makan Ati Ayam ?

Bukan manusia saja yang menyukai ati ayam, kucing juga sangat menyukai salah satu organ tubuh ayam ini. Kucing tak akan sanggup untuk menolak memakannya sewaktu makanan ini kita berikan untuknya.

Walaupun kucing suka memakannya tetapi sebagai pemilik yang peduli akan kesehatan kucing maka kita tak akan begitu saja memberikan makanan ini padanya sebelum kita tahu apakah Ati ayam boleh kucing makan atau tidak.

Lalu bolehkah kucing makan ati ayam atau tidak ? Jawabannya adalah boleh. Ini karena kucing yang merupakan hewan yang sangat imut dan menggemaskan ini adalah hewan Karnivora atau hewan pemakan daging.

Ini membuat Ati ayam sangat cocok untuk kucing konsumsi. Di samping itu, makanan ini memiliki beberapa manfaat seperti :

1. Kaya Akan Nutrisi

Bagi manusia hati ayam merupakan makanan yang cukup bernutrisi, hal serupa juga berlaku untuk kucing. Makanan ini kaya akan vitamin A, vitamin B, sejumlah mineral, seng serta tembaga. Karena kandungannya ini, makanan ini baik untuk kucing.


2. Tinggi Protein

Selain kaya akan nutrisi, Ati ayam juga tinggi akan protein. Yang mana protein ini sendiri adalah jenis protein yang baik bagi tubuh kucing sebab merupakan protein hewani. Protein yang tinggi dalam Hati ayam penting bagi perkembangan tubuh kucing dan sebagai sumber energi tubuh mereka.

 

3. Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kucing

Hati ayam yang kaya akan gizi serta tinggi akan protein menjadikan makanan ini sebagai makanan yang bagus untu kucing makan. Dengan mengkonsumsi hati ayam maka secara tak langsung kita dapat menjaga kesehatan kucing.


Beberapa manfaat di atas dapat menjadi pertimbangan bagi kamu jika kamu hendak memberikan ini ke kucing. Oh iya sebelum memberikan ke kucing, kamu harus tahu bagaimana cara agar makanan ini aman untuk di makan kucing.


Cara Agar Ati Ayam Aman Di Makan Kucing ?

Meskipun ati ayam Anggora katakan aman di berikan pada kucing namun pemberian tak boleh di lakukan sembarangan. Ada beberapa cara yang mesti di perhatikan sebelum pemberian di lakukan pada kucing.

Adapun beberapa caranya antara lain :

1. Bersihkan Ati Ayam

Bersihkan hati ayam sampai benar-benar bersih, baik itu dari bekas darah, kotoran ataupun lendir yang menempel padanya. Buang empedu yang berwarna hitam jauh dari kucing agar tak kucing makan. Soalnya jika kucing memakannya maka kucing akan muntah-muntah atau menderita gangguan pencernaan.

 

2. Hilangkan Bau Amisnya

Agar kucing semakin semangat memakan ati ayam maka hilangkan bau amisnya dengan menggunakan jeruk nipis. Lakukan seperti yang biasa kita lakukan untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

 

3. Masak Ati Ayam Hingga Benar-Benar Matang

Selanjutnya masak ati ayam hingga benar benar matang untuk menghilangkan bakteri berbahaya seperti Salmonella dan parasit penggangu kesehatan seperti cacing dan sejenisnya. Masak hingga benar-benar matangnya.

Biasanya untuk memasak hati ayam hingga benar-benar matang membutuhkan waktu maksimal sekitar 15 menitan.


4. Masak Ati Ayam Tanpa Bumbu Tambahan Apapun

Bumbu yang mungkin aman bagi manusia bisa menjadi berbahaya bagi kucing karena bumbu ini bisa meningkatkan kucing menderita penyakit tertentu bahkan bumbu-bumbu ini dapat menjadi racun ketika masuk dalam tubuh kucing.

Jadi untuk menghindari hal ini dan agar makanan ini aman di makan kucing maka saat memasak ati ayam di sarankan untuk tidak menambahkan bumbu-bumbu ataupun rempah-rempah lainnya ke dalam masakan.

 

5. Beri Kucing Porsi Secukupnya

Makanan apapun ketika di berikan ke kucing secara berlebihan, akan menimbulkan efek negatif pada kucing dan ini tentu saja juga berlaku buat ati ayam. Ketika di berikan berlebihan ke kucing, makanan ini dapat membuat kucing mengalami obesitas.

Itulah mengapa penting bagi kita untuk tetap menjaga diet sehat kucing dengan memberikan kucing makanan ini dengan porsi yang secukupnya saja dan menghindari pemberian yang terlalu berlebihan pada kucing.

 

Itulah dia beberapa cara agar Ati ayam boleh di makan kucing serta aman di makan oleh kucing. Yang terakhir, meskipun makanan ini aman di berikan dan tak akan menimbulkan masalah kesehatan pada kucing dengan cara di atas tetapi ketika kucing mendapatkan gangguan kesehatan setelah memakannya maka segera bawa kucing berobat ke dokter hewan.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah ati ayam di makan oleh kucing. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url