Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Rebus ? Ini Jawabanya !

Siapa yang tak kenal ubi rebus, kita semua pasti mengenalnya. Masakan sederhana yang dimasak dengan cara direbus ini tidak hanya mampu membuat kita yang memakannya merasa kenyang juga dapat memanjakan lidah kita dengan kelezatannya.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Rebus


Karena kelezatannya, makanan ini bukan cuma disukai oleh kita para manusia saja namun beberapa hewan seperti ayam, burung, monyet, anjing dan juga kucing menyukainya untuk dimakan. Ketika diberikan kepada mereka, mereka bisa melahap makanan ini hingga habis.

Oh ya bicara mengenai pemberian makanan ubi rebus kepada hewan, sebagai pemilik kucing beberapa dari kita mungkin pernah memberikan ubi ini kepada kucing untuk dimakan. Karena kucing terlihat menyukainya, tanpa berpikir panjang kita begitu saja memberikannya pada kucing.

Namun Apakah tindakan yang kita lakukan ini sudah benar dan bolehkah kucing diberikan makan ubi rebus? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya agar lebih paham mengenai hal ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Rebus ?

Seperti yang Anggora sebutkan di atas bahwa bukan cuma manusia saja yang menyukai ubi rebus namun hewan seperti kucing pun juga menyukainya. Namun meskipun kucing menyukai makan ubi rebus apakah boleh bagi kita untuk memberi ubi pada kucing untuk dimakan ?

Jawabannya adalah tidak. Makanan ini tidak begitu dianjurkan untuk diberikan kepada kucing. Meskipun makanan ini dinilai tidak begitu berbahaya bagi kucing atau aman untuk dimakan kucing namun banyak ahli yang sependapat bahwa ubi rebus bukanlah makanan yang baik untuk.

Ada beberapa alasan yang membuat para ahli berpendapat seperti ini. Setahu Anggora sendiri beberapa alasan tersebut antara lain :

1. Pencernaan Kucing Bisa Bermasalah

Alasan yang pertama yaitu jika kucing makan ubi rebus dalam jumlah yang banyak maka ini bisa berpotensi membuat pencernaan kucing bermasalah. Ini terjadi karena pencernaan kucing tidak cocok untuk memakan makanan seperti ini.

Ditambah lagi makanan ini cukup sulit untuk dicerna sistem pencernaan kucing. Akibatnya kucing akan mengalami masalah pencernaan yang membuat kucing mual-mual, sakit perut, muntah-muntah, diare dan gangguan pencernaan sejenisnya.

 

2. Kandungan Nutrisi Yang Kurang

Selain dapat membuat kucing bisa mengalami resiko masalah pencernaan, ubi rebus juga dianggap sebagai salah satu makanan yang kurang bernutrisi bagi kucing. Ini karena makanan ini hanya banyak mengandung karbohidrat.

Yang mana karbohidrat ini sendiri bukanlah suatu nutrisi yang begitu dibutuhkan oleh kucing. Sementara itu protein yang terkandung di dalam ubi juga merupakan nutrisi yang dianggap tak cocok ataupun kurang baik untuk tubuh kucing.

Ini karena protein pada ubi rebus itu sendiri merupakan protein nabati atau protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Protein nabati bukanlah protein yang baik untuk tubuh kucing dan protein ini juga sulit untuk dicerna oleh tubuh kucing.

Di samping itu, ubi juga mengandung glukosa yang tinggi yang mana ini tentu saja bukan hal baik untuk tubuh kucing karena bisa menimbulkan masalah pencernaan, berpotensi menimbulkan diabetes pada kucing dan meningkatkan kadar gula pada tubuh kucing yang memiliki penyakit diabetes.

Bahkan kandungan serat yang berada di dalam makanan ini pun juga tak baik untuk kucing. Kucing tak dapat benar-benar mencerna serat alami yang berasal dari tumbuhan. Jika kucing tak dapat mencernanya dengan baik ini tak akan bisa memberikan manfaat menjaga kesehatan pencernaan kucing.

Sebaliknya ini malah membuat pencernaan kucing sedikit terganggu atau bahkan bermasalah.

 

3. Bisa Membuat Kucing Alergi

Bagi kita mungkin ubi rebus adalah makanan yang aman namun bagi beberapa kucing tidak demikian. Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa kucing yang baru saja memakan ubi rebus mengalami alergi. Alergi ini membuat kucing diare, gatal-gatal, muntah dan lainnya.

 

4. Bisa Membuat Kucing Mengalami Keracunan Dan Juga Diabetes

Beberapa alasan lainnya yang membuat makanan ini tidak layak diberikan ke kucing adalah karena ubi mengandung zat sianida. Jika tubuh kucing yang memakannya tidak dapat mentoleransi sedikit kandungan zat sianida yang berada di dalamnya maka ini bisa membuat kucing mengalami keracunan.

Keracunan yang dialami oleh kucing bisa di mulai dari jenis keracunan yang ringan seperti mencret, muntah-muntah, sakit perut dan bahkan keracunan berat yang membuat kucing kejang-kejang lalu kucing bisa mengalami kematian.

Keracunan pada kucing akibat ubi rebus terjadi ketika ubi diberikan secara berlebihan pada kucing. Jika ubi diberikan sedikit saja maka hal ini mungkin sangat jarang terjadi. Oh ya ubi juga bisa membuat kucing mengalami diabetes seperti yang Anggora sebutkan pada pembahasan nomor 2 di atas.

Di sana Anggora sebutkan bahwa ubi rebus mengandung gula ( glukosa) yang terbilang lumayan tinggi sehingga makanan ini bisa berpotensi membuat kucing yang memakannya secara berlebihan dapat beresiko menderita diabetes.

 

Karena kandungan gula lumayan tinggi, makanan ini pun sangat dilarang untuk diberikan kepada kucing penderita diabetes.


Itulah dia beberapa alasan kenapa ubi rebus sangat tidak disarankan untuk diberikan pada kucing untuk dimakan. Karena itulah sebaiknya hindari pemberian ubi rebus pada kucing. Mungkin itu saja pembahasan mengenai Apakah kucing boleh diberikan ubi rebus. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url