Kenapa Kucing Sering Guling Guling Di Lantai ? Ini Penyebabnya !

Kucing adalah hewan yang imut dan menggemaskan karena alasan inilah banyak orang yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan di rumah. Selain itu, kucing juga terkenal dengan beberapa tingkah lakunya yang mengejutkan.

 

Gambar Kucing Sering Guling Guling Di Lantai


Nah salah satu dari sekian banyaknya tingkah laku itu adalah kucing seringkali berguling-guling di lantai. Hampir setiap hari kucing melakukan hal ini. Mereka paling sering melakukannya di lantai yang berpasir, jalan berlantai yang sering kita lalui, lantai pada teras dan di halaman rumah dan beberapa tempat lainnya.

Tingkah laku kucing yang satu ini tak jarang akan menimbulkan pertanyaan tersendiri dalam hati kita melihat mereka melakukannya. Pertanyaan tersebut seperti mengapa kucing sering melakukan hal ini dan apa tujuan mereka melakukan hal ini ?

Sebenarnya ada beberapa penyebab atau alasan kenapa kucing sering berguling-guling di lantai. Adapun penyebab atau alasannya bisa kamu diketahui dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Kenapa Kucing Sering Guling Guling Di Lantai ?

Seperti yang baru saja Anggora katakan di atas bahwa kucing sering berguling adalah sesuatu hal yang sering dilakukan oleh kucing peliharaan kesayangan kita di rumah. Hampir setiap hari kita bisa melihat kucing peliharaan melakukannya.

Kucing melakukan ini sebenarnya bukan tanpa tujuan yang tak jelas. Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab atau alasan mengapa kucing melakukannya. Nah menurut sepengetahuan Anggora, alasannya adalah :

1. Kucing Lakukan Untuk Menggaruk Tubuhnya

Ketika kucing merasa tubuhnya gatal biasanya kucing akan meredakan rasa gatal ini dengan menjilati kulitnya ataupun menggaruknya dengan kakinya. Namun bagaimana jika kucing tak mampu menjangkau area tubuh yang ia rasa gatal ?

Jawabannya adalah kucing akan menggunakan cara lainnya untuk menggaruk bagian tubuh yang ia rasa gatal tersebut. Cara alternatif yang biasa kucing lakukan adalah dengan berguling-guling di lantai. Dengan melakukan ini kucing bisa menggaruk bagian tubuh yang tak terjangkaunya.

Area tersebut biasanya adalah punggung kucing, kepala bagian atas kucing, bagian belakang leher dan sedikit bagian atas pada tubuh samping kucing.

 

2. Kucing Ingin Membersihkan Tubuhnya

Alasan kedua mengapa kucing sering berguling di lantai adalah kucing ingin membersihkan tubuhnya. Biasanya kucing melakukan ini untuk membersihkan tubuhnya dari kotoran yang menempel pada bulu ataupun membersihkan bau yang menempel pada tubuhnya.

Kucing biasanya membersihkan kedua hal ini dengan melakukan pergulingan di atas lantai yang menurutnya cukup berpasir atau memiliki banyak debu. Berguling berguling di atas pasir maupun debu merupakan salah satu cara bagi kucing untuk membersihkan tubuhnya.

 

3. Kucing Hanya Ingin Mengajak Bermain

Apakah kucing kamu sering berguling sesaat setelah ia berlari-larian di sekitar kamu ? Jika ia maka kucing melakukan hal ini karena ia ingin mengajak kamu bermain. Ini ditandai dengan sesaat kucing berguling di dekat kamu, ia akan menangkapi kakimu.

Pada saat kamu melihat kucing melakukan ini sebaiknya luangkan sedikit waktu kamu untuk menemaninya bermain, meskipun hanya beberapa menit saja. Bermain dengan kucing meskipun hanya sebentar memiliki banyak manfaat bagi kamu dan kucing kamu.

Seperti meningkatkan ikatan antara kucing dan pemiliknya, menghilangkan stres yang dimiliki oleh kucing serta pemilik, meningkatkan rasa kasih sayang, meningkatkan tingkat kepedulian pada makhluk hidup di sekitar kita dan beberapa manfaat lainnya.

 

4. Kucing Mungkin Sedang Dalam Masa Birahi

Apakah perilaku kucing kamu yang sering berguling di lantai ini berlebihan dilakukan oleh kucing ? Jika Iya maka kamu patut curiga bahwasanya kucing melakukan hal ini akibat kucing sedang berada dalam siklus panas atau yang biasa kita sebut dengan masa birahi.

Seringnya kucing berguling di lantai pada masa birahi bukan hanya akan dialami kucing betina saja namun ini juga akan dilakukan oleh kucing jantan. Untuk memastikan apakah kucing berguling karena ia sedang siklus panas atau dalam masa birahi, ini mesti disertai dengan tanda lain.

Seperti kucing terlalu sering mengeong, kucing sering spraying ( mengeluarkan cairan urine sembarangan ) , kucing lebih teritorial, emosi kucing meningkat, ketertarikan kucing akan kucing lainnya yang berjenis kelamin berbeda menjadi sangat kuat dan beberapa tanda lainnya .

 

Apakah Hal Ini Tak Akan Mengganggu Kesehatan Kucing ?

Sebenarnya ini tidak akan mengganggu kesehatan kucing dengan catatan lantai tempat di mana kucing sering berguling adalah lantai yang bersih dan sering dibersihkan seperti lantai di dalam rumah milik kita.

Jika kucing berguling di lantai yang menurut kamu kotor dan kemungkinan terdapat banyak bakteri atau kuman di sana contohnya seperti lantai di dalam kamar mandi, sebaiknya kamu melarang kucing kamu berguling di sana dan segera memindahkannya dari tempat tersebut ke tempat lainnya.

 

Itulah dia beberapa penyebab atau alasan kenapa kucing sering berguling-guling di lantai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url