Apa Yang Terjadi Setelah Kucing Mati ? Ini Jawabnya !

Kucing termasuk bagian dari makhluk hidup. Ini membuat kucing tidak akan bisa terlepas dari yang namanya kematian. Akan ada saat dimana kucing akan kehilangan nyawanya, entah itu karena penyakit, akibat kecelakaan atau karena usia mereka telah mencapai batasnya.

 

Apa Yang Terjadi Setelah Kucing Mati


Ketika kucing akan mengalami kematian, meskipun kita mencoba menyelamatkannya tetap saja takdirnya tidak akan berubah. Kucing tak akan berhasil diselamatkan dan pada akhirnya kucing peliharaan yang kita sayangi tetap saja akan mati.

Setelah kucing mati akan ada beberapa hal yang terjadi. Apa saja hal tersebut ? Bagi kamu yang penasaran akan hal ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Apa Yang Terjadi Setelah Kucing Mati ?

Kita tahu bahwa kematian akan menghampiri siapapun yang merupakan bagian dari makhluk hidup tanpa terkecuali dan kucing juga termasuk di dalamnya. Akan ada saat di mana kucing akan mati dan ketika kucing mati akan ada beberapa hal yang terjadi setelahnya.

Ini merupakan hal yang biasa terjadi karena merupakan bagian dari hukum sebab akibat. Lalu apa sebenarnya yang terjadi setelah kucing yang kita pelihara mengalami kematian ? Ada dua hal yang mungkin terjadi ketika kucing mati :

  • Kematian akan berdampak pada kucing itu sendiri

  • Kematian akan berdampak pada lingkungan sekitarnya

 

Kematian Akan Berdampak Pada Kucing Itu Sendiri

Kematian bukan hanya menghilangkan jiwa seseorang saja namun ini juga berdampak pada tubuh seseorang. Hal yang sama juga berlaku pada kucing. Sewaktu kucing mati akan ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh kucing sebagai dampak dari kematiannya.

Adapun beberapa hal tersebut antara lain :

1. Tubuh Kucing Akan Mengalami Kekakuan

Hal pertama yang terjadi setelah kucing mengalami kematian adalah tubuh kucing akan mengalami kekakuan. Kekakuan ini akibat hilangnya metabolisme pada tubuh kucing sehingga atp berhenti di supply. Tubuh kucing akan secara perlahan menjadi kaku hingga 12 jam.

Fase ini dinamakan dengan Rigor martis. Umumnya kekakuan ini terjadi 2 jam setelah kucing mengalami kematian dan akan bertahan selama 12 jam dan maksimal 12 jam. Setelah 12 jam atau maksimal 24 jam maka kekakuan pada tubuh kucing akan menghilang.

 

2. Tubuh Kucing Akan Mengalami Pembusukan

Kucing yang telah mati akan mengalami pembusukan pada tubuhnya. Ini akan terjadi setelah kita menanam kucing dan kita membiarkan tubuh kucing begitu saja tanpa menanamnya. Pembusukan pada tubuh kucing merupakan hal alami pada kucing yang telah mati.

 

3. Tubuh Kucing Akan Menjadi Bau

Setelah kucing mati sebaiknya kucing dimakamkan dengan layak. Lakukan ini untuk menghindari pencemaran udara akibat tubuh kucing yang menjadi bau. Bau yang ditimbulkan ini terjadi akibat pembusukan yang terjadi pada tubuh kucing.

Ketiga hal di atas merupakan hal yang terjadi pada kucing setelah kucing mengalami kematian. Hal ini akan terjadi pada kucing jenis apapun, baik itu kucing ras ataupun kucing kampung.

 

Kematian Akan Berdampak Pada Lingkungan Sekitarnya

Setelah kucing mati, kematian kucing ini juga pastinya akan berdampak dengan lingkungan sekitar di mana dahulu kucing pernah tinggal. Ada beberapa dampak yang mungkin terjadi pada lingkungan sekitar kucing setelah kucing mati.

Dampaknya adalah sebagai berikut :

1. Pemilik Kucing Akan Mengalami Reaksi Emosional

Mereka yang menjadi pemilik kucing yang mengalami kematian akan mengalami beberapa reaksi emosional terkait dengan kematian kucing mereka. Reaksi emosional ini bahkan akan menjadi lebih kuat ketika pemilik kucing sangat dekat dan sangat mencintai kucing peliharaannya.

Reaksi emosional yang terjadi pada mereka yang ditinggal mati oleh kucing mereka adalah seperti :

  • Perasaan hampa

  • Mengalami kesedihan yang mendalam

  • Merasa kehilangan

  • Merasa hancur

  • Mengalami duka cita yang cukup lama

  • Merasa kesepian

  • Dan sebagainya

 

Reaksi emosional yang terjadi ini mirip dengan reaksi emosional yang terjadi pada kita ketika kehilangan anggota keluarga atau kerabat dekat kita akibat kematian.


2. Pertimbangan Mengenai Jenazah Kucing

Ketika kucing mati, setelah kematian kucing pemilik mungkin akan mempertimbangkan mengenai jenazah kucing. Pertimbangan ini mengenai dimana kucing nantinya akan dimakamkan. Apakah kucing akan dimakamkan di pemakaman umum, dikremasi, di makamkan di perkebunan milik pemilik atau dimakamkan di dekat rumah pemilik kucing.

Pertimbangan mengenai di mana kucing akan dimakamkan mungkin akan memakan banyak waktu mengingat kucing yang akan dimakamkan adalah kucing kesayangan yang telah kita anggap sebagai anggota keluarga kita sendiri dan sebagai teman hidup.

 

3. Perubahan Suasana Rumah

Setelah kucing peliharaan kesayangan kita telah mati, ini tentu akan mempengaruhi suasana di rumah kita. Kita akan merasakan beberapa perubahan suasana rumah setelah ditinggal pergi oleh kucing yang sangat kita sayangi.

Perubahan suasana rumah akan terasa ketika kita memasuki ruangan yang sering ditempati kucing untuk tidur ataupun bermain, ini juga terasa ketika kita tak lagi harus memberi makan kucing, memandikan kucing ataupun bermain dengan kucing.

 

4. Berusaha Untuk Melupakan Kucing

Setelah kematian kucing, kita tak boleh berlama-lama larut dalam kesedihan atau rasa kehilangan karena ini tak akan baik bagi diri kita dan dapat menimbulkan stress juga penyakit pada tubuh kita. Sebisa mungkin kita harus berusaha melupakan kucing.

 

5. Berpikir Untuk Memelihara Kucing Lainnya

Ditinggal mati oleh kucing yang kita sayangi mungkin tidak menyenangkan namun ini tak akan membuat beberapa dari kita memutuskan untuk berhenti memelihara kucing selamanya. Ini bahkan membuat kita berpikir untuk memelihara kucing lainnya dan berniat untuk merawatnya dengan cara yang jauh lebih baik.

Beberapa pemilik kucing juga menggunakan cara ini untuk mengobati rasa sedih di hati mereka akibat kehilangan kucing yang mereka sayangi. Bukan cuma untuk mengobati rasa sedih mereka saja, ini juga cukup efektif untuk memendam rasa rindu pada kucing.

 

Itulah dia yang terjadi pada lingkungan sekitar kucing setelah kucing mengalami kematian. Beberapa pemilik kucing mungkin memiliki reaksi berbeda terhadap kematian kucingnya. Ini tergantung dengan individu masing-masing pemilik kucing tersebut.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apa yang terjadi setelah kucing mati. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url