Apakah Kucing Boleh Makan Kepala Ayam ? Ini Jawabnya !

Kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan karnivora. Karena alasan inilah kebanyakan dari kita menganggap bahwa apapun yang berasal dari hewan yang bisa kucing makan adalah baik untuk kucing dan tak akan menyebakan gangguan kesehatan ketika mereka makan.


Apakah Kucing Boleh Makan Kepala Ayam


Salah satu contoh bagian yang berasal dari hewan yang sering kali kita berikan pada kucing untuk di makan adalah kepala ayam. Bagian ini merupakan salah satu bagian favorit kucing selain daging ayam ataupun ceker ayam.

Banyak dari kita yang menganggap bahwa memberikan kepala ayam pada kucing bukanlah suatu masalah serta tak akan membuat kucing jatuh sakit. Namun apakah apa yang kita pikirkan ini benar ? Apa boleh kucing memakan kepala ayam ?

Untuk memastikan apakah kucing boleh makan kepala ayam atau tidak maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir.


Apakah Kucing Boleh Makan Kepala Ayam ?

Sebagai pemilik yang baik pastinya kita tak akan asal begitu saja memberikan suatu makanan pada kucing kita. Kita tak akan langsung memberikan makanan pada kucing ketika kita tak tahu apa makanan ini boleh diberikan pada kucing.

Ada banyak makanan yang kucing sukai namun beberapa makanan ini sering menimbulkan keraguan untuk di berikan pada kucing. Salah satunya adalah kepala ayam yang sering kali menimbulkan rasa ragu dan penasaran.

Makanan ini akan membuat kita bertanya-tanya apakah boleh kucing makan kepala ayam ? Sebenarnya kepala ayam boleh di berikan pada kucing namun ada beberapa syarat yang mesti di penuhi agar makanan ini aman untuk di berikan ke kucing.

Beberapa syaratnya Antara Lain ;

1. Pastikan Kepala Ayam Sudah Di Haluskan

Kepala ayam umumnya terdiri dari sedikit daging dan lebih banyak tulang. Ini membuat makanan ini sulit untuk di cerna oleh kucing terutama bagi kucing yang tidak biasa memakan kepala ayam atau bagi kucing yang sistem pencernaannya tak cocok dengan makan ini.

Untuk mengatasi hal ini, hal yang dapat kamu lakukan adalah menghaluskan kepala ayam ini terlebih dahulu sebelum di berikan ke kucing. Baik itu kepala ayam rebus atau kepala ayam goreng, keduanya mesti di haluskan terlebih dahlu sebelum di berikan ke kucing.

Selain agar makanan mudah di cerna oleh kucing, penghalusan makanan juga bertujuan untuk menghindari kucing tersedak tulang, tulang melukai leher bagian dalam kucing serta melukai sistem saluran pencernaan kucing.


2. Masak Kepala Ayam Terlebih Dahulu

Jangan pernah memberikan kepala ayam pada kucing dalam keadaan mentah. Alasannya sederhana yaitu karena di sana mungkin masih ada bakteri jahat serta parasit buruk yang tersisa dan tulang masih sangat keras. Jika kucing memakan makanan ini kucing beresiko akan jatuh sakit.

Jadi, jika kamu tak ingin kucing kamu sakit sebaiknya masak dulu kepala ayam hingga benar benar matang. Memasak kepala ayam hingga matang dapat membunuh bakteri jahat serta parasit jahat yang terdapat pada kepala ayam dan ini akan membuat makanan menjadi aman di konsumsi oleh kucing.

 

3. Jangan Beri Kepala Ayam Bumbu Apapun

Hindari pemberian gula, garam, merica, bubuk dan sejenisnya pada kucing. Alasannya karena bumbu-bumbu yang aman bagi manusia ini belum tentu aman bagi kucing. Bahkan makanan ini dapat beracun untuk kucing.

Umumnya kucing yang keracunan akan mengalami masalah seperti diare, muntah-muntah dan yang terparah adalah kucing dapat kejang-kejang bahkan mengalami kematian.

 

4. Berikan Dengan Porsi Yang Secukupnya

Makanan apapun jika di berikan berlebihan pada kucing akan membuat makanan tersebut memiliki efek negatif pada kucing. Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk mengatur pola makan kucing dan memberikan kucing makan dengan porsi yang sewajarnya.

 

5. Selalu Awasi Kucing

Setelah memberikan kucing makan kepala ayam, selalu perhatikan reaksi kucing setelahnya. Jika kucing tak menunjukkan reaksi apapun setelah memakannya dan tak menunjukkan terjadi perubahan perilaku maka ini berarti makanan ini aman bagi kucing.

Namun jika yang terjadi malah sebaiknya seperti kucing muntah setelah makan, kucing menjadi lemas dan selalu murung maka di sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter hewan. Pada awalnya dokter akan memeriksa kucing lalu melontarkan beberapa pertanyaan sebelum pada akhinya mengobati kucing.


Dengan  mengikuti beberapa cara di atas maka kamu bisa memberikan kucing makan kepala ayam tanpa perlu mengkhawatirkan apapun. Oh iya jika kamu ragu memberikan kepala ayam pada kucing maka sebaiknya kamu konsultasikan hal ini dahulu pada dokter hewan untuk menghilangkan keraguan kamu.

Kamu juga bisa menghindari pemberian kepala ayam pada kucing kalau kamu ragu dan menggantikannya dengan makanan lain yang lebih baik.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing boleh makan kepala ayam. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url