Kenapa Kucing Menjilati Anusnya ? Ini Alasannya !

Kita semua sepakat bahwa kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan. Ini tampak dari tindakan kucing yang seringkali kita lihat menjilati kulit dan bulu-bulunya. Kucing menjilatinya. Dalam satu hari, kucing bisa berkali-kali menjilati tubuhnya untuk membersihkannya.


Kucing Baru Saja Menjilati Anusnya

 

Kucing memang adalah hewan yang menyukai kebersihan namun kebersihan itu hanya terbatas untuk dirinya sendiri, kalau untuk lingkungan sekitarnya mungkin kucing tidak cukup peduli. Oh ya bicara soal kucing yang mencintai kebersihan dirinya sendiri.

Ada satu perilaku kucing yang tak sesuai dengan perilaku kebersihannya ini yaitu kucing kadang-kadang suka menjilati anusnya. Melihat perilaku kucing ini tentu kita akan bertanya-tanya mengapa kucing yang suka menjaga kebersihan tubuh malah menjilati area yang kotor seperti anus.

Bukankah ini hal yang menjijikkan dan Bukankah ini bisa mendatangkan penyakit atau gangguan kesehatan tertentu pada kucing ? Untuk mengetahui semua jawaban yang muncul akibat perilaku kucing ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini

 

Kenapa Kucing Menjilati Anusnya ?

Terkadang kita akan melihat sesekali menjilati anusnya. Bagi kucing perilaku ini adalah hal yang cukup normal namun bagi kita sang pemilik kucing tentu saja ini terlihat aneh sekaligus sangat menjijikkan. Hal ini juga membuat kita penasaran mengapa kucing melakukan.

Sebenarnya ada berbagai alasan mengapa kucing menjilat-jilat anusnya. Adapun alasan kucing melakukannya adalah sebagai berikut :

1. Menjilat Untuk Membersihkannya

Alasan pertama kenapa kucing melakukan jilatan pada anusnya adalah karena kucing berniat membersihkannya. Bagi kita apa yang kucing lakukan ini mungkin menjijikan dan bukanlah hal yang sesuai dilakukan untuk membersihkan anus.

Namun bagi kucing cara Ini adalah cara yang paling tepat untuk mereka membersihkan anus yang kotor. Itulah mengapa ketika kucing merasa bahwa daerah anus mereka cukup kotor, kucing akan secara alami menjilat untuk membersihkannya.

 

2. Menjilat Sebagai Bagian Dari Perawatan

Tahukah kamu bahwa menjilat-jilat anus merupakan bagian dari cara kucing untuk merawat tubuhnya dan juga kesehatannya. Dengan menjilati anusnya maka kucing bisa membersihkan sisa kotoran yang masih menempel di daerah anus setelah mereka buang air besar.

Selain itu ini juga kucing lakukan untuk membersihkan bekas percikan kencing yang menempel pada daerah dekat anus dan bau menempel yang mengganggu. Bukan cuma itu saja menjilati anus dan area di sekitarnya, bisa membuat kucing merasa nyaman.

 

3. Bagian Dari Hubungan Sosial Antara Kucing

Apakah kucing kamu menjilati anus kucing lainnya ? Jika iya maka kucing kamu sedang melakukan hubungan sosial antara dirinya dengan kucing lainnya. Tindakan kucing ini merupakan hasil dari dorongan alami instingnya.

Bagi kucing tindakan seperti menjilat anus kucing lainnya atau mencium pantat kucing lainnya adalah seperti sapaan halo antara satu kucing dengan kucing lainnya yang mereka kenal. Dengan catatan kedua kucing ini tak memiliki permusuhan sama sekali.

 

4. Untuk Menjaga Kebersihan Bulunya

Kalau tadi dijelaskan di atas pada nomor 1 bahwa kucing melakukan ini untuk menjaga kebersihan anusnya dan daerah sekitarnya, kucing juga melakukan hal ini untuk menjaga kebersihan bulu-bulunya yang berada di sekitar anus berada.

 

5. Untuk Mengendalikan Bau Tubuhnya

Kucing memiliki kelenjar aroma pada daerah anusnya. Yang mana kelenjar aroma ini akan menghasilkan bau yang khas. Dengan melakukan jilatan pada anusnya maka kucing dapat mengendalikan bau tubuhnya. Ini merupakan cara alami bagi kucing mengendalikan bau yang keluar.

 

Apakah tindakan Kucing Ini Bisa Mendatangkan Penyakit Bagi Kucing ?

Sejauh yang Anggora ketahui, tindakan kucing ini justru baik bagi kucing. Ini dapat membantu kucing dalam merawat tubuhnya sekaligus untuk membantunya dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Meskipun ini baik bagi kucing namun ada beberapa resiko kucing yang melakukannya terinfeksi penyakit tertentu akibat bakteri ataupun parasit.

Contohnya adalah kucing bisa mengalami yang namanya cacingan, kucing bisa menderita tokso karena menjilat feses yang terinfeksi bakteri toxsoplasma. Lalu apa yang mesti kita lakukan agar kucing tetap sehat dan terhindar dari risiko penyakit tertentu ?

Apakah kita mesti melarang kucing membersihkan anusnya dan membersihkan sendiri anus kucing ? Kamu tidak perlu melakukan semua hal itu, cukup biarkan kucing melakukannya seperti yang diinginkan.

Hanya saja agar kesehatan kucing tetap terjaga maka kamu mesti melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter hewan dan memberikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing agar tubuhnya tak mudah sakit.

 

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan

Meskipun tindakan kucing yang melakukan jilatan pada anusnya adalah sesuatu yang normal bagi kucing namun jika hal ini dilakukan berlebihan maka bisa saja ini menjadi pertanda bahwa kucing sedang menderita gangguan kesehatan tertentu.

Contohnya seperti gangguan pencernaan alergi, masalah kulit, kucing mengalami stres dan lainnya. Jika kamu memiliki kucing yang melakukan jilatan berlebihan di anus dan daerah sekitarnya maka kamu patut curiga bahwa kucing kamu sedang menderita masalah kesehatan tertentu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu membawa kucing kamu ke dokter hewan dan berkonsultasi mengenai hal ini untuk pemeriksaan sekaligus mengenai perawatan yang tepat pada kucing.

 

Mungkin bisa saja pembahasan mengenai mengapa kucing menjilat anusnya sendiri dan apakah ini berbahaya bagi kucing. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url