Apakah Kucing Boleh Makan Usus Ayam ? Ini Jawabnya !

Sama dengan manusia, kucing juga memiliki kejenuhan terhadap suatu makanan tertentu apabila diberikan secara terus-menerus setiap harinya tanpa adanya variasi makanan. Kejenuhan ini dapat membuat kucing terlihat kurang bernafsu memakan makanan yang telah kita sediakan padanya.


Apakah Kucing Boleh Makan Usus Ayam

 

Karena itulah sebagai pemilik yang baik tak jarang kita akan sesekali memberikan kucing peliharaan kesayangan kita beberapa jenis makanan lainnya agar si kucing tidak bosan dengan makanan yang itu itu saja dan kucing tetap bernafsu memakan makanannya.

Bicara soal makanan lainnya, salah satu makanan yang paling sering kita berikan pada kucing untuk dimakan adalah usus ayam. Ini paling sering kita berikan untuk kucing ketika pada hari itu kita memasak ayam sebagai menu utama di rumah.

Pemberian usus ayam pada kucing di masyarakat kita sendiri sudah dianggap sebagai suatu hal yang biasa untuk dilakukan dan banyak dari kita bahkan menganggap hal ini bukannya hal yang berbahaya bagi kucing.

Namun apakah pandangan ini memang benar dan bolehkah kucing diberi makan usus ayam ? Bagi kamu yang penasaran dengan hal ini dan ingin mengetahui jawabannya makanya kamu bisa mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Usus Ayam ?

Seperti apa yang Anggora sebutkan di atas bahwa pemberian usus ayam pada kucing adalah sesuatu yang sudah dianggap hal yang wajar dan tidak dianggap berbahaya. Namun benarkah hal ini ? Jawabannya adalah bisa benar dan juga bisa tidak benar.

Pemberian usus ayam pada kucing bisa menjadi sesuatu yang tak boleh diberikan sama sekali pada kucing dan juga bisa membahayakan kesehatan kucing jika makanan ini diberikan dalam keadaan muntah atau tidak dimasak hingga benar-benar matang.

Ini karena usus ayam yang mentah atau tidak dimasak dengan matang bisa beresiko membuat tubuh mengalami :

1. Masalah Pencernaan

Proses saya yang tidak dimasak dengan matang dapat kucing mengalami masalah pencernaan. Ini terjadi karena beberapa kucing tidak memiliki kecocokan dengan usus ayam yang mentah sehingga kucing-kucing tersebut akan mengalami kesulitan dalam mencerna makanan yang berakibat kucing mengalami masalah pencernaan.

Di samping itu masalah pencernaan ini juga dapat terjadi akibat adanya bakteri yang berbahaya bagi kucing yang terdapat dalam usus yang mentah atau usus ayam yang tidak dimasak hingga benar-benar matang. Bakteri yang masuk ke dalam tubuh kucing inilah yang dapat membuat kucing mengalami masalah dengan encernaannya.

 

2. Penyakit Atau Infeksi Pada Usus Kucing

Bukan cuma dapat membuat kucing mengalami pencernaan saja, usus ayam mentah juga dapat membuat kucing yang memakannya dapat beresiko menderita penyakit tertentu atau infeksi pada usus kucing.

Penyebab utama yang membuat hal ini dapat terjadi pada kucing adalah akibat kontaminasi bakteri yang banyak terdapat dalam usus ayam. Karena itulah tidak disarankan memberikan kucing usus ayam dalam keadaan mentah.

 

Usus Ayam Boleh Di Berikan Jika....?

Pemberian usus ayam mentah pada kucing sebaiknya tak boleh dilakukan atau sebisa mungkin dihindari. Usus ayam baru boleh diberikan ke kucing ketika kita telah memasaknya hingga benar-benar matang. Meskipun begitu ada dua hal yang mesti kamu lakukan agar usus ayam yang telah dimasak matang aman diberikan ke kucing.

Kedua hal tersebut antara lain :

1. Pastikanlah Usus Ayam Tidak Berbumbu

Agar usus ayam aman diberikan pada kucing pastikan makanan ini tidak diberi bumbu tambahan apapun. Pastikan bahwa usus ayam yang hendak kita berikan dalam kondisi benar-benar bersih dari bumbu apapun tanpa terkecuali.

Mengapa begitu ? Ini karena bumbu tambahan yang biasa kita berikan pada makanan terutama pada usus ayam bisa berbahaya jika diberikan pada kucing bahkan bumbu-bumbu ini bisa menjadi suatu zat yang sangat beracun bagi kucing.

Karena itulah sebaiknya hindari pemberian usas ayam yang tak bersih dari bumbu. Jika dirasa usus ayam masih berbumbu meskipun kamu membersihkannya lebih baik tidak memberikannya sama sekali pada kucing.

 

2. Hindari Pemberian Yang Berlebihan

Meskipun usus ayam setelah dimasak matang aman untuk diberikan ke kucing tetapi sebaiknya usus ayam tidak diberikan terlalu banyak atau berlebihan pada kucing. Ini karena usus ayam merupakan makanan yang memiliki kolesterol tinggi.

Jika kucing memakannya secara berlebihan maka kucing bisa beresiko mengalami penyakit jantung, obesitas ( kegemukan ) dan juga stroke bisa terjadi pada kucing. Sewaktu memberikan makanan ini pada kucing, berikan sewajarnya saja.

 

3. Hindari Memasak Usus Ayam Dengan Garam

Pada saat kamu memasak usus ayam, entah itu dengan cara direbus atau dengan cara digoreng pastikan kamu tidak menggunakan garam sama sekali. Ini karena penggunaan garam dapat membuat usus yang dimasak juga mengandung garam.

Makanan yang bergaram sangat tidak baik untuk dimakan kucing. Kucing yang terlalu berlebihan makan garam bisa membuat bulu kucing tipis dan rontok, kucing mengalami gatal-gatal bahkan yang terparah adalah kucing bisa beresiko terkena penyakit ginjal.

 

Saat kamu memasak makanan ini untuk diberikan pada kucing penting bagi kamu untuk mengikuti tiga hal di atas agar tak ada lagi kekhawatiran mengenai gangguan kesehatan yang akan terjadi pada kucing ketika makanan ini diberikan padanya.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apa boleh usus ayam diberikan pada kucing dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url