Apakah Kucing Boleh Makan Timun ? Ini Jawabannya !

Timun merupakan buah yang sering kita campurkan dengan sayuran. Mencampurkannya ke sayuran bisa menambah cita rasa makanan sehingga membuat sayuran tersebut semakin terasa sedap ketika di makan.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Timun


Oh iya bicara soal timun, terkadang kucing yang merupakan hewan Karnivora ini suka ketika di berikan buah yang satu ini. Namun tak semua kucing menyukainya, hanya sedikit kucing saja yang mungkin menyukainya untuk di makan.

Mereka suka memakan timun seolah-olah timun adalah makanan utama mereka atau makanan yang umum mereka makan. Ketika kucing suka memakan timun, perilaku makan unik kucing ini tentu akan menarik perhatian kita.

Bukan cuma menarik perhatian kita saja, perilaku makan kucing yang unik ini pun juga dapat membuat kita penasaran apakah makanan ini boleh kucing makan atau tidak. Lalu bolehkah kucing diberi timun untuk kucing makan ?

Untuk mengetahui jawabannya baca tulisan Anggora berikut ini hingga akhir ya sobat pembaca.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Timun ?

Seperti yang Anggora katakan di atas bahwa meskipun kucing adalah hewan Karnivora, beberapa dari mereka punya perilaku makan yang unik. Ini membuat kucing akan suka memakan makanan selain makanan yang berasal dari hewan.

Kucing akan suka memakan buah atau sayuran yang berasal dari tanam-tanaman. Salah satu contohnya adalah kucing suka makan timun. Kucing suka memakan buah timun namun apakah makanan ini baik atau boleh di beri ke kucing untuk dimakan ?

Sebenarnya timun bukan makanan yang baik untuk di berikan ke kucing dan makanan ini sangat tak di anjurkan untuk di berikan pada kucing sebagai makanan. Ada beberapa alasan  yang memperkuat hal ini. Beberapa alasannya antara lain :

1. Buah Timun Hanyalah Makanan Biasa

Bagi kucing buah timun hanyalah makanan biasa saja. Makanan ini cuma dapat menjadi makanan untuk mengenyangkan perut si kucing meskipun timun kaya akan nutrisi seperti seperti vitamin C, vitamin K, serat, karbohidrat, magnesium, kalium, protein dan mangan.

Tak satupun nutrisi di di atas merupakan jenis nutrisi yang benar-benar di butuhkan oleh tubuh kucing. Bahkan sedikit protein yang terkandung di dalamnya pun juga begitu. Ini karena protein yang terkandung di dalamnya adalah protein nabati yang sulit di cerna oleh tubuh kucing dan kurang baik buat tubuh kucing.

Ini membuat makanan ini menjadi makanan yang kurang baik untuk kesehatan kucing dan hanya sekedar makanan biasa yang manfaatnya cuma bisa mengenyangkan kucing yang memakannya saja.

 

2. Timun Merupakan Makanan Yang Berasal Dari Tanaman

Kita tahu bahwa timun merupakan buah yang berasal dari tanaman timun. Ini membuat makanan ini tak baik jika di berikan ke pada kucing. Alasannya karena kucing merupakan hewan Karnivora yang makanan utama dan kebutuhan nutrisinya umumnya berasal dari hewan.

Memberikan makanan ini ke kucing tak akan memberikan manfaat baik apapun pada kucing. Di samping itu, makanan yang berasal dari tanaman umumnya kurang cocok dengan pencernaan kucing. Ini membuat makanan ini sulit untuk di cerna sistem pencernaan kucing.

 

3. Dapat Membuat Kucing Mengalami Masalah Pencernaan

Kebanyakan kucing tak cocok memakan makanan yang berasal dari tanaman. Ketidakcocokan ini membuat makanan ini sulit untuk di cerna oleh sistem pencernaan kucing. Tak jarang hal ini mengakibatkan kucing mengalami gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan yang umum terjadi akibat kucing makan timun adalah seperti muntah-muntah, mual, sakit perut, diare dan sejenisnya. Masalah gangguan ini biasanya terjadi saat timun di berikan berlebih dan akan berhenti setelah pemberian timun di hentikan.

Jika masalah pencernaan ini masih tetap terjadi setelah pemberian timun di hentikan maka di sarankan untuk membaca kucing ke dokter hewan untuk diperiksa sekaligus untuk di obati.

 

4. Masalah Kesehatan Jangka Panjang

Selain masalah gangguan pencernaan, masalah kesehatan jangka panjang seperti pertumbuhan kucing lambat, kucing lemah dan kucing kurang nutrisi juga dapat terjadi pada kucing yang terus menerus di beri makan timun.

Beberapa alasan di atas merupakan alasan mengapa makanan ini tak layak untuk di berikan ke kucing untuk di makan. Sebaiknya hindari pemberian timun pada kucing sebagai makanan.

 

Kesimpulan

Meskipun Timun adalah makanan yang menyehatkan bagi manusia dan bukanlah makanan yang berbahaya bagi kucing namun makanan ini di nilai kurang baik buat kucing. Itulah mengapa makanan ini sangat tak di anjurkan untuk di berikan kepada kucing sebagai makanan.

Sebagai pemilik yang baik penting bagi kita untuk memperhatikan makanan sebelum memberikannya pada kucing. Di sarankan bagi kita untuk menghindari makanan yang kurang bermanfaat bagi kucing atau menghindari makanan yang bisa membahayakan kesehatan kucing dan memberikan makanan yang baik buat kucing.

Jika kamu masih memiliki banyak keraguan tentang mentimun maka kamu dapat mengkonsultasikan hal ini dengan dokter hewan yang ada di kota kamu.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan timun. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang baru saja membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url