Apakah Kucing Boleh Makan Keripik Kentang ? Ini Jawabnya !

Kita semua pastinya sudah pernah makan kentang. Baik itu kentang yang dimasak menjadi sayuran atau dijadikan bahan tambahan makanan lainnya seperti rendang, sup sapi, sup kambing atau diolah menjadi makanan yang lain.


Apakah Kucing Boleh Makan Keripik Kentang


Salah satu dari sekian banyaknya olahan kentang yang seringkali kita makan adalah keripik kentang. Keripik kentang merupakan makanan yang terbuat dari kentang yang kemudian dimasak menggunakan minyak  goreng dan bumbu tambahan seperti garam, gula, cabe atau bumbu penyedap lainnya.

Makanan ini sering kali kita makan sebagai cemilan ataupun sebagai makanan tambahan yang bisa membuat makanan lainnya menjadi terasa sangat sedap. Oh ya bicara soal keripik kentang goreng, makanan yang satu ini bukan cuma disukai oleh kita para manusia saja ternyata kucing juga menyukainya.

Karena kucing menyukainya, walaupun kentang terasa agak keras tetapi kucing dapat menghabiskan makanan ini tanpa tersisa ketika kita memberikan makanan ini pada mereka. Kucing memang menyukai kerupuk kentang untuk dimakan namun apakah kucing boleh memakan keripik kentang ?

 

Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan ini maka kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Keripik Kentang  ?

Kucing memanglah hewan karnivora namun ini bukan berarti kucing tak berminat dengan makanan lainnya. Salah satu dari banyaknya makanan selain daging yang dapat membuat kucing bernafsu untuk memakannya adalah keripik kentang.

Memang kucing suka makan keripik kentang Namun sebagai pemilik kita tak boleh asal begitu saja memberikan makanan tanpa tahu apakah makanan itu boleh atau tidak diberikan pada kucing peliharaan. Lalu bolehkah keripik kentang diberikan pada kucing ?

Jawabannya adalah tidak. Meskipun kentang goreng bukanlah makanan yang berbahaya bagi kucing ketika dikonsumsi dalam porsi yang sedikit dan tidak dikonsumsi secara rutin setiap harinya namun tetap saja makanan ini tak dianjurkan untuk diberikan pada kucing.

Ada beberapa alasan yang membuat makanan ini tidak dianjurkan sebagai makanan kucing. Adapun beberapa alasannya yaitu :

1. Keripik Kentang Bukanlah Makanan Yang Bergizi Untuk Kucing

Bagi manusia kentang mungkin adalah makanan yang cukup bergizi dan bisa dijadikan sebagai makanan penambah energi. Namun bagi kucing justru sebaliknya makanan ini sama sekali tidak bergizi bagi kucing dan tak bisa dijadikan sebagai penambah energi tubuh mereka.

Ini karena bagi bagi kucing karbohidrat yang ada dalam keripik kentang bukanlah nutrisi yang dibutuhkan untuk sumber energi mereka. Kucing cenderung lebih membutuhkan protein hewani sebagai sumber energi utama mereka. Di samping tak dibutuhkan sebagai sumber energi, karbohidrat juga sulit itu dicerna oleh tubuh kucing.

Kedua alasan ini cukup membuat keripik kentang sebagai makanan yang tak begitu dianjurkan untuk diberikan kepada kucing karena kurangnya manfaat gizi yang diberikan makanan pada tubuh kucing.

 

2. Keripik Kentang Berbahaya Untuk Kucing

Bukan cuma tak bergizi saja namun keripik kentang juga bisa berbahaya jika diberikan pada kucing sebagai makanan. Kucing yang terlalu banyak mengkonsumsi keripik kentang atau terlalu sering mengkonsumsi keripik kentang dapat membuat kucing beresiko terkena penyakit tertentu.

Seperti kucing dapat beresiko terkena penyakit ginjal akibat banyaknya kandungan garam yang yang ada pada kentang, kucing dapat beresiko terkena penyakit jantung akibat lemak yang dihasilkan oleh minyak, kucing dapat menderita diare akibat kandungan cabe, lada, merica dan sejenisnya.

Bahkan kucing juga dapat mengalami anemia apabila keripik kentang tersebut digoreng dengan mencampurkannya dengan bawang merah atau bawang putih. Karena kentang bisa berbahaya untuk kucing makan, ini membuat makanan ini sebaiknya dihindari untuk diberikan pada kucing.

 

3. Keripik Kentang Sulit Untuk Dicerna Oleh Pencernaan Kucing

Alasan selanjutnya yaitu karena keripik kentang adalah makanan yang sulit bagi kucing untuk mencernanya. Makanan apapun yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kentang akan membuat makanan ini sulit untuk dicerna oleh perut kucing.

Hal ini terjadi karena ketika kecocokan sistem pencernaan pada tubuh kucing dengan makanan yang ia makan. Karena makanan ini sulit untuk dicerna oleh kucing maka tak jarang kucing yang telah memakan makanan ini akan mengalami yang namanya gangguan pencernaan.

Umumnya gangguan pencernaan tersebut seperti diare, mual-mual, sakit perut, muntah-muntah dan sejenisnya.

 

4. Kentang Dapat Menyebabkan Gangguan Kesehatan Jangka Panjang

Alasan yang terakhir adalah kerupuk kentang yang dapat menyebabkan kucing yang terlalu sering memakannya dapat menderita gangguan kesehatan jangka panjang seperti mengalami obesitas, penyakit jantung, sering mengalami masalah pencernaan dan sejenisnya.

 

Beberapa alasan di atas adalah alasan kenapa keripik kentang tak boleh atau sangat tidak dianjurkan diberikan pada kucing peliharaan kesayangan kita. Ini juga berlaku pada kucing yang bukan hewan peliharaan kita atau kucing liar.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Bolehkah kucing makan keripik kentang. Semoga tulisan Anggora ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url