Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Jalar ? Ini Jawabannya !

Ubi jalar merupakan tanaman yang tergolong dalam jenis tanaman umbi-umbian. Di Indonesia ubi jalar merupakan makanan yang sangat populer. Makanan ini merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh orang Indonesia.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Jalar


Ini karena ketika diolah ubi bisa menjadi makanan yang tidak cuma bisa mengenyangkan namun sangat enak untuk dimakan. Masyarakat Indonesia sering kali mengolah ubi jalar menjadi makanan yang digoreng, sayuran dan sering juga diolah menjadi kue basah ataupun kue kering.

Oh ya bicara soal ubi jalar, makanan yang satu ini bukan cuma digemari oleh manusia saja tetapi beberapa kucing juga tampak menyukainya. Ini terlihat ketika kita memberikan kucing sedikit ubi untuk dimakan, kucing dengan senang hati memakannya.

Bukan cuma itu saja kucing tampak lahap memakannya seolah-olah mereka sedang memakan daging. Sebagai pemilik yang baik, meskipun kita tahu bahwa kucing menyukai ubi jenis ini untuk dimakan, kita masih tetap harus mencari tahu apakah makanan ini boleh di berikan pada kucing.

Nah untuk mengetahui apakah ubi jalar boleh dimakan oleh kucing peliharaan maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahuinya. Baca hingga akhir ya sobat pembaca.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Jalar ?

Kucing yang merupakan hewan pemakan daging atau hewan karnivora ternyata juga menyukai ubi jalar untuk dimakan. Ubi jalar yang direbus, dibakar, ataupun juga goreng. Namun kebanyakan kucing lebih menyukai ubi jalar yang dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak goreng.

Kucing memang menyukai ubi jenis ini namun apakah boleh bagi kita untuk memberikan makanan yang satu ini untuk kucing. Tentu sebagai pemilik kita tidak ingin asal-asalan memberikan makanan yang kita tidak ketahui apakah aman atau tidak diberikan ke kucing.

Lalu apakah ubi jalar boleh diberikan ke kucing ? Berapa ahli berpendapat bahwa makanan ini aman untuk diberikan ke kucing hanya saja pemberian makanan hanya boleh diberikan dalam jumlah yang sedikit dan tak boleh diberikan kepada kucing yang alergi ubi atau kepada kucing yang memiliki penyakit diabetes.

Sementara kebanyakan ahli berpendapat bahwa ubi jalar bukanlah suatu makanan yang baik untuk dimakan oleh kucing dan makanan ini tak direkomendasikan untuk diberikan kepada kucing. Anggora juga sependapat akan hal ini.

Ada beberapa alasan yang membuat makanan ini tak layak diberikan kepada kucing peliharaan kesayangan kita. Adapun beberapa alasan tersebut setahu Anggora adalah sebagai berikut :

1. Kandungan Nutrisi Ubi Jalar

Alasan pertama mengapa ubi jalar tak baik di berikan kepada kucing adalah karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kebanyakan ubi jalar mengandung banyak karbohidrat, serat, gula dan juga protein.

Karena ubi jalar mengandung banyak karbohidrat makanan ini seringkali dijadikan sebagai makanan pengganti nasi atau gandum. Bagi manusia banyaknya kandungan karbohidrat yang terkandung di dalam ubi jalar sangat baik bagi tubuh.

Namun bagi kucing itu berbeda. Karbohidrat merupakan salah satu zat yang sulit untuk dicerna oleh tubuh kucing dan bagi kucing zat ini tak begitu dibutuhkan sebab sumber utama energi pada tubuh kucing adalah zat protein.

Lalu bagaimana dengan protein yang terkandung di dalam ubi ? Bukankah ini baik untuk hewan Karnivora seperti Kucing ? Protein ini juga dinilai kurang baik untuk kucing karena berapa protein yang terkandung di dalamnya adalah protein nabati bukan protein hewani.

Ditambah lagi adanya kandungan gula di dalam ubi jalar, ini membuat ubi jalar semakin kurang baik untuk diberikan kepada kucing. Ini dapat mengganggu diet sehat kucing peliharaan kesayangan kita.

 

2. Bisa Menimbulkan Alergi Pada Kucing

Ubi jalar ternyata bisa juga menimbulkan alergi pada kucing. Reaksi alergi atau penolakan ini terjadi ketika kucing memiliki alergi tertentu pada zat yang terdapat dalam ubi jalar. Alergi ini bisa membuat kucing mengalami muntah, gatal-gatal serta diare.

 

3. Menimbulkan Masalah Pencernaan Pada Kucing

Bagi manusia memakan ubi jenis memang bukanlah suatu masalah dan hal ini tak akan menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan pada tubuh tapi hal ini berbeda untuk kucing. Sistem pencernaan pada tubuh kucing terkadang tak mampu mencerna dengan baik makanan manusia.

Akibatnya makanan ini membuat kucing bermasalah dengan pencernaannya. Contoh masalah pencernaan yang sering kali terjadi akibat kucing tidak dapat mencerna makanan dengan baik adalah sakit perut, mual, muntah dan sejenisnya.

 

4. Keracunan Dan Diabetes

Terlalu berlebihan dalam memberikan ubi jalar pada kucing dapat membuat kucing mengalami keracunan. Keracunan terjadi pada kucing akibat zat sianida yang terdapat dalam ubi jalar. Selain itu kucing juga bisa beresiko menderita diabetes akibat kandungan gula yang terbilang tinggi dalam ubi jalar.

Inilah mengapa ubi jalar sangat sering dilarang oleh dokter hewan untuk diberikan kepada kucing penderita diabetes.

 

Itulah dia beberapa alasan yang membuat ubi jalar sangat tak dianjurkan diberikan kepada kucing untuk dimakan. Dari apa yang kamu baca di atas dapat disimpulkan bahwa ubi jalar bukanlah makanan yang baik untuk kucing makan.

Makanan ini tak dapat memenuhi nutrisi bagi tubuh kucing, makanan ini juga tergolong ke dalam kategori makanan yang bisa menimbulkan dampak negatif pada kesehatan kucing. Daripada memberikannya ke kucing lebih baik mengganti makanan ini dengan makanan lainnya yang jauh lebih baik untuk kucing.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Bolehkah kucing makan ubi jalar. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url