Kenapa Kucing Menjilati Tubuhnya Sampai Basah ? Ini Alasannya !

Pastinya kita semua mengenal kucing dengan baik. Kita mengenal bahwa kucing adalah hewan yang menggemaskan dan juga imut. Di samping itu ada satu lagi yang cukup kita ketahui mengenai kucing, yaitu kucing senang menjilati tubuhnya.

 

Kucing Yang Menjilati Tubuhnya Sampai Basah


Kucing senang menjilati tubuhnya sampai-sampai tubuhnya basah. Bukan cuma satu atau dua kali saja namun seringkali kucing melakukan hal ini setiap harinya. Bisa dibilang hal ini sudah menjadi rutinitas harian kucing.

Bicara soal kucing yang menjilati tubuhnya sampai basah, beberapa dari kita mungkin ada yang penasaran mengapa kucing melakukan hal ini. Sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat kucing menjilati tubuhnya sampai basah.

Lalu apa saja alasan atau penyebabnya ? Bagi kamu yang penasaran ingin tahu apa penyebab atau alasannya maka kamu wajib membaca tulisan anggora berikut ini. Baca hingga akhir ya sobat Anggora.

 

Kenapa Kucing Menjilati Tubuhnya Sampai Basah ?

Tidak mungkin ada asap jikalau tidak ada api. Hal serupa juga berlaku dengan tindakan kucing ini. Tak mungkin kucing menjilati tubuhnya sampai basah jika kucing tak punya alasan tertentu untuk melakukan hal ini.

Jika si kucing tak punya alasan untuk melakukannya mungkin kucing akan lebih memilih untuk tiduran. Dalam pikiran kita mungkin alasan atau penyebab kucing menjilati bulunya atau kulitnya hingga basah hanya karena kucing ingin membersihkan tubuhnya saja namun faktanya tidak begitu.

Ada beberapa alasan atau penyebab lain yang membuat kucing melakukan hal ini. Adapun alasan lainnya setahu Anggora adalah sebagai berikut :

1. Kucing Menjilatnya Untuk Membersihkannya

Alasan utama atau penyebab utama kucing menjilati bulunya hingga basah adalah karena kucing ingin membersihkannya. Merupakan hal yang umum bagi kucing membersihkan tubuhnya dengan cara menjilat- jilati bagian tubuh yang ia rasa kotor.

Oh ya, kucing juga tak hanya membersihkan dirinya dari kotoran yang menempel namun kucing juga melakukan hal ini untuk membersihkan tubuhnya dari bau yang menurut kucing tak enak untuk dicium atau bau-bauan lainnya yang menusuk atau mengganggu penciuman kucing.

 

2. Mendinginkan Tubuhnya

Apakah kucing kamu yang melakukan hal ini baru saja datang dari luar rumah atau kucing kamu melakukannya saat cuaca pada hari itu cukup panas. Jika iya maka kucing melakukan hal ini untuk mendinginkan suhu tubuhnya agar iya tak merasa kepanasan.

Dengan menjilati tubuhnya sampai basah kucing akan bisa menstabilkan suhu tubuhnya dan bahkan hal ini akan membantu kucing dalam membuat tubuhnya menjadi lebih dingin. Tentu saja hal ini akan membuat kucing menjadi merasa nyaman.

 

3. Melancarkan Peredaran Darah

Selain menjilati tubuhnya sampai basah untuk tujuan mendinginkan suhu tubuhnya, tindakan kucing yang satu ini ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kucing. Manfaatnya yaitu melancarkan peredaran sirkulasi darah kucing.

Gerakan lidah yang terus-menerus menggesek dan menekan kulit kucing akan merangsang peredaran darah yang ada di bawah permukaan kulit akibatnya ini akan membuat sirkulasi peredaran darah kucing menjadi lancar. Ini adalah salah satu cara bagi kucing untuk menjaga kesehatan tubuhnya

 

4. Untuk Merawat Kulit Dan Bulunya

Menjilati kulit atau bulunya hingga basah juga merupakan cara bagi kucing untuk merawat kulit dan bulunya. Perawatan ini kucing lakukan dengan memanfaatkan air liurnya yang mengandung enzim tertentu yang mana air liur ini sangat bermanfaat bagi kulit dan bulu kucing.

Enzim pada air liur kucing dapat menghancurkan sel kulit mati pada permukaan kulit. Enzim ini juga bisa merangsang pertumbuhan bulu. Dengan melakukan hal ini secara teratur kucing dapat menjaga kulit dan bulunya tetap sehat.

 

5. Meredakan Stress

Alasan terakhir yaitu kucing melakukan hal ini untuk meredakan stres yang ia rasakan. Sewaktu kucing merasa stres biasanya kucing akan melakukan jilatan terus menerus pada tubuhnya sebagai bagian dari mekanisme koping.

Dengan melakukan hal ini kucing akan merasa dirinya jauh lebih baik, stresnya mereda dan kucing akan merasa jauh lebih nyaman daripada sebelumnya.

 

Apakah Hal Ini Tak Masalah Di Biarkan ?

Tak masalah jika hal ini kita biarkan begitu saja karena hal ini tak berpengaruh bagi kesehatan kucing dengan catatan bahwa kucing melakukan hal ini dalam batas wajar dan tidak dilakukan oleh kucing peliharaan secara berlebihan.

Jika kucing melakukannya secara berlebihan sebaiknya cobalah untuk menghentikan kucing menjilat secara paksa dengan menggunakan alat collar untuk sementara sebelum membawa kucing untuk diperiksakan ke dokter hewan.

Karena besar kemungkinan kucing tak hanya menderita stres saja namun menderita luka dalam ataupun penyakit pada organ-organ dalam tubuhnya yang membuat kucing menjilati tubuhnya secara terus-menerus untuk meredakan rasa sakit yang ia derita.

 

Itulah dia beberapa alasan mengapa kucing menjilati bulu-bulu atau tubuhnya sampai basah. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url